Berita

Chery dan Weltmeister Bakal Ramaikan Perang Merek Mobil China di Indonesia

Jakarta – Pasar otomotif Indonesia tak lama lagi bakal diramaikan oleh dua merek mobil baru asal China, yaitu Chery dan Weltmeister.

Saat ini pasar mobil Indonesia didominasi oleh merek Jepang, hanya ada dua merek dari China, Wuling Motors dan DFSK. Kehadiran Chery dan Weltmeister tentu akan menambah ketat persaingan sekaligus memperpanjang daftar merek mobil China di Tanah Air.

Chery

Chery Tiggo - Teknologi mobil Chery

Teknologi mobil Chery cukup bergam, mulai dari mesin hybrid hingga kemampuan berkendara otonom. (Foto: Chery)

Sebenarnya Chery sudah pernah menancapkan bisnisnya di Indonesia pada 2006. Tetapi, karena kurang mendapat respons positif dari konsumen dan banyak yang meragukan kualitas produknya, maka pada 2016 perusahaan tersebut angkat kaki dari Tanah Air.

Seiring berjalannya waktu, Chery siap membuka lembaran baru dan ingin mendapat sambutan positif dari pelanggan.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, mereka akan memulai bisnisnya kembali di Indonesia pada kuartal keempat 2021.

Sejauh ini belum diketahui model apa saja yang akan dipasarkan. Namun dari rumor yang beredar, mereka berencana membawa lima model baru, mulai dari mobil jenis SUV hingga kendaraan ramah lingkungan.

Tak hanya itu, pihaknya juga memiliki niat membangun pabrik mobil di Indonesia serta mendirikan 200 diler.

Weltmeister

Weltmeister (WM) merupakan merek mobil asal China yang dimiliki oleh WM Motor Technology Co Ltd.

Berdiri sejak 2015, fokus utama perusahaan adalah mengembangkan, mengggarap dan memasarkan mobil listrik.

Demi melebarkan sayapnya ke luar China, khususnya di wilayah Asia Pasifik, WM Motor menjalin kerjasama dengan HASCAR, perusahaan asal Indonesia yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia otomotif.

Sebagai informasi, HASCAR resmi berdiri pada 2018 sebagai Agen Pemegang Merek Fiat Chrysler Automobiles (FCA) di Indonesia. Namun sayang pada 2020, HASCAR tidak lagi menjadi APM FCA digantikan oleh PT DAS Indonesia Motor.

Hasil dari kolaborasi antara WM Motor dan HASCAR terbentuklah perusahaan baru bernama PT WM Motor Asia Pasific. Nantinya perusahaan tersebut akan menjadi distributor utama mobil WM di wilayah Asia Pasifik. Kantor pusatnya berada di Jakarta.

Menurut informasi yang beredar belakangan ini, WM Motor akan meluncurkan mobil SUV W5 sebagai model perdananya untuk pasar Indonesia.

Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan model SUV dahulu yang dipasarkan, salah satunya karena SUV merupakan jenis mobil yang paling cocok untuk kontur jalanan di Indonesia saat ini.

Setelah SUV, kemungkinan besar perusahaan juga akan menghadirkan model MPV.

Belum diketahui secara pasti kapan WM Motor mulai memasarkan mobilnya di Indonesia.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *