Home » Sumber informasi » Cat Bodi Mobil Pinggir Jalan dengan Bengkel Resmi, Mana yang Lebih Baik?

Cat Bodi Mobil Pinggir Jalan dengan Bengkel Resmi, Mana yang Lebih Baik?

Bengkel cat di kawasan Cibubur dan Depok, Safira Motor.
Bengkel cat di kawasan Cibubur dan Depok, Safira Motor.

Jakarta – Tampilan eksterior pada mobil bagi sebagian orang merupakan hal yang sangat penting. Biasanya, para pemilik mobil ini akan mempertahankan cat bodi mobilnya dengan cara apapun sebaik mungkin. Bahkan ada juga yang mengatakan jika penampilan luar mobil mencerminkan sang pemilik mobil.

Walaupun dijaga dengan sebaik mungkin, ada kalanya cat bodi mobil menua dan kusam. Jika sudah seperti ini, apakah masih bisa dipertahankan? Jawabannya tentu masih bisa. Pemilik mobil masih bisa melakukan pemolesan pada bagian cat bodi mobilnya. Namun, jika kusamnya sudah terlalu parah, biasanya dipoles dengan cara apapun dan cairan apapun tetap tidak akan maksimal.

Bengkel Cat Mobil Pinggir Jalan

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pengecatan bodi mobilnya di bengkel cat. Di ibukota seperti Jakarta ini, banyak sekali terdapat bengkel cat mobil. Ada yang membawa ke bengkel cat bodi mobil pinggir jalan, ada juga yang membawanya ke bengkel cat bodi mobil di bengkel resmi. Keduanya merupakan pilihan yang dapat diambil oleh sang pemilik mobil.

Kedua bengkel tersebut tentunya memiliki standar pengerjaan, hasil, dan tarif yang berbeda. Hal yang harus dipikirkan oleh pemilik mobil adalah jangan terpaku kepada harga yang murah. Harga murah belum tentu memberikan jaminan cat mobil tersebut cukup baik.

Sebaliknya, harga mahal pun juga tidak bisa menjadi patokan jika cat tersebut sudah sangat sempurna. Karena banyak juga bengkel cat dengan tarif mahal hasilnya kurang maksimal.

Cat mobil Duco. Foto: Istimewa

Pengecatan ulang pada eksterior mobil ini menjadi cara yang paling cepat untuk menjadikan mobil lebih sempurna. Selain akan jauh terlihat lebih segar, mobil yang memiliki cat yang bagus akan memiliki valuasi yang lebih baik saat dijual. Selain itu mobil dengan tampilan yang bersih dan rapih tentu akan lebih enak dikendarai bukan?

Waktu Pengerjaan Cat Bodi Mobil

Biasanya untuk melakukan pengecatan pada bodi mobil membutuhkan waktu yang cukup lama. Tetapi biasanya tergantung dari pengerjaan yang dilakukan. Jika pengerjaannya hanya sedikit, tentu waktu pengerjaannya juga akan semakin singkat. Tetapi semakin sulit pengerjaannya, akan semakin lama pula waktu yang dibutuhkan. 

Biasanya untuk pengecatan di bengkel cat pinggir jalan akan lebih cepat dibanding bengkel resmi. Hal tersebut karena bengkel resmi sudah memiliki timeline pengerjaan sesuai antrean pada mobil. Pada bengkel pinggir jalan, hal tersebut akan dikesampingkan. Biasanya pengerjaan yang mudah akan lebih didahului ketimbang yang sulit.

Bengkel cat di kawasan Cibubur dan Depok, Safira Motor.
Bengkel cat di kawasan Cibubur dan Depok, Safira Motor. Foto: Istimewa

Hal ini dikarenakan pemilik bengkel cat bodi mobil akan mendapatkan uang lebih cepat dan mudah lewat pengerjaan yang singkat ini.

Tapi harus diingat juga, tidak semua bengkel cat bodi mobil tidak melakukan hal tersebut. Masih banyak juga bengkel cat bodi mobil yang mementingkan antrean yang sudah masuk ketimbang pasien baru. Kembali lagi, semua tergantung bengkel.

Lokasi Bengkel Cat Pinggir Jalan

Lantas, kemana biasanya kita harus mencari bengkel cat bodi pinggir jalan ini? Ada beberapa kategori yang harus diketahui oleh calon konsumen. Biasanya bengkel cat bodi seperti ini juga terdiri dari beberapa kelas. Kelas pinggir jalan, kelas standard, dan kelas mahal. Kelas pinggir jalan biasanya banyak ditemui di kawasan Salemba, Jakarta Pusat. 

Biasanya di jalan tersebut banyak ditemui calo maupun tukang cat yang menawarkan jasanya kepada pelintas. Mereka akan berteriak sembari memasang papan nama berukuran sedang yang mudah dibaca orang. Biasanya calon konsumen wajib bertanya mengenai harganya terlebih dahulu. 

Bengkel cat di kawasan Cibubur dan Depok, Safira Motor.
Bengkel cat di kawasan Cibubur dan Depok, Safira Motor.

Di lokasi ini calon konsumen akan melakukan negosiasi dengan orang yang menawarkan jasa tersebut. Pengerjaannya termasuk cepat, dengan hasil yang biasa saja. Biasanya mereka yang datang kesini untuk memperbaiki mobil agar tidak ketahuan jika ada bagian pada mobil yang baret. Biasanya mobil sewaan, mobil kantor, dan tak sedikit juga mobil pribadi yang mampir kesini.

Konsumen yang sudah melakukan negosiasi nantinya akan diajak menuju bengkel cat yang berada di dalam gang. Jadi pengecatan tidak akan berlangsung di jalan raya Salemba, melainkan di workshop yang sudah disediakan oleh pelapak tersebut. Biasanya lokasinya tidak jauh dari tempat penawaran berlangsung. Bila konsumen jago tawar menawar, maka harganya akan sangat murah.

Jasa yang ditawarkan ini sangat membantu bagi konsumen yang sedang dalam keadaan darurat. Karena biasanya mereka melayani pengecatan hingga 24 jam, alias bisa jalan terus kapanpun dibutuhkan. Tapi kalian juga harus ingat, hasilnya tentu tidak akan memuaskan. Karena harganya yang murah, sehingga kualitas pengerjaannya biasanya standar saja.

Lapak bengkel cat mobil pinggir jalan

Masalah Harga

Pengecatan ini lebih dikenal dengan istilah cat duco. Padahal, duco sendiri memiilki makna sebagai DuPont Corporation. Atau memakai cat buatan DuPont. Pastikan jika kamu melakukan pengecatan disini untuk memperhatikan pengerjaannya ya. Karena sering kali pengerjaan yang dilakukan berbeda dari warna aslinya atau belang.

Lain halnya dengan bengkel umum atau bengkel spesialis cat. Mereka memiliki tarif tersendiri, yang jelas harganya pun di atas cat bodi mobil pinggir jalan seperti di Salemba. Bengkel cat umum atau spesialis cat biasanya memiliki ruangan khusus untuk mengecat. Sedangkan bengkel cat bodi mobil pinggir jalan hanya mengandalkan ruang terbuka dan panas matahari.

Sehingga bukan tidak mungkin jika kualitasnya tak dapat memuaskan batin. Hal tersebut dikarenakan mengecat di udara terbuka dapat berpotensi tercampur dengan debu dan kotoran lain pada saat melakukan pengecatan. Padahal, hal tersebut sangatlah dilarang pada saat ingin melakukan pengecatan.

Tarif Bengkel Cat Bodi Mobil Pinggir Jalan

Untuk tarif, biasanya bengkel cat bodi mobil pinggir jalan ini mematok tarif atau biaya pengerjaan per panel. Alias pengerjaan bisa dilakukan berdasarkan besar atau kecilnya bagian yang akan di cat. Semakin sedikit dan kecil bagian yang akan di cat, maka pengerjaan akan menjadi semakin murah. Hal tersebut tentu berlaku sebaliknya. 

Untuk kisaran harganya, biasanya bengkel cat mobil pinggir jalan ini mematok tarif mulai dari Rp150 ribu hingga Rp300 ribu setiap pengerjaan panel bodi mobil. Sebagai contoh, bumper di bagian depan mengalami baret di sisi kanan saja, maka pengerjaan hanya akan dilakukan di bagian yang rusak. Hal itupun masih dapat dilihat lagi, jika bagian yang rusak kecil, harganya bisa ditawar lebih murah lagi. 

Bengkel cat di kawasan Cibubur dan Depok, Safira Motor.
Bengkel cat di kawasan Cibubur dan Depok, Safira Motor.

Untuk pengerjaan seperti baret ringan, waktu yang dibutuhkan pun cenderung cepat. Berkisar 1 jam saja. Lain lagi dengan pengerjaan berat, yang bisa memakan waktu hingga 3 jam sekali pengerjaan. Biasanya mereka akan menyamakan kerusakan memakai dempul, lalu mengamplasnya hingga rata dan langsung di cat setelah dempul mengering dan siap ditimpa lapisan cat.

