Tips dan Trik

Cara Putar Balik Mobil Bagi Pengendara Pemula

Jakarta – Cara putar balik mobil yang baik perlu teknik khusus terutama bagi pengendara pemula. Kendati demikian, setiap mobil tentu punya radius putar dengan ragam besarannya, semakin kecil radiusnya semakin mudah putar balik.

Bagi pengendara pemula, putar balik umumnya cukup sulit untuk dilakukan karena membutuhkan konsentrasi lebih tinggi mulai dari memutar lingkar kemudi hingga harus memperhatikan kendaraan di sekitar.

Cara Putar Balik Mobil pun Ada Tekniknya

Secara umum, terdapat dua teknik putar balik yang bisa dilakukan oleh pengendara pemula, yaitu three point turn dan U turn.

Putar Balik Mobil

Teknik putar balik mobil yang benar bagi pengendara pemula (Foto: Daihatsu)

Teknik Three Point Turn

Teknik Three Point Turn biasanya digunakan di jalan yang sempit, atau tidak bisa melakukan putar balik secara langsung. Teknik satu ini menuntut pengemudi melakukan gerak maju-mundur beberapa kali.

Untuk melakukannya, pengemudi harus memposisikan tuas transmisi di gigi pertama, lalu memutar kemudi berkebalikan dengan posisi mobil.

Sebagai gambaran, seumpamanya mobil berada di sebelah kiri maka putar kemudi ke kanan, lalu injak pedal gas sambil memutar kemudi ke kanan.

Setelahnya, harus kembali mengatur transmisi ke gigi mundur lalu menginjak pedal gas sambil membelokan kemudi ke kiri.

Pengemudi mobil (Foto: Sensendrivingtips)

Kemudian atur kembali transmisi ke gigi pertama, injak pedal gas, dan belokkan kemudi ke kanan. Pengemudi bisa menggunakan teknik hand to hand dalam memutar kemudi.

Teknik U Turn

Teknik U Turn, lebih mudah dilakukan dibandingkan three point turn, karena dengan U turn, pengemudi bisa putar balik secara langsung. Teknik ini adalah cara putar balik mobil yang benar jika ingin ke jalur yang berlawanan arah.

Untuk melakukan teknik ini, pengemudi harus menempatkan mobil ke pembatas jalan, lalu atur transmisi ke gigi pertama.

Jangan langsung terburu-buru menginjak pedal gas, hentikan dulu pergerakan mesin dengan menginjak rem dan pedal kopling, baru jalankan ketika jalan memang sudah aman untuk dilintasi.

Kemudian, lepaslah rem secara perlahan lalu belokkan kemudi dengan baik. Perhatikan juga kendaraan kecil seperti sepeda motor yang ada di sebelah kendaraan.

Putar balik mobil

Cara benar putar balik mobil yang aman (Foto: Sensendrivingtips)

Berkendara Tetap Aman

Selain kedua teknik tadi, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan bagi pengendara mobil pemula supaya berkendara tetap aman.

Rambu Putar Balik

Pengendara mobil harus memastikan bahwa jalan yang akan dilewati memang diperbolehkan untuk putar balik atau terdapat rambu boleh putar balik.

Lampu Sein

Jika ingin putar balik, pastikan lampu sein dinyalakan terlebih dahulu minimal 30 meter sebelum mobil berbelok. Ini dilakukan untuk memberikan tanda atau sinyal kepada kendaraan dibelakang bahwa Anda sebentar lagi akan berbelok.

Rambu lalu lintas dilarang putar balik (Foto: The pilot)

Tertib

Perhatikan ruang ketika akan putar balik, apakah cukup atau tidak. Biasanya, ketika akan putar balik ke jalan yang berlawanan dengan arah semula, pasti akan banyak pengendara lain yang juga akan berbelok.

Tetaplah tertib dan patuhi aturan lalu lintas, serta bersabar menunggu giliran untuk maju. Agar berkendara menjadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan bagi diri sendiri dan pengguna jalan lain.

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts