Home » Berita » Corolla Cross Jadi Mobil Hybrid Termurah dari Toyota

Corolla Cross Jadi Mobil Hybrid Termurah dari Toyota

Toyota Corolla Cross (Foto: TAM)

Jakarta – Anton Jimmi Suwandy Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) pernah mengungkapkan bahwa perusahaan akan mendatangkan satu produk mobil elektrifikasi (kendaraan listrik berbasis baterai) ke Indonesia tahun ini. Kala itu dirinya menolak memberikan penjelasan lebih detail terkait produk yang dimaksud. Setelah dibayang-bayangi oleh rasa penasaran, akhirnya hari ini, Kamis (6/8/2020) Toyota menjawab mobil elektrifikasi yang dimaksud, yaitu Toyota Corolla Cross hybrid.

Kehadiran Toyota Corolla Cross hybrid menambah ramai jajaran mobil Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang diniagakan oleh TAM sekarang ini. Corolla Cross HEV menjadi produk ke-7 dalam keluarga Toyota di Indonesia yang menggunakan teknologi elektrifikasi, dimulai oleh Toyota Prius HEV, diteruskan oleh Camry HEV, Alphard HEV, Corolla Altis HEV, C-HR HEV, dan Prius PHEV.

Tidak cuma sekadar pendatang baru saja, Toyota Corolla Cross hybrid ditawarkan dengan harga yang jauh lebih terjangkau dibanding model hybrid Toyota lainnya. Toyota Corolla Cross hybrid dibanderol tidak sampai Rp500 juta (on the road Jakarta) atau tepatnya Rp497,8 juta. Sedangkan model hybrid Toyota lainnya dijual dengan harga di atas Rp500 juta bahkan ada yang mencapai Rp1 miliar.

“Ini menjadi mobil hybrid termurah di jajaran produk Toyota,” Anton Jimmi Suwandy pada saat acara peluncuran Corolla Cross yang disiarkan lewat kanal Youtube Toyota Indonesia.

Sebagai gambaran berikut ini daftar harga mobil hybrid Toyota (kecuali Prius HEV karena tidak tercantum) seperti dikutip dari situs web resminya:

Toyota C-HR Hybrid

  • C-HR 1.8 HV A/T Single Tone Rp546,29 juta
  • C-HR 1.8 HV A/T Dual Tone Rp547,79 juta

Toyota Corolla Altis Hybrid

  • Corolla Altis 1.8L Hybrid A/T Rp586,25 juta

Toyota Camry Hybrid

  • Camry 2.5 L A/T Hybrid Rp842,15 juta

Toyota Prius PHEV

  • Prius PHEV Rp884 juta.

Toyota Alphard Hybrid

  • Alphard Rp1,41 miliar (harga 2019).

Mesin Toyota Corolla Cross Hybrid

Corolla Cross menjadi mobil hybrid termurah dari Toyota (Foto: TAM)

Toyota Corolla Cross hybrid memiliki mesin bensin dengan kode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 96 hp dan torsi puncak 14,5 Kgm. Terdapat pula motor listrik dengan kemampuan mengeluarkan daya 71 hp dan torsi sebesar 16,6 Kgm.

Toyota mengklaim Corolla Cross hybrid irit bahan bakar dan emisi CO2 lebih rendah daripada model bensin. Kendati efisien bahan bakar, namun tetap dapat menghadirkan performa dan kesenangan berkendara bagi penggunanya.

Khusus konsumen yang membeli Toyota Corolla Cross hybrid bisa mendapatkan tambahan garansi baterai 2 tahun atau 50.000 km. Sehingga total garansi yang didapat menjadi 5 tahun atau 150.000 km (tergantung mana yang tercapai lebih dahulu).

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Resmi Meluncur, Harga Toyota Corolla Cross Lebih Murah dari Fortuner

harga toyota corolla cross
Previous post
Resmi Meluncur, Harga Toyota Corolla Cross Lebih Murah dari Fortuner
Next post
Begini Cara Kerja Sistem Quick Shifter di Ninja ZX-25R dan CBR250RR SP