Cari Motor Honda Bekas Rp3 Jutaan? Ini Pilihannya
Sepeda motor Honda merupakan pilihan masyarakat Indonesia selama 47 tahun ini. Pasar sepeda motor berlogo sayap mengepak ini menyebar luas ke seluruh penjuru Tanah Air.
Tidak hanya unit sepeda motor barunya saja, unit bekasnya pun masih kerap dicari karena kualitas dan durabilitasnya. Sepeda motor besutan Honda memang terkenal dengan mesin yang bandel, perawatan mudah dan irit BBM.
Lalu berapa harga pasarannya? Memang masih banyak yang tinggi, tapi yang murah juga banyak. Berikut ini adalah beberapa pilihan sepeda motor bekas merek Honda dengan harga hanya sekitar Rp3 jutaan.
Astrea Legenda
Sepeda motor Honda Rp3 jutaan yang pertama adalah Astrea Legenda. Motor ini adalah motor bebek versi murah dari versi sebelumnya, Honda Astrea Grand.
Honda Astrea Legenda dirilis oleh AHM (Astra Honda Motor) pada Juli 2001. Dipasarkannya motor ini adalah untuk mengantisipasi masuknya sejumlah motor murah dari China pada saat itu.
Tercatat hingga akhir 2001, Honda Astrea Legenda terjual sebanyak 118.110 unit.
Spesifikasi Honda Legenda | |
Mesin | 4-stroke, overhead camshaft; 1 silinder |
Kapasitas | 97,1 cc (100) |
Tenaga maksimal | 6,7 hp @ 7.500 rpm |
Pendingin | Udara |
Pengapian | CDI |
Aki | 12 V – 3,5 Ah |
Busi | ND U 22 FS-U / NGK C7 HSA |
Transmisi | 4-speed, rotari |
Kopling | Multplate, basah |
Starter | Kick dan elektrik |
Kapasitas BBM | 4 liter |
Karisma
Honda Karisma mulai diproduksi sejak 2003. Pada masanya, motor bebek ini merupakan salah satu tipe motor bebek dengan kapasitas mesin yang cukup besar. Ketika motor bebek lainnya hanya mengadopsi mesin sekitar 100-110 cc saja, Honda Karisma telah dibekali dengan kapasitas mesin 125 cc.
Dengan mesin tersebut, tarikan Karisma lebih ringan di putaran bawahnya. Selain itu, motor Honda Karisma ini pun telah dilengkapi dengan sistem pengereman cakram, meskipun baru roda depannya saja.
Spesifikasi Honda Karisma | |
Mesin | 4-stroke, SOHC, 1 silinder |
Kapasitas | 124,9 cc (125) |
Kompresi | 9 : 1 |
Tenaga maksimal | 9,3 ps @ 7.500 rpm |
Pendingin | Udara |
Pengapian | CDI-DC, Baterai |
Aki | MF 12 V – 3,5 Ah |
Busi | ND U 20 EPR9 / NGK CPR6EA-9 |
Transmisi | 4-speed, rotari |
Kopling | Kopling ganda, basah |
Kapasitas Oli Mesin | 0,7 liter |
Starter | Kick dan elektrik |
Kirana
Motor Honda Rp3 jutaan selanjutnya adalah Kirana. Motor bebek ini diproduksi oleh AHM karena animo masyarakat terhadap Honda Grand masih tinggi pada saat itu.
Namun, kenyataan berbicara sebaliknya. Respon masyarakat terhadap Kirana tidak terlalu baik.
Pada saat itu masyarakat lebih memilih model Supra X yang sudah mengadopsi rem cakram dan memiliki model lebih kasual, meskipun harganya lebih mahal dari Honda Kirana 125.
Penjualan Honda Kirana pun hanya menyentuh angka puluh ribuan di seluruh Indonesia. Demi menyiasati hal tersebut, pihak AHM pun memangkas harga Honda Kirana dan dibagikan untuk kendaraan Pemerintah/PNS.
Spesifikasi Honda Kirana | |
Mesin | 4-stroke, single air cooled |
Kapasitas | 124,9 cc (125) |
Kompresi | 9 : 1 |
Tenaga maksimal | 7,3 hp @ 8.000 rpm |
Pendingin | Udara |
Pengapian | CDI |
Aki | 12 V – 5 Ah |
Busi | ND U 22 FS-U / NGK C7 HSA |
Transmisi | 4-speed, rotari |
Kopling | Kopling ganda |
Kapasitas Oli Mesin | 0,7 liter |
Konsumsi BBM | 77 km/liter |
Starter | Kick dan elektrik |
Supra 100
Pada 1997 hadir penerus Astrea Grand dengan tampilan yang lebih modern dan berkelas, Honda Supra. Honda Supra ini merupakan motor bebek Supra generasi pertama dengan mesin yang tidak berbeda dengan mesin sebelumnya, namun desainnya betul-betul diubah.
Lampu depan Supra kini menyatu dengan lampu sen, stoplamp pun telah mengadopsi desain ducktail dan speedometer menjadi jauh lebih modern.
Honda Supra sendiri merupakan tanda penerus naiknya pasar sepeda motor Honda di Indonesia. Dari sini penjualan Honda semakin meroket karena desainnya yang ramping dan modern.
Kini Supra masuk dalam jejeran motor Honda Rp3 jutaan yang beredar di pasar motor bekas. (dna)
Spesifikasi Honda Supra 100 | |
Mesin | 4-stroke, SOHC, 1 silinder |
Kapasitas | 97,1 cc (100) |
Kompresi | 8,8 : 1 |
Tenaga maksimal | 7,3 ps @ 8.000 rpm |
Pendingin | Udara |
Pengapian | CDI-AC, Magnet |
Aki | 12 V – 3,5 Ah |
Busi | ND U20FS / NGK C6HSA |
Transmisi | 4-speed, rotari |
Kopling | Kopling ganda, basah |
Kapasitas Oli Mesin | 0,7 liter |
Starter | Kick dan elektrik |