Berita

CARSOME Insights 2022: LMPV Masih Mobil Bekas Terlaris

Jakarta — Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) masih merupakan kategori mobil bekas terlaris yang terjual di platform e-commerce mobil CARSOME sepanjang 2022.

Hal itu menjadi salah satu sorotan dalam CARSOME Insights 2022 yang dipaparkan ke hadapan media, Kamis (13/4/2023) di Jakarta.

CARSOME Insights 2022: LMPV Masih Mobil Bekas Terlaris

Andrew Mawikere, CEO CARSOME Indonesia memberikan pemaparannya tentang CARSOME Insights 2022 kepada media, Kamis (13/4/2023) di Jakarta. (Foto: CARSOME)

Jika diurut dari yang paling laris, LMPV memiliki komposisi 36,3 persen, Low Cost Green Car (LCGC) 29,7 persen, Low Sport Utility Vehicle (LSUV) 11,6 persen, hatchback 9,6 persen, dan Sport Utility Vehicle (SUV) 5 persen.

Diketahui, pada tahun 2022 CARSOME berhasil menjual mobil bekas hampir 5.000 unit secara ritel.

Pengamatan Carmudi, urutan tersebut sebenarnya tak jauh berbeda dengan data tahun 2021, tapi ada peningkatan mencolok untuk kategori LCGC dari tahun sebelumnya, 23 persen.

CARSOME menyebut faktor pendorong meningkatnya permintaan mobil bekas LCGC ialah harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang kerap mengalami kenaikan tahun lalu.

“Berangkat dari data CARSOME Insights 2022 yang terus dikembangkan setiap tahunnnya, kami secara berkelanjutan terus menyediakan layanan yang paling sesuai dengan ekspektasi konsumen,” kata Andrew Mawikere, CEO CARSOME Indonesia.

Brio Mobil Bekas Terlaris Berdasarkan Model

Lalu jika melihat 5 model best selling car di CARSOME, Honda Brio dilaporkan mendominasi dengan komposisi 7,6 persen. 

Disusul Mitsubishi Xpander 6,5 persen, Toyota Calya 5,1 persen, Honda HR-V 4,8 persen, dan Toyota Rush 4,8 persen.

CARSOME Insights 2022 juga menunjukkan minat konsumen terhadap mobil bekas yang berusia antara 3—4 tahun.

Diasumsikan, mobil bekas pada rentang usia tersebut memiliki harga yang menarik dan modelnya belum ketinggalan zaman.

(Kiri ke Kanan) Eka Sukmansyah, Director CARSOME Certified Lab; Andrew Mawikere, CEO CARSOME
Indonesia; dan Donald Rachmat, Branch Operation & Commercial General Manager CARSOME
Indonesia. (Foto: CARSOME)

Adapun demografi konsumen pembeli mobil bekas di CARSOME rata-rata berusia 25—44 tahun dari kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Palembang, Medan, dan Makassar.

CARSOME Insights itu sendiri merupakan inisiatif yang bertujuan memberi kontribusi membangun industri otomotif Tanah Air terutama sektor mobil bekas.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: mada.prastya@icarasia.com

Related Posts