Tips dan Trik

Cara Simpel Mengusir Tikus di Mobil, Bisa Dicoba di Rumah

Carmudian sudah pernah melihat kotoran tikus di sekitar mobil? Jika pernah, bisa jadi terdapat rekam jejak tikus yang sebenarnya bisa membahayakan mobil, lho.

Sebab tikus bisa menyebabkan kerusakan pada mobil, khususnya pada bagian perkabelan. Kabel yang ada di sekitar mesin bisa digigit oleh hewan pengerat yang satu ini.

Jika sudah digigit, maka kemungkinan malfungsi dan korsleting pada kelistrikan sangat mudah terjadi. Maka dari itu, penting sekali untuk menjaga garasi rumah dari serangan tikus nakal.

Carmudian yang pernah berurusan dengan tikus tak perlu khawatir, sebab ada cara simpel mengusir tikus di mobil. Cara ini bisa kalian gunakan untuk membuat hewan menyebalkan ini angkat kaki dari mobil dan garasi.

Cara Mengusir Tikus di Mobil

Gunakan Kapur Barus

Kapur barus atau kamper yang biasanya digunakan di kamar mandi atau lemari bisa digunakan untuk mengusir tikus di mobil. Caranya cukup dengan menebar beberapa butir kapur barus di area mesin mobil.

Mesin KIA Sonet cara mengusir tikus di mobil

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Sejatinya tikus tidak menyukai bebauan yang menyengat. Kapur barus jadi salah satu cara ampuh yang sering digunakan oleh para pemilik mobil untuk mengusir tikus nakal.

Rajin Membersihkan Mesin

Penyebab tikus mendatangi area mesin mobil adalah area tersebut kotor. Untuk itu rajinlah membersihkan bagian mesin mobil dari debu dan kotoran yang diakibatkan pemakaian.

Kotoran dan debu yang menempel di area mesin cukup mengundang datangnya tikus. Tak heran jika mesin mobil yang jarang dibersihkan menjadi area yang nyaman bagi tikus untuk bertengger.

Contoh ruang mesin mobil listrik cara mengusir tikus di mobil

Contoh ruang mesin mobil listrik. (Foto: Hella)

Jika sudah pernah menemukan kotoran tikus di sekitar mobil, usahakan langsung segera dibersihkan dengan sabun atau sesuatu yang wangi. Kotoran yang masih tersisa ini bisa mengundang tikus lain untuk datang dan bersembunyi di area mesin mobil.

Memasang Lampu Terang

Selain bau, tikus juga tidak menyukai sesuatu yang terang. Salah satu cara mengusir tikus di mobil yang bisa dilakukan adalah memakai lampu yang terang di garasi.

Sebisa mungkin untuk garasi gunakan lampu dengan watt yang agak besar. Tujuannya agar menghasilkan cahaya terang yang tidak disukai oleh tikus.

Lainnya bisa juga dengan memasang lampu LED dengan voltase rendah di area mesin mobil. Cukup menggunakan lampu dengan watt yang rendah, Carmudian sudah bisa melakukan tindakan preventif mencegah datangnya tikus.

Panaskan Mesin Mobil

Tikus juga suka dengan kondisi lembab. Memanaskan mobil setiap hari atau minimal 3 hari sekali bisa membantu mengurangi datangnya tikus ke area mesin mobil.

memanaskan mesin mobil cara mengusir tikus di mobil

Area mesin yang panas tidak disukai oleh tikus. Makanya cukup penting untuk memanaskan mesin mobil secara berkala walaupun mobil tersebut jarang dipakai oleh Carmudian.

Cara di atas bisa Carmudian gunakan untuk mengusir tikus mendekati mobil kesayangan. Jika tikus sudah merasa nyaman berdiam diri di area mesin atau mobil, nantinya akan menimbulkan banyak kerugian bagi pemilik mobil.

Baca Juga:

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts