HomeBeritaCegah Kebakaran, Semua Mobil Suzuki Terbaru Dilengkapi APAR

Cegah Kebakaran, Semua Mobil Suzuki Terbaru Dilengkapi APAR

APAR Mobil Suzuki
Semua mobil Suzuki sudah dilengkapi Alat Pemadam Api Ringan (Foto: SIS)

Jakarta – Cegah kebakaran mobil, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah melengkapi semua model kendaraan keluaran terbaru VIN (Vehicle Identification Number) 2021 dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Pemasangan APAR di mobil sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: KP.972/AJ.502/DRJD/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor.

Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development SIS mengatakan bahwa dengan adanya APAR pada seluruh unit mobil Suzuki ini diharapkan dapat mengurangi risiko yang disebabkan kebakaran di dalam mobil.

“Kami selalu berupaya meningkatkan kualitas setiap kendaraan yang diproduksi. Selain menerapkan peraturan pemerintah, adanya APAR pada setiap unit mobil Suzuki dengan VIN 2021 tentu juga sebagai upaya untuk menekan angka kasus mobil terbakar ketika berkendara yang membahayakan,” kata Yulius, dalam keterangan resminya, Selasa (26/1/2021).

Baca Juga: 

Mengatasi Tiga Tipe Kebakaran

APAR yang digunakan oleh Suzuki sudah mengantongi sertifikat SNI. APAR berisi dry chemical powder yang berfungsi menutup permukaan kebakaran/api dari kontak dengan oksigen sehingga api bisa dipadamkan dengan cepat.

Penggunaan dry chemical powder juga tidak menimbulkan dampak terhadap sistem kelistrikan di mobil.

Model APAR yang digunakan dapat mengatasi tiga tipe kebakaran pada kendaraan, yaitu kebakaran pada benda padat non logam seperti kertas, kain, plastik, dan kayu.

Lalu, kebakaran pada benda gas/uap/cairan seperti metana, amoniak, dan solar; serta kebakaran listrik yang mungkin terjadi pada mobil.

Letak APAR pada setiap mobil Suzuki berbeda-beda, namun tidak mengganggu kenyamanan penumpang dan mudah dijangkau.

Selain itu, APAR yang dipasangkan pada mobil Suzuki memiliki masa berlaku pakai sampai delapan tahun selama tabung belum terbuka.

Mobil Suzuki keluaran lama atau produksi di bawah 2021 belum dibekali oleh APAR. Namun pelanggan bisa membelinya di diler resmi.

APAR Mobil Suzuki
Alat Pemadam Api Ringan di mobil Suzuki (Foto: SIS)

“Keselamatan dan keamanan konsumen adalah prioritas Suzuki. Kami harap dengan memfasilitasi APAR pada setiap unit mobil Suzuki dapat menambah rasa aman dan nyaman ketika konsumen berkendara,” kata Yulius.

“Dengan adanya tambahan fitur keamanan ini konsumen sudah tidak perlu lagi membayar biaya APAR karena sudah termasuk di dalam harga kendaraan,” pungkasnya.

Baca Juga: 

Perawatan Tabung APAR

APAR juga perlu perawatan supaya bisa tetap digunakan kapanpun saat kondisi darurat. Untuk jenis APAR Dry Chemical Powder ini, cukup putar posisi APAR secara terbalik.

Putar tabung APAR dari posisi atas ke bawah secara berkala dua minggu sekali.

Kemudian dengarkan apakah serbuk di dalam APAR masih bisa turun naik. Hal ini berfungsi agar serbuk tersebut tidak menggumpal dan menjadi kristal.

Jika hal ini rutin dilakukan, maka umur APAR bisa bertahan lama.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

cara berkendara
Previous post
Cara Kerja Kopling Mobil Transmisi Manual, Ketahui Juga Perawatannya
Next post
Daftar Harga Terbaru Kia Seltos dan Sonet