Berita Mobil

Civic Hatchback Tak Cukup, Honda Hadirkan Versi Ganas Civic Type R di GIIAS 2017

Tangerang – Untuk pertama kalinya dalam sejarah, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek mobil Honda di Indonesia membawa line up hatchback legendaris terganasnya di dunia ke Indonesia. Yup, akhirnya Honda Civic Type R resmi masuk ke Indonesia!

Bukan hanya jadi tipe termahal Honda di Indonesia, namun Honda Civic Type R baru ini juga sekaligus jadi line up tersangar, terkuat dan terkencang yang pernah diresmikan HPM di tanah air.

Civic Type R

Ini dia Civic terpanas dari Honda (Carmudi Indonesia – Sano)

“Kami mempersembahkan sebuah kejutan baru, pertama kalinya hadir di Indonesia yaitu Civic Type R. Model ini akan memperluas lini mobil Civic dalam memenuhi kebutuhan dan gaya hidup pelanggan di Indonesia sekaligus mengukuhkan DNA Honda sebagai mobil sporty,” ujar Jonfis Fandy, Aftersales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor.

Honda Civic Type R Pakai Basis yang Sama dengan Civic Hatchback

Menggunakan basis yang sama dengan Honda Civic Hatchback, Civic Type R ini terlihat jauh lebih beringas berkat banyaknya ubahan dari segi eksterior.

Paling terlihat, fascia depan Civic Hatchback yang sudah ekstra-sangar dipermak lagi. Lampu LED dibuat lebih gelap menjadi model smoked, bumper depan dibuat lebih agresif dengan gril radiator lebih masif.

Civic Type R

Tampang depan Civic Type R (Carmudi Indonesia – Sano)

Namun dibuatkan juga jalur udara di samping air dam depan, untuk mencegah terjadinya turbulensi terjadi di samping ban depan sehingga menjaga kestabilan Civic Type R di kecepatan tinggi.

Seperti Type R sebelumnya pun, bagian bawah dibuat rata, begitu pula hadirnya diffuser dan spoiler ekstra besar yang selain meningkatkan downforce sembari menurunkan drag, juga membuat anda memastikan tidak salah kalau ini adalah Civic Type R momen begitu melihatnya.

Oh dan jangan lupa, tiga knalpot asimetris yang akan membuat bulu kuduk anda merinding begitu mendengar mesin berturbo ini berteriak sampai 7.000 rpm juga jadi pembeda Civic Type R dari Hatchback standar.

Bicara mesin, di bawah kap mesinnya masih digunakan mesin K20C1 seperti Civic Type R sebelumnya. Kapasitas 1.996 cc dan turbochargernya sanggup menghasilkan tenaga maksimum 306 hp di 6.500 rpm dan torsi 400 Nm yang sudah bisa diraih dari 2.500 rpm.

Civic Type R

Bokong seksi Civic Type R (Carmudi Indonesia – Sano)

Memaksimalkan performa mesin tersebut, diberikan mode berkendara yaitu Comfort, Sport dan Track yang dapat mempengaruhi output damper, respon gas, kontrol stabilitas dan kontrol traksi.

Oh iya, Honda Civic Type R ini juga belum lama memecahkan rekor waktu tercepat untuk mobil berpenggerak roda depan di Green Hell alias Nürburgring Nordschleife dengan waktu 7.43 detik. Jadi, sudah pasti jauh lebih kencang dibandinh Civic biasa kan?

Penasaran detail, perbedaan dengan Civic Turbo dan harganya? Tunggu artikel kami selanjutnya ya…

Penulis: Fransiscus Rosano

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts