Home » Berita » Catat, Ini Tanggal Penyelenggaraan Balap Mobil Listrik Formula E di Jakarta

Catat, Ini Tanggal Penyelenggaraan Balap Mobil Listrik Formula E di Jakarta

Seremonial penyelenggaraan Formula E (Foto: Istimewa)

Jakarta – Balap mobil listrik Formula E resmi digelar di Ibu Kota Indonesia, Jakarta tahun depan. Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah melakukan perbincangan yang cukup panjang dengan panitia balap Formula E atau Federation International Automobile (FIA).

Lewat situs resmi FIA diberitahukan bahwa balap Formula E di Jakarta bakal digelar pada 6 Juni 2020. Jakarta bergabung dengan Seoul (Korea Selatan) dan London (Inggris) sebagai kota baru tempat pelaksanaan balap mobil tanpa emisi di musim 2009/2020.

“Kalender untuk musim balap mendatang dari ABB FIA Formula E Championship sudah dibentuk. Ada tambahan seri balap di Asia dan khususnya Indonesia ini akan menjadi lebih menarik,” kata Alberto Longo, Co-Founder & Chief Championship Officer of Formula E.

Ketertarikan tim panitia untuk menyelenggarakan balap mobil listrik Formula E di Jakarta, karena FIA mendukung penuh rencana pemerintah Indonesia dalam memulai pengembangan kendaraan bermotor listrik.

Mobil listrik (Foto: Istimewa)

“Indonesia merupakan pasar yang mulai mengembangkan kendaraan listrik, dengan peningkatan investasi yang telah dilakukan untuk mendorong produksi dan membersihkan udara di sekitar kota-kota besar. Formula E ingin berperan dalam perubahan positif. Saya tidak sabar untuk pergi “menghijaukan” Jakarta pada 6 Juni tahun depan,” tambah Alberto.

Dirinya pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Ikatan Motor Indonesia yang turut ambil bagian dalam mensukseskan balapan mobil listrik Formula E di Jakarta.

Balap mobil listrik Formula E di Jakarta akan diikuti oleh 24 mobil dari berbagai merek. Termasuk pabrikan yang baru seperti Mercedes-Benz dan Porsche. Rencannya lintasan untuk balapan berada di sekitar Monumen Nasional (Monas) di Jakarta Pusat. Terkait seperti apa bentuk lintasan dan pendukung lainnya akan diberitahukan dikemudian hari.

Presiden Jokowi Memberikan Dukungan

Anies sempat bertemu Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu untuk membicarakan soal penyelengaraan balap mobil listrik Formula E di Jakarta. Jokowi memberikan dukungan penuh kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terkait balap mobil listrik, Formula E.

“Balap mobil listrik Formula E rencannya akan kami laksanakan pada 2020. Jadi beliau (Presiden Jokowi) memberikan dukungan dan apresiasi, lalu kami akan finalisasi. Kami akan menggerakkan perekonomian di Jakarta dengan efek yang cukup besar,” ungkap Anies kepada wartawan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melihat mobil listrik Formula E (Foto: Instagram)

Dirinya pun membeberkan, untuk menjadi tuan rumah balap mobil listrik Formula E, Pemprov DKI Jakarta harus mengelontorkan dana yang tidak sedikit. Yaitu sebesar USD24,1 juta atau setara Rp345 miliar.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Gelar Balap Mobil Listrik Formula E, Pemprov Jakarta Harus Siapkan Dana Rp345 Miliar

Honda
Previous post
Keluhan Honda Vario, Masalah Sepele yang Sangat Mengganggu
Mobil Listrik
Next post
BMW Diminta Menarik Mobil Listrik i3 dan i8 yang Bermasalah