Tips dan Trik

Ciri-ciri Relay Starter Motor Rusak, Selain Bunyi Kasar?

motor mogok

Jakarta – Electric starter mendadak tidak berfungsi sebagaimana mestinya kemudian mesin tidak bisa dinyalakan. Hal ini menjadi salah satu ciri-ciri relay starter motor rusak, Carmudian.

Tapi tak perlu panik karena sebenarnya cukup mudah untuk mengatasinya. Harga onderdil penggantinya pun dirasa masih bersahabat di kantong.

Satu hal yang pasti, relay starter atau bedik starter yang bermasalah akan sangat mengganggu kepraktisan berkendara. Karenanya kita jadi kesulitan menyalakan mesin sepeda motor.

Dari yang awalnya cukup menekan tombol starter, jadi harus keluar tenaga ekstra untuk menggunakan kick starter atau starter “selah”. Itupun kalau sepeda motor Carmudian memilikinya.

Pasalnya, semakin ke sini beberapa sepeda motor baru tak lagi dilengkapi kick starter. Memang sih, mayoritas punya fitur yang dinamakan voltmeter guna memantau kondisi aki.

Baca Juga:

Tapi seperti diketahui bersama, masalah di starter electric sepeda motor bukan hanya bisa terjadi pada aki, contohnya, ya, relay starter ini.

Sama seperti komponen lain pada sepeda motor, kondisi relay starter juga bisa menurun seiring berjalannya waktu.

Apalagi komponen ini juga digunakan secara terus menerus, utamanya ketika Carmudian hendak menyalakan sepeda motor. Walau sebenarnya komponen ini hanya bekerja saat tombol electric starter ditekan.

Untuk itu, kali ini kita akan lihat ciri-ciri relay starter motor rusak dan harga onderdil penggantinya.

Termasuk beberapa bagian lain yang mungkin juga perlu dicek biar kondisi electric starter sepeda sepeda motor Carmudian selalu sehat.

Fungsi Relay Starter Motor

Masalah pada electric starter sepeda motor memang bisa bikin pusing. Hal ini dikarenakan komponen yang terdapat di dalamnya cukup beragam.

Mulai dari yang paling terlihat, yaitu tombol starter itu sendiri. Kemudian ada aki, dinamo starter, dan relay starter atau yang juga biasa disebut bendik starter.

Jika salah satu di antara komponen tersebut bermasalah bisa dipastikan mesin sulit dinyalakan menggunakan electric starter atau malah bisa-bisa mogok.

Di antara semua komponen itu, relay starter mungkin jarang terdengar atau bahkan pemilik tidak menyadari keberadaanya.

Hal ini mungkin saja terjadi karena ukurannya yang kecil dan berada di lokasi tersembunyi.

Fungsi komponen ini penting banget. Pada dasarnya relay starter punya peran ibarat jembatan arus listrik dari aki menuju dinamo starter.

Jadi ketika kunci kontak diputar ke posisi “On” maka arus listrik dari aki sudah disalurkan sistem electric starter. Tapi belum sampai membuat mesin menyala karena masih ditahan oleh relay starter.

Barulah ketika tombol starter ditekan, relay starter menjembatani arus listrik ke dinamo starter dan mesin pun menyala.

Seiring penggunaan, relay starter bisa mengalami kerusakan. Hal ini dikarenakan komponen tersebut kerap menerima arus listrik yang besar dari aki.

Di luar itu, kabel-kabelnya yang terbuat dari bahan kuningan juga mungkin saja berjamur.

Kondisi relay starter sebenarnya bisa dicek. Salah satu caranya ialah menggunakan multimeter.

relay motor rusak

Kerusakan pada relay starter sepeda motor bisa menyebabkan mesin tak bisa dinyalakan. (Foto: sgbikerboy)

Ciri-ciri Relay Starter Motor Rusak

Adapun ciri-ciri relay starter motor rusak bisa disimak lewat informasi di bawah ini.

Pada beberapa kasus ciri-ciri ini bisa muncul secara bersamaan. Tapi bisa juga pengguna hanya mengalami salah-salah satunya.

  1. Muncul Bunyi “Cetak” Saat Tombol Starter Ditekan

Ciri ini bisa dibilang cukup umum pada kerusakan relay starter sepeda motor.

Pada kondisi normal, mesin sepeda motor akan langsung menyala ketika Carmudian menekan tombol starter, namun tidak demikian jika relay starter mengalami kerusakan.

Alih-alih, mesin motor tidak merespon dan muncul bunyi “cetak-cetak” yang bisa terdengar cukup jelas di telinga. Jika kondisinya demikian besar kemungkinan relay starter bermasalah.

