Home » Berita » Parade Mobil Langka Pasca Perang Dunia II Pertama di Indonesia Digelar Akhir Pekan Depan

Parade Mobil Langka Pasca Perang Dunia II Pertama di Indonesia Digelar Akhir Pekan Depan

Concours d’Elegance akan digelar di Indonesia untuk pertama kali. (Foto: Carmudi/Yongki)

Jakarta – Indonesia patut berbangga, meskipun belum mencapai tahap negara maju tapi punya sejarah otomotif yang menarik untuk disimak. Pasalnya, kolektor otomotif di negara kita menyimpan cukup banyak koleksi mobil klasik nan langka di dunia. Untuk membangkitkan memori soal mobil klasik, pada 21 September nanti untuk pertama kalinya akan diselenggarakan acara Concours d’Elegance di Indonesia.

Parade mobil eksotis ini bertempat di hotel Four Seasons, Jakarta pada Sabtu-Minggu mendatang. Concours d’Elegance akan menampilkan sekitar 30 unit mobil dan motor keluaran 1950-1980. Tidak hanya menampilkan mobil langka, pameran Concours d’Elegance juga sekaligus menilai hasil restorasi tiap kendaraan seasli mungkin.

“Concours d’Elegance yang dinilai elegannya dan keasliannya. Kita melihat effort kolektor yang merestorasi mobil sampai dengan kondisi mendekati aslinya saat keluar dari pabrik,” ujar Stanley Atmaja selaku Sekjen Indonesia Classic Cars Owners Club, Senin (16/9/2019).

Stanley menuturkan bila dalam penilaian saat Concours d’Elegance turut mengundang pakar otomotif kenamaan dunia. Salah satu juri yang akan menilai langsung karya restorasi mobil langka ini ialah Valentino Balboni. Ia adalah Chief Test Driver Lamborghini di era founders masih hidup yaitu Ferrucio Lamborghini.

Bagi para pemilik mobil klasik, keikutsertaan dalam Concours d’Elegance jelas membanggakan. Sebab, mereka bisa menunjukkan hasil jerih payah membangun mobil tua agar kembali ke kondisi aslinya seperti baru keluar dari pabrik. Tentunya, restorasi asal-asalan dengan part mobil yang asal kanibal tidak bisa ikut serta dalam pameran mobil langka pertama di Indonesia ini.

“Betapa besar effort mereka mengembalikan ke aslinya. Di acara Concours d’Elegance, Kolektor bisa membanggakan koleksinya. Kami juga dalam menyeleksi member, mobil harus orisinal bukan asal jadi,” jelas Stanley.

Morgan Super Sport 1934 di Concours d’Elegance. (Foto: Carmudi/Yongki)

Concours d’Elegance, Pameran Mobil Langka Bertaraf Internasional

Ajang Concours d’Elegance di Indonesia nanti sebenarnya merupakan rangkaian parade mobil klasik dalam jagat otomotif sedunia. Parade mobil eksotis ini bermula dari Perancis pada abad ke-17. Concours d’Elegance yang berarti kompetisi para elegan saat itu menampilkan parade kereta kuda kalangan bangsawan yang desainnya eksotis.

Dengan mengikuti perkembangan teknologi, kereta kuda tadi posisinya telah tergantikan dengan mobil. Sebagaimana penyelenggaraan Concours d’Elegance di luar negeri, ajang ini akan menilai karya restorasi berdasarkan kondisi, orisinalitas, sejarah, dan akurasi detail tiap bagian yang dipasang.

“Saat penilaian nanti, si juri minta pemilik buka kap untuk lihat mesin, radiator. Jadi, Bukan Mercy mesinnya (Toyota) Kijang,” tuturnya.

Beberapa mobil langka yang akan ambil bagian dalam Concours d’Elegance yakni Aston Martin DB5, Lamborghini Miura, Austin Healey lalu MGA keluaran 1956. Sementara untuk roda dua, akan tampil sosok BMW R47, BMW R69S, Norton 1957,dan banyak lagi lainnya.

Salah satu mobil klasik di Concours d’Elegance. (Foto: Carmudi/Yongki)

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Ini Tips Beli Mobil Klasik Berkualitas dengan Bujet Terbatas

All New Honda Brio Satya - Eksterior (Carmudi/Fransiscus Rosano)
Previous post
Honda Brio Masih Jadi yang Terlaris Selama Agustus 2019
Next post
‎Harga Naik Rp1,4 Jutaan, Ini yang Berubah di Toyota New Calya