Berita

Cek Lokasi SPKLU Terdekat Mudah Pakai PLN Mobile

Jakarta — Penting bagi pemilik mobil listrik untuk dapat mengetahui lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) terdekat. Berjaga-jaga seandainya kendaraan yang digunakan harus isi baterai.

Untuk hal itu, Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah menyediakan fitur khusus di dalam aplikasi PLN Mobile. 

Cara Cek SPKLU Terdekat

(Foto: Carmudi)

Hal ini menjadi salah satu pesan yang disampaikan perusahaan plat merah tersebut dalam keikutsertaan pada pameran PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIEXpo Kemayoran, Jakarta.

“Sekarang kita bisa melihat titik-titik lokasi SPKLU melalui PLN Mobile. Jadi kalau ada perjalanan, kita kehabisan di mana, kita bisa lihat yang paling dekat lokasinya ada di mana,” kata Diah Ayu Permatasari, EVP Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Jumat (22/7/2022).

“Di sini artinya dengan fitur tersebut kita sangat mudah untuk tahu SPKLU terdekat dan petunjuk arah ke sana,” sambung Diah.

Cara Mengetahui Lokasi SPKLU Terdekat Via PLN Mobile

Untuk memanfaatkan cara ini, tentunya konsumen mesti menginstal terlebih dulu aplikasi PLN Mobile.

Pantauan Carmudi, untuk masuk ke dalam aplikasi, konsumen diminta melakukan registrasi terlebih dulu. Data-data yang dibutuhkan antara lain alamat email dan nomor handphone yang aktif.

Setelah berhasil masuk ke aplikasi, konsumen tinggal memilih menu “Electric Vehicle”. Kemudian akan langsung terlihat menu “SPKLU”.

Di dalam menu itulah konsumen akan melihat deretan lokasi SPKLU terdekat yang bisa dikunjungi.

Cara Cek SPKLU PLN Terdekat

(Foto: Carmudi)

Sebenarnya selain itu konsumen juga bisa melihat tempat penukaran baterai (Swap Station) melalui menu “Swap Battery”. Namun, ini berlaku untuk kendaraan khusus, seperti skuter dari pabrikan Volta atau Smoot.

Terkait jumlah SPKLU, Diah menyampaikan saat ini pihaknya sudah memiliki 139 SPKLU yang tersebar di 110 lokasi dan 48 kota. Jumlah tersebut diusahakan untuk terus bertambah.

“Untuk tahun ini kita akan menambah lagi sekitar 110 SPKLU,” ucap Diah.

Sebagai informasi, PLN turut meramaikan pameran PEVS 2022 bersama stakeholder industri kendaraan listrik lain, seperti agen pemegang merek Wuling, DFSK, Fuso, hingga Gesits.

PLN memanfaatkan kesempatan ini untuk menegaskan kesiapannya menyambut era kendaraan elektrifikasi di Tanah Air.

Pameran PEVS 2022 itu sendiri berlangsung selama 22—31 Juli 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts