HomeMobilCiri Mobil Bekas Tabrakan, Bikin Penampilannya Kurang Ganteng

Ciri Mobil Bekas Tabrakan, Bikin Penampilannya Kurang Ganteng

mobil bekas tabrakan
Hati-hati Saat Beli Mobil Bekas, Kita Harus Tahu Ciri Bekas Tabrakan. Foto: Ilustrasi

Jakarta – Membeli mobil bekas sekarang ini menjadi pilihan paling realsitis bagi sebagian orang karena harganya yang lebih terjangkau. Saat ingin membeli mobil bekas, pastikan tidak ada masalah apapun pada unit yang akan kalian pilih. Kali ini, Carmudi akan membahas ciri mobil bekas tabrakan yang kadang tidak diketahui.

Sebelum kalian membeli mobil bekas ada baiknya memperhatikan beberapa hal. Pastikan mobil tersebut dalam kondisi baik, bukan bekas banjir, atau pernah kecelakaan atau mobil bekas tabrakan. Nah, kasus mobil bekas tabrakan ini cukup sulit dikenali, dan agak sulit mengecek ciri atau tanda bekas tabrakan tersebut.

Bodi mobil yang tadinya hancur bisa saja diperbaiki dan dipoles lagi. Trik yang biasanya dilakukan oleh para penjual mobil bekas tabrakan adalah dengan pasang harga semurah mungkin, sehingga mobil tersebut cepat laku.

Kalian jangan sampai terkecoh dan membeli mobil yang sudah pernah mengalami tabrakan. Mobil bekas tabrakan bila diperhatikan bisa terlihat dari kondisinya yang sudah tidak lagi sempurna. Akan tampak bekas penyok di beberapa bagian yang terkena dampak tabrakan sulit untuk diperbaiki kembali.

Jika mobil pernah mengalami tabrakan yang parah lalu direparasi, maka soal kenyamanan berkendara akan berbeda. Misalnya saja sasis atau rangka yang sudah pernah mengalami benturan jelas tidak sekokoh saat baru keluar dari pabrik sekalipun sudah diperbaiki. Akan ada kinerja yang menurun dan sulit dikembalikan seperti semula.

Mencari Tahu Ciri Mobil Bekas Tabrakan, Perlu Memeriksa Secara Teliti

mobil bekas tabrakan
cek mesin mobil bekas tabrakan. Foto: Istimewa

Mobil bekas tabrakan bisa diperbaiki, tapi tidak akan kembali normal seperti kondisi sebelumnya. Kalian memang harus lakukan pengecekan terhadap mobil secara teliti.

Bodi mobil tentunya mendapat efek terburuk setelah mengalami tabrakan. Bagian luar kendaraan bisa penyok, bahkan remuk akibat hantaman.

Sehebat apapun bengkel body repair, mereka hanya bisa mengklaim bisa memperbaiki mobil bekas tabrakan. Secara sekilas terlihat seperti tidak ada bekas tabrakan sama sekali. Bila diperika secara teliti, efek dari tabrakan tidak bisa dihilangkan.

Memeriksa Tiap Panel Kendaraan

mobil bekas tabrakan
Lekukan bodi dan cat pada mobil bekas tabrakan. Foto: Istimewa

Cara yang biasanya digunakan untuk memperbaiki bodi mobil setelah tabrakan adalah dengan membawanya ke bengkel ketok magic. Di bengkel tersebut, bodi yang rusak dan penyok akan ‘diketok’ dibentuk kembali seperti semula.

Salah satu ciri mobil bekas tabrakan dapat dilihat pada kondisi bodi yang melenceng pada bagian lekukan. Jika tabrakan cukup keras, maka akan ada panel bodi yang bengkok, atau remuk kemudian diganti. Apabila panelnya ganti baru mungkin masih oke, tapi bila cuma diperbaiki maka kondisinya tidak serapi sebelum tabrakan.

Seringkali, bagian sambungan pada bodi mobil bekas tabrakan jadi tampak tidak rata. Pada celah antar panel nya tidak simetris. Misalnya saat menutup pintu, lihat apakah posisi pintu tersebut rata atau tidak. Pengecekan ini juga bisa diterapkan pada kap mesin, bagasi dan panel lainnya.

Memeriksa Celah dan Sambungan Body dan Bemper

Paling sering pada kasus tabrakan di bagian depan, dudukan bemper jadi patah atau meleyot. Bemper yang berfungsi untuk melindungi mobil juga tidak jarang penyok bahkan hancur. Tidak jarang, meskipun cuma penyok namun dudukan bemper ikut bonyok bahkan patah.

Nah, dudukan bumper dengan bodi mobil akan memiliki celah yang tidak sama rata karena bodi penyok setelah tabrakan. Perhatikan dengan seksama celah yang ada pada bagian bemper depan mobil dengan grill atau lampu dan panel body fender.

Kamu bisa bandingkan dan mengecek celah-celah antara bodi dengan bumper di tiap sisi. Bandingkan seksama antara bumper depan dan belakang apakah ada celah yang sama rata atau tidak.

Permukaan Kap Mesin Ada ‘Keriting’

Mobil Setnov
Mobil Toyota Fortuner yang mengalami tabrakan milik Setya Novanto. Foto: Istimewa.

mobil bekas tabrakan kadang pada beberapa bagian dari mobil nampak meninggalkan bekas yang tipis. Walaupun pemilik sebelumnya pasti berusaha untuk menutupinya, namun bisa terlihat secara samar-samar. Untuk tabrakan bagian depan, kita perlu memeriksa bagian kap mesinnya.

Kap mobil bagian depan tidak akan bisa memiliki bentuk yang simetris jika pernah mengalami kecelakaan. Kalian perlu meraba secara perlahan kap mesin mobil yang akan dibeli, lalu bandingkan dengan bodi bagian kiri dan kanan depan.

Buka juga bagian kap mesin, supaya kita bisa melihat dari sisi bagian dalam body, adakah bagian yang keriting atau tidak. Apabila ada celah yang lebih besar di antara kap dengan bodinya, maka ada kemungkinan besar kap mesin mobil itu sudah direparasi.

Cara Mengetahui Mobil Bekas Tabrakan, Periksa Bagian Rangka dan Tulang Mobil

Bengkel Cat
Bengkel Rendy Specialist Body Repair dan Cat di kawasan Depok, Jawa Barat. Foto/Carmudi Indonesia/Zie

Sangat sulit untuk mengetahui apakah rangka di mobil yang kamu inginkan masih memiliki struktur baik atau sudah penyok. Benturan yang cukup keras bahkan membuat tulang di balik bemper patah. Cara memperbaiki mobil yang penyok akibat tabrakan adalah dengan mengelas tulang dan rangkanya.

Karena jika tulang dan rangka ini tidak diperbaiki, maka bodi mobil tidak akan terpasang sempurna dan membuat mobil menjadi tidak aman dikendarai. Bengkel spesialis body repair yang sangat ahli ini bisa menutupi bekas las-lasan tersebut.

Karat pada sasis juga perlu diperhatikan, karena sasis yang bekas dilas biasanya setelah sekian lama cenderung menjadi berkarat. Sebab, pengelasan mobil dari pabrik akan melewati proses pencelupan anti karat.

Apabila cuma body yang kurang lempeng, itu masih bisa dimaklumi asalkan rangka tetap utuh mulus tanpa las-lasan. Bisa dibilang tabrakan yang dialami tidak terlalu parah, dan bila diperbaiki dengan baik, maka tidak akan mengganggu fungsi mobil.

Tanda-tanda Sasis Mobil Miring

Mobil lari anjing (Foto: News Flare)

Tidak jarang, kita melihat ada mobil yang lari anjing. Seperti anjing berlari, posisi bodinya miring begitu dan juga disebabkan karena rangka yang sudah meleyot atau tidak center. Mobil lari anjing biasa terjadi saat tumbukan keras terhadap batang sasis.

Sasis yang sudah tidak lurus bisa terlihat dari titik axle atau biasa disebut gardan. Biasanya, ada pergeseran di bagian samping, maka posisi ban kiri depan dan belakang tidak akan sejajar begitu juga dengan bagian kanan.

Bila mobil sudah kena rangka, pastinya jangan diambil, karena cukup sulit mengembalikannya supaya lurus. Untuk mengetahuinya, bisa dari gejala ini ketika akan berbelok, setir akan terasa berat sebelah. Handling mobil akan kacau dan berantakan.

Namun, tetap saja lelehan besi atau panel yang terbakar api las masih terlihat kehitaman sekalipun ditutupi dengan cat. Ada tiga tempat dimana kalian bisa memeriksanya. Lihat bagian kolong, ruang mesin dan bagasi. Jika melihat ada bekas las atau ketokan, maka itu adalah salah satu indikasi jelas mobil pernah mengalami tabrakan.

Ciri Mobil Bekas Tabrakan, Body Belang dan Banyak Dempulan

Biaya cat bemper mobil mulai dari Rp 350 ribu (Foto: Dokter Body Mobil)

Dempul sejak dulu hingga kini jadi bahan ampuh untuk merapikan permukaan body yang penyok sebelum dicat. Mobil yang pernah mengalami tabrakan pasti perlu melakukan perbaikan body dan mengecat ulang.