  1. Mesin Tidak Bisa Menyala, Padahal Aki Normal

Seperti sudah disebut sebelumnya, sistem electric starter terdiri dari beberapa komponen, salah satunya adalah aki.

Aki punya peran menyediakan listrik yang dibutuhkan untuk menyalakan mesin.

Tapi kalau kondisi aki masih bagus, namun electric starter tidak berfungsi maka bisa jadi indikasi relay starter bermasalah.

  1. Aki Mendadak Tekor Saat Distarter

Dirangkum dari sejumlah sumber, kondisi seperti ini juga bisa menjadi salah satu ciri-cir relay starter sepeda motor rusak. Dari yang awalnya kondisi aki baik-baik saja, namun langsung tekor ketika tombol starter ditekan.

  1. Dinamo Masih Berfungsi, Tapi Mesin Tidak Menyala

Dinamo starter sejatinya jarang bermasalah karena dirancang dengan durabilitas yang tinggi. Masalahnya justru sering terjadi di bagian brush atau arangnya.

Nah, ketika motor tidak bisa distarter padahal kondisi bagian ini masih bagus maka lagi-lagi relay starter bisa jadi sumber masalahnya.

tombol electric starter ditekan makan relay starter akan meneruskan aliran listrik untuk menyalakan mesin

Saat tombol electric starter ditekan makan relay starter akan meneruskan aliran listrik untuk menyalakan mesin. (Foto: southbyriders)

Jenis dan Harga Relay Starter Motor

Beberapa masalah pada relay starter sepeda motor masih bisa dibenahi. Misal, jika kutubnya hanya mengalami kotor maka cukup dibersihkan.

Tapi biasanya jika sudah sekali bermasalah, pengguna kerap merasa was-was menggunakan sepeda motornya. Terlebih untuk perjalanan dengan jarak cukup jauh dari tempat tinggal..

Maka ada baiknya untuk melakukan penggantian. Harga relay starter sepeda motor tentunya variatif tergantung jenisnya.

Di pasaran, Carmudian juga bisa menemukan produk Original Equipment Manufacturer (OEM) ataupun aftermarket. Harga kedua kategori produk ini ternyata mirip.

Harga Relay Starter

Untuk relay starter sepeda motor kelas 110 cc sampai 125 cc ada di kisaran Rp40 ribu hingga Rp50 ribu. Sementara itu, untuk sepeda motor 250 cc barangnya punya harga sekitar Rp150 ribuan.

Sedangkan untuk motor-motor gede alias moge harganya Rp200 ribuan ke atas.

Biar aman dan tak menguras kantong, disarankan untuk memilih produk OEM karena usia pakainya akan lebih lama.

Jenis Relay Starter

Kalau dilihat dari bentuknya ada tiga jenis relay starter motor yang beredar di pasaran saat ini. Di antaranya bendik berbentuk bulat dan kotak yang jamak menempel pada sepeda motor karburator atau injeksi keluaran lawas.

Jenis lainnya ada yang punya bentuk cukup kecil dengan dilengkapi lima kaki. Ini biasanya digunakan pada motor-motor yang sudah menggunakan starter generator.

Baca Juga:

Merawat Starter Electric Motor

Ciri-ciri relay starter motor yang rusak sudah dibahas. Semoga saja Carmudian berhasil mengidentifikasi masalahnya dan melakukan perbaikan.

Masih berhubungan dengan sistem starter electric, dibutuhkan perawatan yang baik agar fungsinya selalu prima. Upaya yang dilakukan bukan cuma fokus pada relay starter, tapi juga menyentuh komponen-komponen lain.

Carmudian bisa melakukan perawatan dengan membersihkan soket atau konektor rangkaian electric starter. Untuk melakukannya, lepas soket menuju tombol starter (umumnya berwarna merah) kemudian bersihkan dengan cairan penetran.

Carmudian juga bisa menggunakan amplas untuk membersihkannya dari kerak-kerak yang menempel di sana.

Khusus motor matic, ada baiknya Carmudian juga mengecek saklar yang terdapat di tuas rem.

Seperti diketahui, untuk menyalakan mesin motor matic menggunakan electric starter, pengguna diharuskan menarik tuas rem terlebih dahulu.

Tak kalah penting adalah selalu mengecek kondisi aki. Untuk aki basah pastikan volume airnya tidak berada di bawah batas minimum.

Dengan begitu, semoga electric starter sepeda motor Carmudian selalu tokcer!

 

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts