Sumber informasi

Catat, Ini Alat Medis Siaga Covid-19 yang Wajib Ada di Mobil

Di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini tidak ada salahnya Carmudian menyediakan atau membawa beberapa alat medis di mobil.

Jika dijelaskan secara harfiah, alat medis merupakan alat yang bisa digunakan untuk keperluan kesehatan manusia. Dalam hal ini, medis yang kami maksud merupakan peralatan kesehatan sehari-hari yang mudah digunakan.

Nah, kira-kira alat medis siaga Covid-19 apa saja yang wajib ada di mobil? Simak baik-baik dan jangan lupa Carmudian beli untuk diletakkan di dalam mobil.

Alat Medis Siaga Covid-19 di Mobil

Setiap pemilik kendaraan sangat dianjurkan mempersiapkan alat medis bersifat sederhana di dalam mobil sebagai bentuk antisipasi pencegahan penularan Covid-19.

Thermo Gun

Tidak ada salahnya menyimpan thermo gun (termometer tembak) di dalam mobil. Alat satu ini berfungsi sebagai pengukur suhu tubuh.

Cara pemakaiannya sangat mudah, cukup arahkan ke dahi atau tangan beberapa detik, nanti akan terlihat berapa suhu tubuh sebenarnya melalui layar kecil yang ada dibelakang.

thermometer bisa disimpan dalam mobil

Masker dan Face Shield

Alat medis yang bisa menjadi pertahanan diri terhadap virus Covid-19 di dalam mobil adalah masker dan face shield.

Masker dan face shield termasuk dalam kelompok Alat Pelindung Diri (APD) yang bisa digunakan untuk menutupi hidung atau wajah.

Salah satu penyebaran virus adalah melalui droplet, atau percikan yang berasal dari mulut ketika berbicara.

alat medis dalam mobil

Face shield akan menahan droplet agar tidak terkena bagian wajah, utamanya bagian mata. Sedangkan masker akan mencegah droplet yang tersisa tidak terhirup ke dalam hidung dan mulut.

Kedua alat kesehatan ini wajib digunakan ketika Carmudian ingin keluar atau tengah berada di mobil.

Wajib diingat, face shield bukanlah pengganti masker, tapi sebagai pelengkap masker.

Memakai masker dengan benar tetap menjadi pertahanan yang ampuh untuk menghalau virus agar tidak masuk ke tubuh kita.

Hand Sanitizer dan Sarung Tangan

Alat medis lain yang bisa dibawa di dalam mobil, yaitu hand sanitizer dan sarung tangan berbahan latex.

Hand sanitizer bisa digunakan untuk membersihkan tangan atau menghilangkan bakteri dan virus yang menempel, bila Carmudian tidak sempat mencuci tangan dengan air bersih.

Sarung tangan berbahan latex umum dijumpai di pasaran, sebab sering digunakan untuk keperluan memoles mobil. Memakai sarung tangan juga bisa membuat tangan tetap bersih dan terhindar dari virus.

Oksigen Kaleng

Alat medis selanjutnya yang bisa digunakan untuk menanggulangi Covid-19 di mobil adalah oksigen kaleng. Fungsinya sama seperti oksigen tabung pada umumnya yang bisa memberikan oksigen murni bertekanan untuk menyegarkan paru-paru.

Namun harus dicatat, oksigen kaleng yang dijual di pasaran kadarnya sangat terbatas. Sebagai persiapan tidak ada salahnya membeli beberapa kaleng untuk berjaga-jaga.

Jika oksigen dalam kaleng sudah habis, maka tak akan ada efek apapun ketika ditekan. Daripada membawa oksigen tabung yang ukurannya lebih besar, oksigen kaleng ini bisa jadi solusi cepat ketika membutuhkan pertolongan darurat.

alat medis covid-19 mobil

Perlu diingat juga, oksigen kaleng termasuk ke dalam benda mudah terbakar dan meledak. Sebisa mungkin Carmudian tidak menyimpan oksigen tersebut ketika mobil sedang diparkir tepat di bawah terik matahari.

Ketika turun dari mobil usahakan untuk membawa oksigen tersebut dan diletakkan di tempat yang sejuk.

Oximeter

Beberapa bulan belakangan oximeter diburu oleh banyak masyarakat. Oximeter berguna untuk melihat kadar saturasi oksigen dalam tubuh.

Alat ini bentuknya kecil, dan bisa dibawa ke mana saja. Tidak ada salahnya juga jika oximeter ini disimpan di dalam mobil untuk berjaga-jaga melihat kondisi oksigen di dalam tubuh.

Dikutip laman Healthline, oximeter ini mampu mengetahui tingkat oksigen yang ada di dalam darah. Selain itu oximeter juga bisa membaca denyut jantung atau heart rate.

alat medis covid-19 mobil

Untuk Carmudian yang terpapar Covid-19 sangat diwajibkan memiliki alat satu ini.

Sekadar informasi, kadar oksigen manusia normal yang sehat berada di angka 96-100%.

Ketika angka kadar oksigen berada di bawah 94%, maka sudah seharusnya orang tersebut memeriksakan diri ke dokter.

Kesimpulan

Beberapa alat medis di atas bisa digunakan sebagai pertahanan diri dari virus Covid-19 dan sangat kami sarankan untuk disiapkan di dalam mobil.

Dengan menyiapkan alat-alat tersebut, setidaknya Carmudian sudah memiliki tindakan preventif jika seandainya terjadi keadaan darurat yang dialami oleh salah satu keluarga ketika sedang melakukan perjalanan bersama.

Memang alat-alat kesehatan ini terkadang dinilai tidak penting sekarang, karena belum membutuhkannhya. Jika sudah mengalami keadaan terdesak, tentu Carmudian akan merasakan manfaatnya ketika menyimpan alat-alat tersebut.

Baca Juga:

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Santo Sirait

 

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts