Berita

Ciri-Ciri Kaca Film Mobil 3M Palsu dan Asli

Jakarta — PT 3M Indonesia tak menampik adanya peredaran kaca film mobil 3M palsu di pasaran. Kaca film mobil 3M yang palsu dan asli bisa dibedakan dari ciri-ciri fisik serta garansinya. 

Demikian disampaikan Razi Raziansyah, Country Sales Leader, Commercial Solution Division, PT 3M Indonesia saat ditemui di Jakarta, Selasa (28/6/2022).

“Kita nggak berkata bahwa produk kita nggak ada palsunya. Iya, ada dan memang eksis,” katanya.

Ciri-Ciri Kaca Film 3M Palsu dan Asli

Kaca film mobil 3M yang palsu dan asli bisa dibedakan dari ciri-ciri fisik serta garansinya. (Foto: 3M)

Namun, sebenarnya konsumen tak perlu khawatir terkait hal ini karena ada ciri-ciri pembedanya. Razi menjelaskan, kaca film mobil 3M yang asli pasti akan dilengkapi dengan jaminan garansi e-warranty. 

“Salah satu cara membedakannya adalah dengan e-warranty system. Ini adalah fitur yang dikeluarkan oleh 3M Indonesia, jadi misalnya konsumen datang ke salah satu authorized dealer lalu pasang kaca film (3M) di sana, biasanya mereka akan langsung menawarkan e-warranty,” kata Razi. 

Di samping itu, perbedaan antara produk yang asli dan palsu juga tercermin dari fisiknya. Terutama pada logo watermark yang terdapat di sepanjang permukaan kaca film. 

“Kalau yang palsu, logonya tebal kayak tulisan spidol, tapi bukan watermark. Kalau watermark (yang asli) itu titik-titik membentuk huruf logo 3M,” jelas Razi.

Pengecualian untuk Mobil Baru

Terkait watermark, Razi menjelaskan hal ini hanya berlaku untuk pembelian yang bersifat aftermarket. Untuk mobil baru ada pengecualian.

Razi menuturkan, beberapa merek mobil baru yang bekerja sama dengan 3M meminta kaca film yang disuplainya tidak dilengkapi dengan watermark tersebut.

harga 3m ceramic series

Peluncuran produk baru 3M Ceramic IM Series. (Foto: 3M)

“Jadi ketika mobil itu keluar dari showroom (mobil baru) dan itu tidak ada logo 3M-nya, itu memang dari kita langsung. Itu memang diminta oleh OEM (Original Equipment Manufacturer) tersebut,” jelasnya.

Terlepas dari hal itu, 3M Indonesia baru-baru ini memperluas pilihan produk kaca film mobil untuk konsumen di Tanah Air dengan meluncurkan 3M Ceramic IM Series.

Produk ini diklaim mampu menahan sinar ultraviolet hingga 99,9 persen dan tidak mengganggu penangkapan sinyal telepon genggam.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

/