Untuk mengecek kondisi mobil bekas tabrakan atau bukan, kita bisa mengetuk tiap panel bodynya. Cara ini memang sedikit kuno, tetapi masih cukup ampuh karena mobil yang belum pernah mengalami perbaikan bodi akan menghasilkan bunyi yang garing saat diketuk.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah mobil tersebut bekas tabrakan atau tidak adalah dengan memperhatikan perbedaan warna pada tiap panel bodi mobil. Pada mobil bekas tabrakan, kadang akan terlihat perbedaan warna, antara bagian yang satu dengan bagian lainnya.

Memeriksa Kualitas Cat di Mobil Bekas Tabrakan

Hasil cat bemper mobil di bengkel umum (Foto: Bengkel Cahabat)

Saat memperhatikan cat bodi sebaiknya lihat dari dekat, karena pengecekan ini membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Sebagai contoh, perhatikan bagian tutup tangki dengan bagian dekat lampu belakang, pada mobil bekas tabrakan akan tampak perbedaannya.

Perhatikan kualitas catnya, jika terdapat perbedaan warna dan tekstur pada panel bodi, maka jadi indikasi kuat bahwa mobil tersebut bekas tabrakan. Mobil yang pernah dicat ulang kadang terlihat belang pada warna antar panelnya.

Sentuh permukaan panel bodi mobil dengan tangan. Cat yang asli bawaan pabrik akan terasa halus dan lembut saat disentuh. Sebaliknya, permukaan pada panel bodi mobil bekas tabrakan yang dicat ulang akan terasa kasar. Cara ini juga lebih meyakinkan apakah mobil tersebut pernah dicat ulang karena nabrak atau hanya melakukan pengecatan biasa.

Periksa Nat Body di Balik Karet

Ciri Mobil Bekas Tabrakan di Karet Nat

Karet-karet di kap atau pintu yang terlihat baru juga bisa menyimpan suatu kecurigaan menutupi borok bekas tabrakan. Kap mesin dan bagasi terdapat karet-karet untuk melindungi bodi saat sedang ditutup. Sedangkan jika bagian itu tertabrak maka karet-karet bisa mengalami kerusakan dan harus dilakukan penggantian.

Mintalah izin kepada penjual untuk membuka bagian karet tersebut. Karena body di balik karetnya bisa menunjukkan fakta apabila pernah tabrakan atau tidak. Apabila body masih lurus alami khas buatan pabrik, maka penggantian karet ini semata untuk perawatan rutin atau peredaman kabin yang lebih baik.

Periksa Engsel Pintu Mobil Bagian Depan

Saat terjadi tabrakan yang cukup parah, efek benturan bisa mengenai bagian pilar A tempat engsel pintu. Cara memeriksa apakah pilar ini masih lurus atau tidak yaitu dengan membuka dan menutup pintu secara berulang. Dari sini kalian bisa tahu secara langsung apakah bagian pintu tersebut masih sesuai dengan bentuknya atau tidak.

Jika saat dibuka atau ditutup mengeluarkan decitan atau justru sulit untuk dibuka-tutup, maka pintu tersebut bisa dipastikan penyok dan ada kemungkinan mobil bekas tabrakan.

Bocor dari Kaca Depan Atau Belakang, Ciri Mobil Bekas Tabrakan?

mobil bekas tabrakan
Ganti kaca mobil bekas tabrakan

Kaca sebenarnya sama seperti body mobil, yaitu slow moving part. Artinya, apabila kaca pernah diganti perlu dicurigai apa penyebabnya. Kalau misalnya diganti karena disambit batu mungkin bisa kita maklumi, tapi bagaimana kalau pecah karena tabrakan?

Saat terjadi benturan cukup keras, panel body yang jadi penopang kaca bisa ikut terguncang dan membuat kaca pecah. Untuk itu, coba lakukan pengecekan pada kedua bagian tersebut. Bila pemasangannya tampak tak presisi, bisa jadi salah satu ciri-ciri mobil bekas tabrakan.

Karena benturan tadi, membuat body penopang kaca bisa tidak lurus. Akibatnya, pemasangan kaca jadi tidak presisi dan jadi penyebab kebocoran. Air hujan bisa merembes lewat celah-celahnya dan mengakibatkan interior mobil jadi basah.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Previous post
3 Cara Mudah Melindungi Mobil Kesayangan dari Karat
Next post
All New Hyundai Tucson Diuji Intensif di Pegunungan Alpen