Tarif Cat Bodi Mobil Bengkel Umum

Berbeda dengan bengkel cat bodi mobil umum. Mereka biasanya mematok dengan harga yang lebih mahal, dan kualitasnya pun tentu lebih baik dibanding cat pinggir jalan. Bengkel cat bodi mobil umum ini biasanya memiliki ruang khusus pengecatan. Sehingga kualitasnya akan lebih baik dibanding pengecatan yang dilakukan di udara terbuka.

Safira Motor contohnya. Bengkel yang berlokasi di bilangan Cibubur, Jakarta Timur ini menawarkan tarif yang cukup terjangkau. Januar, sang pemilik bengkel mengaku sudah membuka usaha lebih dari 10 tahun. Pria yang dulu pernah bekerja sebagai karyawan swasta ini pun akhirnya memutuskan untuk membuka bengkel.

Di bengkel ini, mobil yang datang bervariasi. Mulai dari mobil Jepang hingga mobil Eropa kerap menjadi langganan bengkel ini. Perihal harga, Januar mengaku tidak menyamaratakan semua jenis mobil. Pengerjaan cat justru diukur dari dimensi mobil itu sendiri.

Bengkel cat di kawasan Cibubur dan Depok, Safira Motor.
Bengkel cat di kawasan Cibubur dan Depok, Safira Motor.

“Kalau cat itu biasanya kita lihat ukuran mobilnya. Ada mobil kecil, sedang sama besar. Untuk cat siram mobil Jepang kayak Toyota Avanza gitu biasa di kita itu harganya Rp6 jutaan. Kalau yang ukurannya lebih besar kayak Innova itu harga cat siram mulai dari Rp7 jutaan. Kalau sedan harganya sama kayak Avanza, mulai Rp6 jutaan cat siram,” kata pria yang akrab disapa Janu ini.

Selain harga yang terbilang cukup miring, Safira Motor juga tetap menjaga kualitas pengecatan. Lamanya pengerjaan diakui mulai dari 7 hari hingga 1 bulan. Sistem pembayaran pun bisa dilakukan dengan skema uang muka (DP) dan pelunasan pada saat mobil selesai dan akan diambil.

Kisaran harga yang ditawarkan pun berkisar Rp200 ribuan hingga Rp500 ribuan untuk pengerjaan cat per panel. Harga ini terbilang cukup menggiurkan, dan ternyata enaknya lagi masih dapat dinegosiasi mengenai harganya. Selama pengerjaan, Janu melakukan proses mix atau pencampuran bahan. “Jadi misalnya catnya itu pakai bahan Blinken, nanti pernisnya pakai merek Sikken. Jadi diusahakan hasilnya juga harus bagus, kita menjaga kualitas juga sih,” tambahnya.

Tarif Cat Bengkel Resmi

Lalu, bagaimana dengan bengkel resmi? Biasanya harga yang ditawarkan jauh lebih mahal dibanding kedua pilihan yang sudah disebutkan di atas. Sebagai gambaran, bengkel resmi Toyota khusus cat memberikan harga pengecatan per panel di angka Rp900 ribu. Pengerjaan inipun tergantung dari kondisi antrean yang ada di bengkel. Semakin banyak antrean, semakin lama mobil akan dikerjakan oleh teknisi.

Kendati mahal, namun bukan berarti pengecatan mobil di bengkel resmi tanpa kekurangan. Karena pengerjaan dilakukan dengan tenaga manusia, terkadang hasil pengecatan memang tidak memuaskan. Berbeda dengan mobil yang baru keluar dari pabrik, seluruhnya di cat menggunakan mesin atau robot. Sehingga hasilnya lebih presisi dan warnanya lebih terjamin. 

roses perbaikan kendaraan pada fasilitas Bodi & Cat. Foto/MMKSI.

Namun jika di bengkel resmi, konsumen yang tidak puas dengan hasil pengerjaan bisa melakukan komplain secara langsung kepada bagian sales advisor. Nantinya bagian yang dianggap jelek akan dikerjakan ulang dan diperbaiki agar lebih baik lagi. Yang terpenting, kamu harus tahu kualitas dan pengerjaan bengkel cat tersebut.

Jangan sampai membayar biaya mahal, tetapi hasilnya seperti tempat cat pinggir jalan. Ada baiknya menanyakan kepada teman yang sudah pernah melakukan di tempat cat yang akan dituju. Selain itu bisa juga bertanya dan melihat hasil cat dari bengkel cat bodi mobil yang kamu sambangi. 

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

 

Previous post
Besok Nissan Luncurkan Mobil Baru Berwajah Datsun
Next post
Tak Mau Kalah dengan Covid-19, BIMS 2020 Thailand Tetap Berlangsung

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *