BeritaMobilSumber informasiTips dan Trik

Chevrolet Spark, Mobil Perkotaan yang Macho Ala Muscle Car

Chevrolet Spark

Chevrolet Spark nyaman untuk mobil dikelasnya. Foto/Carmudi Indonesia.

JakartaChevrolet Spark awalnya diproduksi sebagai Daewoo Matiz sejak 1998. Oleh General Motors di Korea Selatan, Daewoo lantas diambil alih pada 2002. Setelah akuisisi ini, GM kemudian rebadge model tersebut sebagai Chevrolet Spark sampai sekarang.

Chevrolet Spark pertama kalinya dipasarkan dengan nama Beat di India akhir tahun 2009. Spark sekarang dijual di sejumlah 71 negara, dengan penjualan terbesar berasal dari Korea Selatan, diikuti oleh Amerika Serikat dan Meksiko. Tidak hanya itu, di negara asal GM yaitu Amerika Serikat, penjualan Spark juga laris manis.

Chevrolet Spark mengadopsi desain city car mungil yang menyasar segmen entry-level. Seiring perubahan selera, dan inovasi yang dilakukan oleh General Motors, desain Spark makin macho dengan style ala Chevrolet Camaro.

Sementara di Indonesia, Chevrolet Spark sudah ada sejak generasi pertama. Generasi kedua mobil tidak masuk ke Tanah Air dan masuk kembali pada generasi ketiga atau model terakhir yang beredar di Indonesia.

General Motors Indonesia menghadirkan Spark yang telah berevolusi pada Maret 2017 lalu, naik kelas dengan mesin dan wajah baru. Mobil ini masuk line up Chevrolet sebagai varian terkecilnya, setelah sebelumnya line-up diisi Captiva, Trailblazer dan Trax.

The All-New Chevrolet Spark hadir dengan desain baru yang lebih aerodinamis, untuk efisiensi bahan bakar maksimal tanpa mengorbankan kelapangan interior. Chevrolet Spark generasi ketiga dijejali mesin baru yang lebih efisien dan reliabel, yakni 1,4 liter bensin.

Bahasa desain generasi terbaru dari Chevrolet yaitu Signature Dual Port Grille berpadu harmonis dengan Projector Headlamp dan LED Daytime Running Lights serta desain single arc roofline yang memberikan kesan sporty dan dinamis.

Spark meninggalkan gaya ‘tinggi cungkring’ sebelumnya karena sekarang berdesain ala Aveo, serta kenaikan kapasitas mesin ke kelas 1.400 cc dari sebelumnya 1.200 cc. Chevrolet Spark semakin patut dipertimbangkan meski harus masuk ke pasar city car yang sangat berdarah-darah.

All New Chevrolet Spark hanya tersedia dalam 1 varian, yaitu LTZ atau tipe tertinggi dari keluarga Chevy. Pastinya, ketersediaan fitur termasuk lengkap seperti penggunaan lampu proyektor, DRL dan lampu kabut.

Bahasa Desain Chevrolet Spark Bergaya Tegas

Spark 2017 hadir dengan dengan proporsi lebih ramping dan berbagai sentuhan desain lebih estetis. Chevrolet Spark mengadopsi Bahasa desain baru yang tidak lagi kaku seperti generasi awal.

Wajah baru dual port girll sebagai signature Chevrolet, menampilkan sisi maskulinitas. Sementara ukurannya yang kompak dan pilihan warna-warna cerah bisa menarik kalangan perempuan untuk memilikinya.

Ciri profil Spark terbaru lebih tinggi di bodi belakang dan menurun dinamis hingga ke fasia depan. Atap lebih rendah mengurangi tampilan tegak lurus (upright) yang kerap ditemukan pada mini-car lain. Lalu bodi tampil lebih ramping dengan ban yang lebih dekat dengan fender memberikan tampilan lebih kokoh.

Chevrolet Spark

Chevrolet Spark hadir dengan desain baru, lebih slim. Foto/Carmudi Indonesia/Zie

Perbedaan dengan edisi sebelumnya yaitu tampilan lebih ramping berkat jarak roda lebih panjang, serta tinggi keseluruhan kendaraan yang lebih rendah 45 mm dari model sebelumnya. Lampu depan mobil semakin futuristic dengan projector head lamp LED DRL.

Profil yang lebih rendah menurunkan drag aerodinamis (hambatan angin) dan meningkatkan efisiensi, sementara perubahan pada interior tetap mempertahankan headroom yang lapang sebagai ciri khas dari Spark.

Tersedia 7 pilihan warna elegan agar Carmudian makin gaya saat nyetir Spark. Warna tersebut diantaranya hitam Black Meet Kettle, putih Summit White dan silver Switchblade Silver. Untuk yang suka warna ceria, bisa pilih Pull Me Over Red, ungu Mystic Violet, biru Splash Blue dan hijau muda Mint My Mind.

Kabin Mungil Spark Terasa Lega

Pada bagian interior, The All New Chevrolet Spark menghadirkan suasana menyenangkan dengan material dan detil yang baik. Jahitan tempat duduk berkualitas tinggi hingga kepadatan busa untuk kenyamanan, ketahanan, dan kemewahan lebih berkesan saat berkendara.

Efek desain atap yang tidak upright ini membuat kabin lebih lega. Para desainer menyesuaikan tinggi atap dengan dimensi hip-point pada tempat duduk. Head room luas yang telah ada pada model sebelumnya juga masih dipertahankan. Ini memberikan keleluasaan agar posisi duduk lebih menyenangkan.

Desain dashboard yang mewah dengan sentuhan piano black accents dan Ice Blue Ambience Lighting serta didukung tempat duduk yang nyaman untuk 5 penumpang dewasa berbalut bahan fabric. Spark juga telah dilengkapi MID berukuran 3,5 inci dan infotainment dilengkapi layar sentuh 7 inci.

Chevrolet Spark

Interior baris pertama Chevrolet Spark. Foto/Carmudi Indonesia.

Teknisi Chevrolet merancang kenyamanan berkendara dan handling dengan lebih presisi. Ini bisa dilakukan karena struktur bodi yang lebih kuat atau rigid. Hasilnya, Spark memberikan pengalaman akan kontrol kendaraan yang baik, namun tetap memastikan kesenyapan saat berkendara.

Hal yang cukup menarik dari interior Chevrolet Spark yaitu dashboard yang memanjang luas ke depan memberi windshield cukup besar. Aura mobil yang seakan-akan luas, meski sebenarnya kabin Spark termasuk sempit.

Memang, hampir semua bagian dashboard hingga doortrim memakai bahan plastik. Namun, adanya lapisan kain di door trim bisa mengurangi kesan murah. Warna piano black ini membuat dashboard terkesan elegan.

Hal yang disayangkan pada generasi keempat Spark yaitu handle bar sama sekali absen di belakang. Ini membuat penumpang tidak bisa berpegangan apapun ketika sang pengemudi bermanuver di kala kencang.

Performa Chevrolet Spark Bertenaga dan Responsif

Spark bisa dibilang naik kelas karena menaikkan kapasitas mesinnya 200 cc jadi 1,4 liter. Untuk sumber tenaga mengandalkan mesin LV7 ECOTEC dengan VVT. Tenaganya naik 15 hp menjadi total 97 hp di putaran mesin 6.200 rpm.

Berbicara mobil Amerika, karakter mesin yang biasa ditawarkan itu responsif dan ini juga hadir pada Spark terbaru. Respon tarikan di awal terasa smooth meski cenderung berat, khas penggunaan transmisi tanpa gigi alias CVT.

Namun, city car ini dengan mudah dan tidak terasa membawa jarum speedometer ke 100 km/jam meski gas tak diinjak terlalu dalam. Karakter mesin yang bertenaga di putaran menengah membuat Spark lebih menyenangkan untuk highway cruising dibanding menjelajah perkotaan yang macet.

Chevrolet Spark

All New Chevrolet Spark dengan tampilan baru. Foto/Carmudi Indonesia.

Lebih istimewa lagi adalah efek dari gir tambahan (aux gear) yang dipakai CVT-nya. Aux gear memberi efek seperti adanya perpindahan gigi seperti pada transmisi otomatis konvensional.

Misalnya ketika putaran mesin mencapai 3.000 rpm, maka akan disimulasikan naik gigi sehingga akan turun putarannya. Aux gear ini sekaligus meredam gejala menggerung dari sabuk baja ketika kickdown.

Ketika pedal gas diinjak lebih dalam, putaran mesin akan jauh lebih cepat naik seperti terjadi downshift. Karakter transmisi CVT dengan aux gear ini menjadi jauh lebih agresif dibanding pesaingnya dengan CVT konvensional.

Handling Ala City Car yang Lincah

City car harus memiliki impresi berkendara yang lincah karena memang diciptakan untuk mobil perkotaan. Spark juga unggul pada sisi pengendalian. Sistem EPS (Electronic Power Steering) yang dipakai membuat putaran setirnya tidak terlalu ringan di kecepatan rendah.

Namun demikian, pengemudi tetap mudah saat memarkirkan mobil. Keuntungannya, jenis EPS yang agak kaku ini membuat pengendalian mobil kian mantap pada kecepatan tinggi.

Gen-4 ini memiliki wheelbase yang lebih panjang 10 mm. Sedangkan tinggi keseluruhan turun 45 mm. Artinya, Chevy mini ini akan lebih nikmat dan stabil bermanuver. Rasa EPS (Electronic Power Steering) yang dipakai tidak terlalu ringan di kecepatan rendah.

Ini membuat rasa bermanuver di kecepatan tinggi menjadi jauh lebih menyenangkan dibanding kompetitor di kelasnya. Makin nyaman, ada cruise control yang membuat perjalanan jarak jauh tidak lekas pegal.

Belum lagi jika mempertimbangkan fitur keselamatan seperti rem ABS, EBD. Dan paling penting, stability control yang membuat melaju kencang tetap terasa aman. Soal kenyamanan juga patut diacungi jempol karena profil ban cukup tebal 165/65R14 sedikit berfungsi membuat bantingan tidak terlalu kasar.

Padahal, suspensi di-set cenderung keras dan efeknya sangat terasa ketika menghajar jalan rusak di kecepatan rendah. Sebenarnya, karakter suspensi seperti ini lebih cocok untuk mobil yang dipacu dalam kecepatan tinggi.

Sebagai informasi, suspensi depan Chevrolet Spark memakai McPherson Strut dengan Coil Springs dan belakang Compound Crank dengan Coil Springs.

Hatchback Modis Kaya Fitur, Tapi Pelit Akomodasi Penyimpanan

Chevrolet serius menggarap segmen mobil perkotaan di Indonesia dengan langsung merilis varian tertinggi Spark. Fitur yang tersedia lengkap dan memudahkan penggunanya.

Dimulai dari bagian head unit, yang mengusung fitur integrasi smartphone modern. Yaitu Apple CarPlay dan Android Auto. Fitur ini juga user friendly karena layar sentuh 7 inci juga didukung tombol fisik dan kenop volume.

Hal yang jarang ditemukan pada city car yaitu pengaturan dari sistem MyLink yang bisa mengintegrasikan berapa lama lampu kabin akan menyala saat pengemudi keluar. Teknologi ini juga mengatur apakah tombol unlock di remote bisa membuka pintu driver saja atau semua pintu.

Chevrolet Spark

Interior baris pertama Chevrolet Spark. Foto/Carmudi Indonesia.

Namun, fitur yang lebih krusial di Indonesia seperti spion lipat elektrik atau sensor parkir belakang justru tidak tersedia. Tidak hanya itu, bagasi belakang juga sempit sehingga tidak bisa memuat banyak barang bawaan saat bepergian. Bagasinya hanya muat satu koper besar saja.

Jangan harap juga Carmudian yang duduk di kursi belakang bisa membawa botol atau gelas minuman dengan nyaman di mobil karena tidak tersedia cup holder di doortrim. Hanya ada satu cupholder di konsol tengah, Anda harus berebutan dengan yang di depan.

Apabila terpaksa saat membawa banyak barang bawaan, mekanisme lipat yang tersedia cukup unik. Bagian bawah jok belakang perlu diangkat terlebih dahulu sebelum menurunkan sandarannya yang dipisahkan dengan konfigurasi 60:40.

Chevrolet Spark

Daftar Fitur All New Chevrolet Spark

Berikut ini fitur yang tersedia pada Chevrolet Spark:

• Air conditioning: Single-zone manual with cabin air filter
• Assist handles: All seating positions
• Cargo security shelf
• Console: Rear, center with storage tray
• Cruise control
• Cup holders
• Defogger
• Door locks: Power-programmable
• Door storage pocket with bottle holder
• Driver Information Center, Tire Pressure Monitor
• Floor mats
• Rear cargo compartment lamp
• Mirror: Rearview, manual day/night
• Outside temperature display
• Power outlet: Auxiliary, located in front center stack storage bin
• Remote Keyless Entry
• Steering column: Tilt
• AM/FM stereo with seek-scan and digital clock
• Chevrolet MyLink
• 4/6speaker sound system
• Auxiliary input
• USB port
• Audio steering switch

Itu baru pendukung kenyamanan, bagaimana dengan fitur keamanan dan keselamatannya? Masih banyak lho, Spark kini lebih lengkap, dengan dilengkapi dual SRS airbag untuk pengemudi dan penumpang depan. Ini daftarnya:

• Dual SRS-Airbag
• Brakes: 4-wheel antilock, front disc/rear drum
• ABS
• EBD
• Hill Start Assist
• Electronic Stability Control
• LATCH (Lower Anchors and Top tethers for CHildren) system
• Theft-deterrent system: Engine immobilizer
• Tire Pressure Monitoring System
• Safety belts: 3-point
• Safety belt pretensioners
• StabiliTrak Electronic Stability Control System with Brake Assist
• Traction Control

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts