Mobil

Catat, Begini Cara Jual Mobil Bekas ke Luar Pulau Jawa

Jual mobil bekas ke luar pulau Jawa mungkin jarang dilakukan oleh pedagang maupun penjual perorangan. Mengingat ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan, dan proses pengiriman mobil bekas ke kota yang dituju memakan waktu tidak singkat.

Tetapi tidak ada salahnya jika Carmudian ingin mencoba melebarkan sayap bisnis dengan menjual mobil bekas ke luar pulau Jawa.

Kali ini kami akan membahas mengenai seputar hal jual dan beli mobil ke luar pulau Jawa.

Ternyata banyak orang di luar pulau Jawa yang mencari atau membeli mobil bekas di pulau Jawa. Alasannya, karena pilihannya lebih beragam dan mudah mencari mobil bekas yang diinginkan.

Umumnya mereka yang membeli mobil antar pulau ini mengincar mobil-mobil yang memang sulit ditemukan di kota yang mereka tinggali.

Di pulau Jawa, hampir semua jenis maupun merek mobil bisa ditemui, bahkan mobil yang berstatus langka pun mudah untuk didapat. Hal inilah yang menjadi fokus sebagian orang untuk mencari dan membeli kendaraan di pulau Jawa.

jual mobil ke luar pulau jawa

Biaya sewa truk towing di Jakarta.

Kali ini kami akan mengajak Carmudian untuk memposisikan diri sebagai penjual yang ingin mengirimkan mobil ke konsumen yang berada di luar pulau Jawa.

Lantas, bagaimana caranya? Apakah sulit?

Cara Jual Mobil ke Luar Pulau Jawa

Apa saja hal yang harus diperhatikan ketika ingin mengirim antar pulau? Jika ingin menjadi pedagang mobil andal, Carmudian wajib mengetahui kondisi pasar di luar pulau.

Segmentasi Pasar Saat Jual Mobil ke Luar Pulau

Sebelum menjual mobil ke luar pulau, ada baiknya Carmudian memahami segmentasi pasar yang sedang ramai di sana. Misalnya, ingin menjual mobil bekas ke kota Padang, cari tahu dahulu kira-kira mobil apa yang sedang digemari saat ini.

Atau misalnya, di kota Makassar saat ini sedang tren mobil sedan Eropa keluaran lawas.

Nah, sebisa mungkin Carmudian wajib mengetahui segmentasi pasar di luar pulau.

Bagaimana caranya? Salah satunya bisa dengan menanyakan ke teman yang tinggal di kota tersebut atau bisa juga melihat sosial media seperti Facebook.

jual mobil ke luar pulau jawa

Harga jual kembali sebuah mobil dapat dikatakan baik apabila tidak mengalami penurunan jauh dari awal pembelian mobil baru (Foto: Auksi)

Carmudian bisa bergabung dan melihat group jual beli mobil bekas di setiap kota. Misalnya grup Jual Beli Mobil Khusus Padang dan Sekitarnya.

Pantau setiap hari mobil apakah yang sedang dicari oleh masyarakat di sekitar sana. Sehingga Carmudian bisa menyiapkan mobil yang sekiranya memang cukup diminati di kota tersebut.

Cara Kirim Mobil Antar Pulau

Jika sudah terjadi kesepakatan jual beli dengan calon pembeli, maka Carmudian bisa mengirim mobil tersebut antar pulau.

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk mengirim mobil, yang pertama memakai jasa ekspedisi dan kedua menggunakan jasa towing.

Pertama kami akan membeberkan cara mengirim mobil menggunakan jasa ekspedisi. Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan sebelum mengirim mobil dari pulau Jawa ke pulau lain.

Sebenarnya mudah, hanya saja ada beberapa syarat yang wajib dipatuhi.

Menggunakan Jasa Ekspedisi

Jika ingin mengirim mobil memakai jasa ekspedisi, ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi oleh pihak pengirim barang. Syarat ini bisa berguna untuk memudahkan pihak ekspedisi untuk mengirim antar pulau.

Sertakan Fotokopi KTP dan KK

Umumnya pihak ekspedisi akan meminta dokumen identitas diri pengirim mobil berupa fotokopi KTP, kartu keluarga (KK) atau dokumen pendukung penting lainnya.

jual mobil ke luar pulau jawa

Penjualan mobil bekas 2021 diprediksi tumbuh jika dibandingkan tahun lalu (Foto: Santo/Carmudi)

Tujuannya agar pihak pengirim bisa mempertanggung jawabkan kendaraan yang akan dikirim. Dengan adanya copy KTP, pihak ekspedisi bisa mengetahui identitas pengirim ketika sewaktu-waktu ditanyakan oleh petugas jika ada razia di jalan.

Sertakan STNK dan BPKB

Ketika hendak mengirim mobil lewat jasa ekspedisi, pengirim harus menyertakan STNK asli dan copy BPKB mobil tersebut.

Copy BPKB diperlukan sebagai identitas dari mobil yang akan dikirim. Hal ini sebagai tinda pencegahan agar pihak ekspedisi tidak mengirimkan mobil dengan status tidak jelas atau bodong.

STNK

Bayar pajak kendaraan bisa dilakukan setelah lebaran. Foto/Ilustrasi.

Jika mengirimkan mobil bodong, pihak ekspedisi bisa terkena pasal dari pihak berwajib. Untuk tindakan pencegahan, maka dari itu pihak ekspedisi akan meminta salinan BPKB dan STNK asli atau salinannya.

Kita tidak akan pernah tahu apakah mobil yang akan dikirim memang mobil yang sah di mata hukum atau mobil curian. Sehingga mereka akan meminta dokumen tersebut.

Alamat Pengiriman Lengkap

Syarat yang wajib dilengkapi oleh pihak pengirim selanjutnya adalah alamat lengkap penerima. Sangat disarankan memberikan alamat lengkap yang akan dijadikan tujuan pengiriman.

Pihak ekspedisi akan meminta identitas si penerima mobil. Alamat yang diberikan diusahakan sesuai dengan identitas penerima agar cocok antara tujuan pengirim dan penerima.

Jika semua sudah diberikan secara lengkap dan detail, maka pihak ekspedisi hanya perlu meninjau harga. Umumnya harga yang dipatok akan berbeda-beda setiap ekspedisi, tergantung kota tujuan.

Memakai Jasa Towing

Cara kedua yang bisa digunakan untuk mengirim mobil antar pulau adalah memakai jasa towing. Untuk pengiriman mobil memakai jasa towing bisa dibilang lebih mudah.

Pihak towing umumnya tidak akan menanyakan dokumen dan syarat yang berbelit. Mereka akan menerima mobil apapun dengan tujuan kemanapun.

Biaya sewa truk towing di Jakarta.

Towing bisa digunakan untuk kirim mobil antar pulau

Pihak towing hanya akan menanyakan lokasi pengiriman dan alamat tujuan yang lengkap. Setelah diketahui tujuannya, mereka akan memberikan perkiraan harga kepada calon pengirim.

Jika tujuannya ke luar pulau, umumnya biaya yang akan dipatok tergantung kota tujuan. Misalnya dari pulau Jawa ke Bali, biasanya ongkos towing berkisar Rp5-6,5 jutaan.

“Biasanya tergantung kota tujuannya, kalau buat antar pulau itu dilihat lagi kota tujuannya mana,” kata Aditiawarman dari Depok Towing Service kepada kami, Kamis (15/7/2021).

Untuk memudahkan pihak towing juga akan meminta pin point dari pihak penerima agar mereka tidak kesulitan mencari alamat. Hal ini sudah lumrah terjadi bagi mereka yang menggunakan jasa towing untuk mengirim mobil.

Soal kecepatan dan keamanan, memang harus diakui kedua jasa tersebut sama-sama aman. Hanya saja ongkos yang dipatok jasa towing biasanya lebih murah dibanding jasa ekspedisi khusus pengiriman mobil.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Mengirim Mobil

Melakukan Pengambilan Video

Apapun jasa pengiriman yang Carmudian pilih, usahakan ketika akan dikirim melakukan proses pengambilan video. Tujuannya untuk memperlihatkan kondisi mobil ketika sebelum dikirim.

Sebenarnya ini hanyalah tindakan preventif untuk menjaga dari hal yang tidak diinginkan, misalnya ketika barang tiba di penerima terjadi kerusakan atau ada komponen yang hilang.

Layanan Purna Jual DFSK

Ilustrasi foto ketika ingin jual mobil ke luar pulau Jawa (Foto: DFSK)

Penting sekali untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pihak penerima, terlebih ia adalah konsumen yang membeli mobil dari Anda.

Usahakan videokan sebelum mobil dinaikkan ke atas towing atau sebelum diserahkan kepada pihak jasa ekspedisi. Sertakan video lengkap mulai dari seluruh bagian eksterior, interior, mesin, pelek, serta towing akan digunakan.

Video tersebut bisa jadi modal berharga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya terdapat baret ketika diterima. Padahal di video awal baret tersebut belum ada, sehingga kita bisa menanyakan kepada pihak towing tersebut atau jasa ekspedisi.

Isi Bahan Bakar Secukupnya

Ketika ingin mengirim mobil, usahakan isi bahan bakar secukupnya saja dan jangan sampai penuh. Hal ini untuk mengantisipasi adanya kejadian yang tidak diinginkan.

Misalnya di tengah jalan ternyata terjadi kebocoran bahan bakar yang berpotensi menyebabkan kebakaran. Maka dari itu usahakan tidak mengisi bahan bakar terlalu banyak ketika mobil akan dikirim.

Ketika ingin jual mobil ke luar pulau Jawa, tentunya Carmudian harus memikirkan poin-poin yang sudah kami sebutkan. Jangan lupa, pastikan mobil yang akan dikirim benar-benar bagus, agar kedua pihak sama-sama puas dengan transaksi jual-beli yang terjadi.

Baca Juga:

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Santo Sirait

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts