Site icon Carmudi Indonesia

Chevrolet Trax, Pemain Tunggal Crossover Mesin Turbo di Kelasnya

Chevrolet Trax Premier Copper SUV di bawah Rp350 juta

Chevrolet Trax Premier Copper (Foto: General Motors Indonesia)

Chevrolet Trax (Foto: GM Indonesia)

Pasar otomotif Indonesia memang menjadi salah satu pasar otomotif yang paling potensial diantara negara-negara lainnya yang ada di Dunia. Jumlah penduduk di Indonesia membuat pasar otomotif juga mengalami peningkatan setiap tahunnya. Selain itu, masyarakat Indonesia saat ini juga sudah menganggap sebuah mobil sebagai salah satu alat transportasi yang penting.

Berbeda pada beberapa dekade sebelumnya yang masih menganggap memiliki mobil adalah sebuah barang mewah. Kini, sudah banyak warga yang menganggap memiliki mobil merupakan kemudahan. Salah satu jenis mobil yang kerap laku di Indonesia adalah model crossover. Memang, di Indonesia sendiri model ini menjadi salah satu model yang kurang disukai jika dibandingkan dengan MPV atau SUV.

Tetapi, crossover sebenarnya memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan MPV. Bagi Anda yang kurang menyukai mobil berdimensi besar, Anda pasti akan membeli sebuah crossover yang punya dimensi lebih kecil dan kompak jika dibandingkan dengan sebuah SUV fullsize. Salah satu crossover yang memiliki hal tersebut adalah Chevrolet Trax. Chevrolet Trax ini menjadi salah satu crossover yang dapat dijadikan alternatif bagi yang kurang menyukai mobil berukuran besar.

Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Trax

Lalu, apa saja kelebihan yang dimiliki oleh Chevrolet Trax ini? Carmudi Indonesia akan memberikan pandangan jelas dan lengkap mengenai mobil berkapasitas 5 penumpang ini.  Jika melihatnya secara kasat mata, memang masih banyak menimbulkan kontroversi terhadap mobil ini. Akan ada yang menyebut mobil ini sebagai mobil keren, tetapi tidak sedikit juga yang mengutarakan pendapatnya lantaran menganggap desainnya cukup aneh.

Menurut pandangan kami, Chevrolet Trax ini memiliki gaya bahasa desain yang cukup menarik untuk dipandang. Tampilan Trax ini memberikan kesan tangguh dan mencerminkan sebuah mobil yang memiliki kekuatan. Di Indonesia, Chevrolet Trax ini sudah mengalami perubahan sebanyak 2 kali. Dan generasi yang kedua ini merupakan facelift yang dilakukan oleh Chevrolet pada 2017 silam. Versi facelift ini memiliki banyak sekali ubahan dari segi desain.

Desain Chevrolet Trax 2018

Mulai dari gril baru, lampu depan baru yang sudah menggunakan LED DRL, foglamp baru dan desain bumper baru. Jika dilihat dari depan, mobil ini seakan memberikan kesan tangguh dan terlihat menyerupai Chevrolet Camaro dalam film Transformers. Salah satu ciri khas dari Chevrolet Trax ini adalah adanya dua lubang ventilasi yang terdapat pada bagian bumper dan bagian atas di bawah kap mesin.

Berlanjut ke sisi samping. Chevrolet Trax generasi terbaru ini juga hadir dengan menggunakan velg baru berukuran 18 inci. Spion juga dapat dilipat secara elektronik melalui tombol di bagian dalam dashboard.

Fitur sepele yang sebenarnya sangatlah membantu pengguna pada saat parkir nih. Desain yang ada di sisi samping mobil sebenarnya biasa saja, tetapi berkat adanya paduan warna hitam dof di bagian bawah membuat mobil ini memiliki kesan gagah.

Bagaimana di bagian belakang? Bagian belakang dari mobil ini juga bisa dibilang cukup menimbulkan kontroversi bagi Anda yang melihat. Karena tidak semua orang suka dengan bagian belakangnya ini, salah satunya Carmudi Indonesia.

Menurut kami, bagian belakang dari mobil ini cukup aneh. Tetapi, ada kelebihan dari keanehan tersebut. Kelebihannya adalah lampu berukuran besar dan juga reflector di bagian bawah bumper belakang.

Selain itu, di bagian belakang mobil ini juga terdapat sebuah wiper yang sangat memudahkan visibilitas Anda di kala melibas hujan lebat. Bagaimana? Sudah ada pandangan mengenai eksteriornya kan?

Interior Chevrolet Trax 2018

Fitur di interior Chevrolet Trax. Foto/Carmudi Indonesia.

Langsung saja kita bahas bagian interiornya ya. Sebelum memasuki Chevrolet Trax, Anda pasti akan setuju jika mobil ini dibekali dengan kualitas yang sangat baik. Mengapa demikian? Karena Anda dapat merasakan hal itu kala membuka pintu. Yap, pintu Chevrolet Trax ini cukup berat, sehingga mampu memberikan rasa aman Anda ketika berkendara.

Duduk di bagian depan, Anda akan merasa jika mobil ini memberikan visibilitas yang cukup baik. Kaca depan dan samping memberikan pandangan yang leluasa. Desain dashboard dari mobil ini juga menurut kami cukup bagus, sayangnya kualitas material dari dashboard ini masih terasa kurang baik.

Ketika menyentuh bagian dashboard, ternyata Chevrolet belum memberikan lapisan soft touch pada Trax ini. Di bagian tengah, Chevrolet memberikan head unit layar sentuh 7 inci lengkap dengan navigasi hiburan untuk memainkan musik dan beberapa fitur konektivitas fungsional serta 6 speaker High Quality yang siap memberikan kenyamanan kepada para penumpang dalam kabin.

Layar sentuh ini juga dibingkai dengan aksen piano black yang membuat interior dari mobil ini terasa mewah dan elegan. Di bagian setir, mobil ini memiliki control yang dapat memudahkan pengendara untuk mengatur berbagai instrument seperti audio, menu, dan MID yang terdapat pada layar speedometer.

Instrument cluster yang ada di mobil ini sebenarnya biasa saja, namun ada salah satu fitur yang cukup menarik di mobil ini. Ia memiliki fitur voice command yang tentu saja memudahkan Anda dalam melakukan pencarian melalui fitur ini.

Setir yang dimiliki oleh Trax juga sudah dilengkapi dengan tilt dan telescopic, dan juga kaca spion tengah yang sudah electronic. Fitur ini mampu meredam cahaya terang yang diberikan mobil belakang secara otomatis. Untuk tipe termahal, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan cruise control.

Fitur Chevrolet Trax 2018

MyLink, jadi fitur konektivitas andalan Chevrolet di SUV Trax

Fitur ini memang kurang bermanfaat untuk Indonesia yang sering macet. Tapi fitur ini sangat berguna untuk perjalanan jauh seperti di tol dengan kecepatan konstan.

Fitur lain yang ada pada mobil ini juga bisa dibilang terlengkap dibanding rivalnya. Sebut saja Trax ini punya hill descent control, sunroof electric, electric defogger dan tire pressure monitoring system.

Fitur ini menjadi salah satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh rivalnya. Bagaimana dengan posisi duduk di bagian belakang? Posisi duduk di bagian belakang mobil ini sebenarnya terasa kurang nyaman.

Karena jok bagian belakang bersifat statis dan tidak bisa di reclining agar memberikan posisi duduk yang lebih nyaman. Selebihnya, ruang kaki dan ruang kepala yang diberikan sangat maksimal apalagi ditambah dengan adanya cup holder di tengah. Bagaimana soal performa mesinnya?

Ini juga menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Chevrolet Trax. Trax menggunakan mesin berkapasitas 1.364 cc, 4 silinder, Dual CVCP, turbocharge yang dapat mengeluarkan tenaga 140 hp dengan torsi maksimal mencapai 200 Nm.

Tenaga tersebut disalurkan oleh transmisi otomatis 6 percepatan Tiptronic yang juga cukup responsif. Banyak yang mengira jika mobil bermesin turbo pastinya akan lebih boros. Hal tersebut ada benar dan salahnya.

Walaupun Chevrolet Trax ini memiliki turbo pada mesinnya, konsumsi bahan bakarnya juga cukup irit jika Anda tidak tergoda untuk lebih sering menginjak pedal gas. Jika sering menginjak pedal gas dalam-dalam, maka sudah pasti mobil ini akan boros.

Fitur Keamanan Chevrolet Trax 2018

Tetapi tenang, Chevrolet memberikan mobil ini dengan kapasitas tangki besar mencapai 53 liter. Bagaimana dengan fitur keamanan yang dimiliki oleh mobil berpenumpang 5 orang ini?

Mobil ini dilengkapi dengan perangkat keamanan yang cukup baik dibandingkan dengan para kompetitornya. Trax ini punya airbag depan, samping, dan jendela. Seatbelt yang dimiliki juga terdapat 5 buah dengan isofix di bagian belakang.

Ada juga side impact beams, kunci immobilizer, rem ABS, EBD, PBA, hill start assist, parking assist, rear view camera, dan speed sensing auto lock. Banyak bukan? Jelas saja ini menjadi kelebihan utama dari Chevrolet Trax.

Setelah membahas eksterior dan interior yang ada pada Chevrolet Trax ini, kami akan memberikan informasi sedikit mengenai kaki-kaki dari Trax. Chevrolet Trax ini mengandalkan suspensi McPherson Strut untuk bagian depan dan untuk sektor belakang akan menggunakan suspensi tipe Compound Crank Rear Axle.

Keduanya memiliki kemampuan yang cukup handal dalam menjaga keseimbangan dan meredam setiap goncangan ketika berkendara. Efek yang dihasilkan dari kedua suspensi tersebut tentunya memberikan handling yang baik saat mobil melibas kontur jalan bergelombang maupun melewati tikungan.

Carmudi Indonesia beberapa waktu lalu pun pernah mencoba untuk mereview mobil ini. Bagaimana dengan pandangan performa dan handling yang dimilikinya? Secara di atas kertas, mobil ini cukup nyaman untuk digunakan di jalanan perkotaan. Bentuknya kompak, memudahkan untuk bermanuver di kemacetan seperti Jakarta.

Semburan tenaga dari turbonya baru dapat dinikmati saat putaran mesin mencapai 3.000 rpm. Semburan ini memang ditujukan untuk putaran mesin atas agar mesin dapat melaju secara optimal.

Untuk mencapai kecepatan 100 km/jam juga cukup mudah. Kami memang tidak mencatat berapa waktu yang ditempuh dalam mencapai 100 km/jam, tetapi mobil ini punya performa mesin yang lumayan bisa diandalkan.

Apalagi untuk karakter kota Jakarta yang membutuhkan mobil yang handal untuk stop and go, Chevrolet Trax bisa menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang ingin mobil kecil dengan performa lumayan.

Harga Chevrolet Trax 2018

Soal harga, memang mobil ini punya banderol yang lebih mahal dibandingkan dengan MPV yang ada di Tanah Air. Tetapi, jika Anda adalah seseorang yang lebih mementingkan fitur, jelas mobil ini sangatlah layak dan cocok untuk dipinang.

Di Indonesia sendiri, Trax hadir dengan dua tipe, yakni LT dan LTZ. Untuk tipe AT, PT GM Indonesia membanderol mobil ini seharga Rp 288 juta, sedangkan untuk tipe LTZ dibanderol di kisaran Rp 314 jutaan.

Angka ini memang jauh jika dibandingkan dengan mobil MPV yang punya range harga di kisaran Rp 150-250 jutaan. Tetapi untuk urusan performa, fitur, keselamatan, dan kenyamanan yang ditawarkan oleh Trax ini harga tersebut sebenarnya cukup relatif.

Mesin turbo, kaya fitur, memiliki sunroof, handling mumpuni, membuat Chevrolet Trax ini cocok untuk masuk ke daftar beli. Kesimpulan, menurut kami Chevrolet Trax ini benar-benar menjadi sebuah mobil yang kaya fitur dengan dimensi yang tidak terlalu besar.

Kemampuannya untuk membelah ibukota Jakarta dengan tingkat kemacetan yang parah juga diimbangi dengan ground clearance yang tinggi. Bagi Anda yang ingin membeli, ada baiknya jika Anda membeli mobil ini di akhir tahun seperti ini.

Karena Chevrolet Indonesia tengah memberikan promo dan diskon menarik bagi calon konsumen di Indonesia. Jika malas bertanya kepada sales, Anda dapat melihat situs Carmudi Indonesia untuk melihat spesifikasi mobil baru Chevrolet Trax 2018, lihat di sini.

Ingin membeli mobil baru Chevrolet Trax 2018? Cek di sini.

juga Website Carmudi Indonesia untuk mendapatkan berbagai informasi lengkap seputar mobil bekas di Indonesia.