HomeModifikasiDaftar Aksesoris yang Berguna Dipasang ke Toyota Avanza 2019

Daftar Aksesoris yang Berguna Dipasang ke Toyota Avanza 2019

Aksesoris Toyota Avanza
Aksesoris Toyota Avanza

Jakarta – Toyota Avanza 2019 atau dikenal dengan nama New Avanza bisa dibilang tetap jadi pilihan utama MPV di Indonesia. Mobil ini dianggap punya banyak kelebihan bagi fans beratnya.

Apalagi ditambah merek Toyota yang dianggap jadi salah satu merek dewa. Tapi harus diakui, banyak orang yang ternyata senang melakukan modifikasi. 

Banyak orang memasangkan berbagai aksesoris pada Toyota Avanza 2019 ini. Nah, mau melakukan modifikasi sih sebenarnya sah-sah aja. 

Tapi harus diketahui dulu manfaat dari pemasangan aksesoris yang mau dipasang. Soalnya masih banyak juga orang yang memasang aksesoris karena ikut-ikutan bukan fungsi. 

Sebenarnya ada banyak aksesoris yang bisa dipasangkan di mobil keluarga sejuta umat ini. Kira-kira, apa saja ya aksesoris yang cocok untuk dipasang di Toyota Avanza 2019 ini?

Roof Rack

Nah, buat yang sering touring sih aksesoris yang satu ini rasanya benar-benar bisa sangat berguna. Selain bisa untuk membawa barang, roof rack juga bisa membuat mobil jadi lebih keren. 

Roof rack ini pastinya bisa berfungsi banget buat menaruh barang di atas mobil. Untuk perjalanan jauh, kabin jadi lebih lega karena barang ditaruh di bagian atas. Tapi, harga roof rack juga enggak murah, lho.

Roof Rack Untuk Menyimpan Barang Tambahan yang Ringan (Foto: Bukalapak)

Harga roof rack untuk Toyota Avanza 2019 ini beragam. Mulai dari Rp400 ribuan sampai Rp6 jutaan tergantung merek yang ditawarkan.

Roof Box

Kalau sudah beli roof rack, jangan lupa untuk membeli roof box. Sebenarnya bisa saja barangnya ditaruh di atas roof racknya saja. Tapi, kalau pakai roof box bawaan jadi lebih aman.

Karena barang tersebut nantinya akan ditaruh di dalam roof box. Roof box sendiri terbuat dari bahan plastik yang kuat.

Yakima CBX, roofbox dengan solar panel
Yakima CBX, roofbox dengan solar panel

Barang yang ditaruh di dalam roof box bisa dipastikan bakal terhindar dari panas matahari dan air hujan. Penumpang tenang, bawaan pun jadi lebih aman. Harga roof box berkisar Rp2 jutaan sampai belasan juta rupiah.

Kamera Mundur

Kamera mundur yang ada dimobil biasanya cuma ada di varian tertinggi. Aksesoris ini jadi salah satu aksesoris yang lumayan berguna. Tapi, pastikan kamu sudah punya head unit dengan layar ya buat menampilkan gambar saat mobil sedang mundur.

Sebenarnya harga aksesoris satu ini cukup murah. Di berbagai toko online, harga kamera mundur untuk Toyota Avanza 2019 dijual di kisaran Rp50 ribuan sampai Rp2 jutaan. 

Kamera mundur dari Toyota Veloz

Harga murah dengan harga mahal tentunya punya banyak perbedaan. Salah satunya adalah kualitas gambar, kualitas kabel dan keawetan barang itu sendiri. Kalau mau oke, belilah merek yang sudah lumayan terpercaya. 

Untuk pemasangan bisa dilakukan di berbagai bengkel aksesoris yang ada. Biasanya soket pemasangan sudah disediakan dan semua bersifat plug n play. 

Volt Meter

Komponen yang satu ini masih jarang diaplikasikan di mobil. Tapi, yang tahu manfaat dari aksesoris ini juga sudah banyak. Volt meter ini lebih kepada fungsi pemantau kondisi arus kelistrikan kendaraan.

Alat tersebut nantinya bakal menampilkan nilai arus listrik dari aki mobil. Biasanya angka arus listrik yang baik ada di 12 volt sampai 13,9 volt. Di bawah angka tersebut, biasanya aki sudah berkurang performanya.

toyota avanza 2019
Volt meter universal mobil. (Foto: Jakartanotebook)

Nah, untuk itulah komponen volt meter ini yang memberikan informasi soal nilai arus. Harganya sendiri cukup terjangkau. Namun, komponen ini berkisar Rp80 ribuan sampai Rp700 ribuan. 

Bluetooth Receiver

Toyota Avanza 2019 tidak semuanya dibekali head unit dengan koneksi bluetooth. Untuk mengakalinya, kamu bisa memasang bluetooth receiver. 

Bluetooth receiver ini sangat banyak dijual di toko online dan toko aksesoris otomotif. Biasanya bluetooth receiver ini dipasangkan di lokasi AUX. 

toyota avanza 2019

Tapi, ada juga yang berupa modul yang dipasangkan di dalam head unit. Namun, kalau mau mudah menggunakannya belilah yang model AUX. Cara pakainya juga cukup mudah kok.

Gadget hanya perlu di pairing saja ke bluetooth receiver tersebut. 

Biasanya receiver ini memakai baterai yang harus di charge sebelum dipakai. Dengan alat ini nggak perlu lagi deh ganti head unit supaya bisa pakai bluetooth. Tinggal beli receivernya aja bisa kok!

Camera Recorder

Komponen lain yang nggak kalah berguna adalah camera recorder. Komponen satu ini mulai banyak dipakai oleh berbagai mobil. Karena mampu merekam berbagai kejadian saat di jalan maupun saat mobil parkir.

Biasanya hasil video ini bisa menjadi barang bukti jika seseorang terkena musibah pencurian atau kecelakaan. Biasanya camera recorder ini dipasang di bagian kaca depan atau kaca belakang mobil.

toyota avanza 2019
Camera recorder. (Foto: Tokopedia)

Secara otomatis, kamera akan merekam secara otomatis saat mobil menyala. Harga aksesoris mobil ini juga lumayan murah kok. Di toko online dijual di kisaran Rp100 ribuan sampai Rp2 jutaan.

Soal kualitas, sama seperti harga kamera mundur. Biasanya semaki mahal harga kameranya, akan lebih bagus juga kualitas video yang bisa dihasilkan. 

Spion Retract

Aksesoris Toyota Avanza 2019 terakhir yang mungkin cukup berguna untuk dipasang adalah spion retract. Buat memasang fitur ini, sebenarnya membutuhkan uang yang lumayan mahal bagi sebagian orang. 

Biasanya untuk menambahkan fitur ini berkisar Rp1 jutaan sampai Rp2 jutaan. Komponen aksesoris ini terdiri dari switch, motor elektrik dan perkabelan. Nah, dengan uang kisaran tersebut mobil sudah bisa pakai spion retract nih.

Toyota Avanza 2019
Spion retract Toyota Avanza 2019. (Foto: Bukalapak)

Apalagi aksesoris di atas merupakan aksesoris yang mudah ditemuin di pasaran. Jadi, enggak heran kalau Toyota Avanza 2019 kamu bisa makin keren dan banyak fungsi keren. 

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

karma cayman
Previous post
Karma Rilis Bodykit Baru Untuk Porsche Cayman, Harganya Segini
Next post
Merek Audio Alpine Kembali Hadir ke Indonesia, Ini Deretan Produknya?