Home » Berita » Cold Air Intake dan Throttle Body Spacer, Apa Itu?

Cold Air Intake dan Throttle Body Spacer, Apa Itu?

Jakarta – Banyak orang saat ini yang menilai kalau tenaga bawaan pada mobilnya dirasa kurang bertenaga. Maka dari itu, cukup banyak orang yang melakukan ubahan atau modifikasi di bagian mesin guna mendongkrak performa mobil. Tetapi, banyak juga pengguna mobil yang ternyata enggan mengutak-atik mesin mobil miliknya dengan alasan keamanan. Tetapi, sebenarnya ada cara lain yang dapat digunakan untuk memperbaiki performa mobil.

Salah satu caranya yang dapat dilakukan adalah memasang dua perangkat tambahan ini. Ia adalah Cold Air Intake (CAI) dan Throttle Body Spacer. Bagi sebagian orang mungkin kedua alat ini terdengar tidak asing. Tetapi sebenarnya masih banyak juga yang belum paham mengenai hal ini. Maka dari itu, agar lebih paham yuk dibahas bersama-sama.

Cold Air Intake

Perangkat Cold Air Intake ini merupakan alat penambah tenaga yang sering sekali dipasang pada mobil modifikasi. Cold Air Intake atau sering disebut CAI ini merupakan cara untuk mengubah lubang hisap ke lokasi yang lebih dingin. Di Indonesia, biasanya posisi lubang penghisap udara akan dipindahkan ke bagian yang lebih dingin dan jauh dari mesin.

Cold Air Intake
Cold Air Intake

Dengan menjauhkan dari panas mesin, diharapkan pasokan udara yang dibutuhkan oleh mesin akan lebih baik. CAI ini juga diklaim akan memberikan udara segar untuk mobil yang sedang melaju dengan kecepatan tinggi. Dari segi fungsi, CAI ini bisa dibilang bisa menambah tenaga mobil dan membuat mobil jadi lebih irit bahan bakar.

Selain itu, bunyi menggelitik pada mesin juga akan berkurang kabarnya. Selain itu, mesin pada saat menanjak menjadi lebih bertenaga. Namun berdasarkan testimoni dari yang sudah pakai tidak semua hal yang dijabarkan ini benar. CAI ini sendiri tetap memiliki kelemahan yang sebenarnya harus diperhatikan oleh sang pemilik kendaraan.

Cold Air Intake
Cold Air Intake

Salah satu kelemahannya adalah selang vakum yang menjadi satu dengan rem. Dalam beberapa kasus, pernah ditemui jika Cold Air Intake ini terkadang membuat rem menjadi blong. Walau terasa menambah tenaga tapi terkadang modifikasi ini berpotensi untuk membuat rem menjadi blong. Ini banyak terjadi pada implementasi Cold Air Intake yang menggunakan model kompressor. Memang ada kekurangan dan kelebihan, sebelum memasang lebih baik dibicarakan dengan pihak bengkel dulu ya.

Throttle Body Spacer

Selain Cold Air Intake, cara selanjutnya yang dapat digunakan untuk mendongkrak tenaga mobil dan membuat konsumsi bahan bakar menjadi irit adalah throttle body spacer. Throttle body spacer merupakan alat yang mampu menambah kecepatan udara yang masuk ke ruang bakar agar lebih cepat dan banyak. Kandungan oksigen pun lebih melimpah, sehingga pembakaran bisa semakin sempurna. Alhasil kinerja mesin jauh lebih efisien dan optimal.

Throttle Body Spacer
Throttle Body Spacer

Cara ini dinilai menjadi cara yang paling mudah dalam mendongkrak torsi. Alat ini jika diibaratkan merupakan alat yang memanipulasi alur udara yang dihisap melalui corong filter udara. Pada awalnya kalau tidak memakai alat ini, alirannya menjadi turbulen. Lalu, apa fungsi dari memanipulasi ini? Tentunya membuat pasokan udara yang masuk menjadi lebih baik.

Bentuk throttle body spacer ini berbeda-beda setiap merk dan jenis mobil. Terutama soal ketebalan, yang sudah diukur agar masuk dan cocok dengan throttle body bawaan mobil. Throttle body spacer ini dipasang tepat di bagian throttle body yang ada pada mobil injeksi.

Throttle Body Spacer
Throttle Body Spacer

Bagaimana, sudah lebih paham mengenai Cold Air Intake dan Throttle Body Spacer ini? Jika ingin melakukan modifikasi, ada baiknya Anda mencari tahu lebih dalam kepada orang yang sudah pernah menggunakan. Jangan sampai modifikasi menyusahkan diri sendiri ya guys!

Bengkel suzuki
Previous post
Jaga Kepuasan Pelanggan, Suzuki Tingkatkan Layanan Purna Jual
All New Nissan Livina
Next post
Xpander Kedatangan "Saudara Kembar", Mitsubishi Justru Senang