Berita Sepeda motor

Cuma Marquez yang Bisa Jinakkan Honda RC213V musim ini

Pebalap Repsol Honda sulit menjinakkan Honda RC213V

Amsterdam – Marc Marquez berhasil digdaya dalam tiga musim beruntun menunggangi Honda RC213V. Menurut desas-desus motor ini dikenal liar dan sulit dikendalikan. Ini terbukti saat Jorge Lorenzo mengalami kecelakaan karena sulit menjinakkan RC213V saat sesi latihan bebas di Assen, Belanda, akhir pekan lalu.

X-Fuera kehilangan grip depan di Tikungan 7 dan terjatuh. Spaniard sempat berguling di gravel beberapa kali dan akibatnya, ia cedera fraktur tulang belakang. Jorge pun harus absen dalam balapan Assen serta Sachsenring.

Berbeda dari musim-musim sebelumnya, kali ini Honda RC213V semakin liar dan Marquez pun juga mengeluhkan hal serupa. Namun, bukan Marquez namanya kalau tidak bisa menjinakkan kuda besi tercepat Honda itu. Lorenzo harus bernasib buruk karena terjatuh saat sesi free practice di Assen akibat sulit mengendalikan RC213V.

“Kecelakaannya pada Jorge menunjukkan kami tidak memiliki motor termudah di grid. Cal (Crutchlow) dan saya, kami punya komentar yang sangat mirip, dan juga Takaaki (Nakagami). Namun untuk Jorge terkadang melakukan adaptasi dengan cara berbeda,” ujar Marc sebagaimana dikutip Motorsport.

dengan Marc Marquez mengakui tikungan cepat Assen menunjukkan semua masalah itu. Pihak Honda Racing Team sebenarnya tidak tinggal diam menghadapi keluhan para pebalap mereka yang kesulitan menjinakkan RC213V.

Pihak Honda berusaha membenahi tunggangan sesuai dengan masukan dari para pebalap. Sebagai contoh, motor yang digunakan oleh Lorenzo mengalami ubahan di bagian tangki menyesuaikan gaya balap sang Spaniard.

“Di Assen semua masalah ini ada di sana, terutama di tikungan cepat. Tetapi pada saat ini, kami dapat berada di sana dan Honda bekerja sangat baik. Namun kami berusaha untuk bekerja, mencoba menganalisis semua masalah itu dan mencoba untuk meningkatkan kemampuan,” jelas pebalap yang dijuluki The Baby Alien itu.

Lorenzo Nahas di Assen, Marquez podium kedua berkat Honda RC213V

Honda RC213V tunggangan Lorenzo hancur di Assen

X-Fuera kecelakaan di Tikungan 7 saat menjalani sesi latihan bebas pertama, Jumat (28/6) pagi. Disinyalir, Lorenzo terjatuh karena tidak sanggup mengendalikan RC213V di tikungan cepat. Hasil diagnosis menunjukkan ia cedera fraktur tulang belakang usai terjatuh dan berguling di gravel.

Insiden ini semakin memperburuk citra Honda RC213V yang tidak ramah pebalap di tikungan cepat. Akibatnya, posisi Lorenzo yang absen di balap Assen dan Sachsenring terpaksa digantikan oleh Stefan Bradl yang merupakan pebalap tes Honda. Sekali lagi, Marc Marquez berhasil membuktikan diri sanggup menjinakkan Honda RC213V yang mengantarkannya finish di posisi kedua GP Assen akhir pekan lalu.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts

/