Berita

Catat, Ini Syarat dan Mekanisme Pembuatan SIM Internasional Secara Online

Pemohon SIM internasional (Foto: NTMCPolri.info)

Jakarta – Kepolisian negara Republik Indonesia (Polri) melalui Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri secara resmi menerbitkan Surat Ijin Mengemudi (SIM) Internasional online. Peresmian dipimpin langsung oleh Kepala korlantas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono. Sebelumnya pembuatan SIM internasional hanya bisa dilakukan secara manual.

SIM internasional diperuntukkan bagi warga negara Indonesia (WNI) yang ingin mengemudikan kendaran bermotor di luar negeri. Setidaknya ada 188 negara yang mengakui SIM internasional terbitan (Korlantas) Polri.

“Tidak hanya negara ASEAN, melainkan negara seluruh dunia. Kemarin juga hasil rapat di Aseanapol juga mendukung soal itu. Khusus Asean itu sudah Kerjasama semua. Termasuk seluruh dunia itu.” terang Kakorlantas, seperti dilansir dari NTMCPolri.Info.

Pelayanan baru yang diberikan Korlantas Polri kepada pemohon SIM internasional untuk mempermudah sekaligus menjadikan wilayah birokrasi bersih dari korupsi.

Peresmian SIM Internasional online (Foto: NTMCPolri.info)

“Salah satu langkah online yang kita lakukan ini adalah wujud bahwa kita ini selalu meningkatkan upaya peningkatan pelayanan-pelayanan yang bebas korupsi, cepat, mudah, dan dapat diakses,” ucap Kakorlantas.

Syarat Pembuatan SIM Internasional Online

Bagi masyarakat yang hendak membuat SIM Internasional Online tak perlu repot dan bolak balik ke Polres seperti sebelumnya. Pemohon hanya melakukan registasi secara online, membayar via transfer online, kemudian datang ke gedung SIM Internasional online di NTMC Polri untuk melengkapi administrasi. Proses pembuatan SIM internasional hanya 3 menit.

Syarat lain yang harus diikuti oleh pemohon SIM yaitu wajib memiliki SIM lokal atau nasional dan e-KTP. Bicara soal biaya pembuatan SIM Internasional online, pemohon cukup merogoh kocek Rp250 ribu.

Mekanisme Pembuatan SIM Internasional

1. Daftar melalui website resmi Korlantas Polri, http://sim.korlantas.polri.go.id/sim-internasional. Pendaftaran bisa menggunakan smartphone, laptop, dan komputer.
2. Menyelesaikan pembayaran. Biaya SIM internasional baru Rp250 ribu sedangkan perpanjangan Rp225 ribu
3. Pemohon diwajibkan datang ke Korlantas Polri dan mengambil nomor antrian.
3. Verifikasi SIM asli, Paspor asli, KTP asli dan KITAP asli khusus Warga Negara Asing (WNA).
4. Identifikasi melalui foto, sidik jari dan tanda tangan elektronik.
5. SIM internasional sudah jadi dan berlaku 3 tahun dari mulai penerbitan.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/