BeritaSumber informasi

Cara Unik Kepolisian Himbau Masyarakat Tertib Lalin

Jakarta – Bukan alasan meskipun hari Raya Idul Fitri tapi tetap taat dan patuhi aturan lalu lintas. Banyak dilakukan pihak kepolisian untuk membuat masyarakat agar sadar sekaligus menjadi pelopor keselamatan di jalan raya.

Ini sangat sesuai instruksi Kakorlantas Polri dalam meningkatkan sosialisasi dan arahan, untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas saat musim mudik 2018. Salah satunya dilakukan Kepolisian Resor Bogor yang melakukan cara unik.

Yaitu memasang spanduk imbauan namun berisikan pesan tulisan unik, nyeleneh, dan mudah dipahami masyarakat agar berhati-hati saat menjalankan kendaraan. Misalnya, ada spanduk bertuliskan “Jangan Ngebut Bang, Adek Jadi Tegang”.

Ada pula tulisan “Rossi Aja Pake Helm, Masa Kamu Enggak”, dan “Superman Aja Pakai Helm, Masa Sih Kamu Gak Pakai”.

Lebih Mudah Dimengerti Masyarakat

Iptu Asep Saepudin selaku Kepala Unit Laka Lantas Polres Bogor mengatakan kalau pemasangan spanduk bernada “nyentil” itu ditujukan kepada para pengendara jalan. Agar lebih waspada dan memperhatikan keselamatan dan tertib berlalu lintas.

Tujuannya, sambung Asep, untuk mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas kendaraan bermotor di wilayah hukum Polres Bogor. “Pemasangan spanduk ini dilakukan di beberapa titik-titik black spot di Puncak,” kata Asep, dilansir dari laman NTMC (17/6).

Bahkan menurut Asep spanduk-spanduk tersebut sengaja menggunakan kata-kata nyeleneh agar masyarakat dapat memahami makna yang terkandung di dalamnya.

“Harapannya agar masyarakat lebih berhati-hati, setidaknya mengurangi kecepatan,” sebutnya.

Di kawasan Bogor ada lima titik lokasi rawan kecelakaan (black spot) di sepanjang Jalan Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat. Lokasi tersebut berada di Tanjakan Selarong (Megamendung), Jatiwangi (Cisarua), Panimbangan (Cisarua), Attawun (Cisarua), dan Tanjakan Widuri (Cisarua).

Polisi pun mengimbau para pengendara jalan, khususnya pemudik, yang melintas di jalur tersebut untuk lebih berhati-hati saat berkendara, karena kondisi jalan yang berkelok.

Polisi juga berupaya untuk menekan fatalitas kecelakaan di jalur Puncak, salah satunya dengan membuat jalur escape ram atau jalur penyelamat di Tanjakan Selarong. Nah, apakah Anda masih mau melanggar aturan lalu lintas?(dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts