Home » Reviews » Chevrolet Trailblazer 2012: Badan Bongsor dan Kaya Fitur

Chevrolet Trailblazer 2012: Badan Bongsor dan Kaya Fitur

Trailblazer jadi SUV ganas dari Chevrolet.
Chevrolet Trailblazer jadi SUV ganas yang saat ini bersaing dengan rival berat di Indonesia.

TERLIHAT bagus, sepertinya performanya bagus, dan punya kemampuan seperti mobil monster, secara tampilan juga tidak membuat Anda tampil tidak modis. Sebelum Anda mencoba, mari simak ulasan kami tentang mobil ini.

Dari sisi luar, secara pahatan desain lampu depan tampil menawan dilapisi dengan logam, lampu belakang yang menampilkan sisi kosmopolitan dengan porsi yang sesuai. Bagian belakang yang penuh dilapisi kaca membuat mobil ini terlihat lebih lebar, semakin menegaskan suatu karakter SUV sejati.

Saat dikendarai, mobil ini sangat tinggi dan agak susah untuk masuk ke dalam kabin. Tentu saja hal itu terjadi karena ban besar yang mencuat keluar dan ground clearance yang tinggi.

trailblazer-3

Cerita lain saat masuk di dalam kabin Chevrolet Trailblazer, interior sangat menawan dan kelapangan kabin yang luar biasa! Pengaturan kursi seperti di dalam kabin ruangan yang sudah dilengkapi home theatre, dengan baris kedua dan ketiga yang dibuat seksama agar penumpangnya bisa melihat dengan jelas sistem hiburan yang ada di depan. Dengan keluasan kabin, mobil ini mampu menampung 7 orang–sebenar-benarnya 7 orang, tidak ada penumpang yang terlalu mepet seperti di dalam kaleng sarden—dengan kebesaran kabin itu, tidak ada penumpang yang berebutan untuk duduk di baris depan.

Untuk ruang kepala di dalam kabin Trailblazer, walaupun mobil ini memiliki dimensi besar, tapi pengendara dengan postur tubuh kecil tidak seperti tenggelam di dalamnya. Kemudahan bagi pengendara juga ditunjang dari tombol fitur-fitur di dalam Trailblazer bisa diaktifkan di setir. Hal itu memudahkan pengendara karena banyak tombol fitur itu terletak jauh dari jangkauan tangan.

Ciri khas Chevrolet Trailblazer di sisi speedometer juga dijaga, dengan model kokpit ganda, dan mampu menyala di kegelapan karena lampu LED berwarna biru muda menyala saat ruang kabin kurang cahaya, fitur itu membuat Trailblazer juga seperti mobil premium dan lebih ramah untuk dikendarai oleh keluarga.

Kokoh dan Nyaman

trailblazer-2

Kemudian bodi Trailblazer yang mengadopsi desain rangka body on frame (BOF) dinilai juga sebagai langkah pintar karena menyediakan beberapa keuntungan mulai dari mobil semakin kokoh, tapi bisa dikendarai dengan nyaman dan memiliki kabin yang luas. Hal itu berbeda dengan keluarga Chevrolet lainnya, Captiva yang memakai desain bodi monokok. Dengan BOF, Chevrolet Trailblazer mampu mengendong 3 ribu kg muatan atau 2 ekor gajah.

Urusan mesin, Trailblazer membawa mesin dari keluarga Duramax denganmesin turbo. Hadir dengan dua pilihan mesin 2.8L dan 2.5L, untuk mesin tertinggi mampu menghasilkan tenaga sebesar 180HP. Ketika dikendarai Chevrolet Trailblazer juga tidak terasa berat, di jalan tol bisa dikendarai secara ringan tanpa harus mengalami gejala goyang seperti karakter mobil pikap.

Sistem transmisi seperti layaknya mobil tangguh di segala medan, Trailblazer memiliki pilihan 2-High yaitu penggerak roda belakang saja yang aktif, 4-High, 4 Lo untuk posisi netral. Ditambah, pilihan perpindahan gigi dari 2 high ke 4 high tanpa harus menghentikan mobil.

Kemudian Trailblazer juga memiliki fitur Hill Start Assist (HAS), fitur ini berfungsi mencegah mobil untuk mundur saat di posisi tanjakan. Ada juga fitur Hill Descent Control (HDC) yang membuat mobil bisa turun sendiri dari tempat yang curam dengan bantuan rem ABS, tanpa pengendara harus injak pedal rem.

trailblazer-1chevrolet

Previous post
911 Targa 4S, Pencuri Hati Terkini dari Porsche
Next post
Mazda6 2008, Pesaing Ketat di Segmen Sedan Mewah