Sumber informasi

Daftar Harga BBM Pertamina Terbaru, Pertamax Turbo Tembus Rp12 Ribuan

Jakarta – Daftar harga BBM Pertamina terbaru Oktober 2021 mengalami sedikit pergerakan. Salah satunya yang cukup menarik perhatian adalah naiknya harga Pertamax Turbo.

Sebelumnya harga Pertamax Turbo sendiri berada di kisaran Rp9.850 per liter, kini naik menjadi Rp12.300 per liter.

Perubahan harga tersebut terjadi mengikuti perkembangan harga minyak dan gas dunia.

Harga Pertamina Dex pun terpantau naik dari Rp10.200 per liter menjadi Rp11.150 per liternya.

Kedua bahan bakar tersebut memang dinaikkan mengikuti aturan pemerintah melalui Keputusan Menteri ESDM No.62K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

harga bbm pertamina terbaru oktober

Harga BBM Pertalite (Foto: Pertamina)

Kenaikan tersebut sebenarnya sudah terjadi satu bulan lalu, tepatnya pada 19 September 2021.

Di beberapa wilayah, harga Pertamax Turbo ada yang dibanderol Rp12.500 per liter dan termahal Rp12.700 per liter. Sedangkan Pertamina Dex dibanderol Rp11.350 per liter hingga Rp11.550 per liter

Sementara, Pertalite dan Pertamax di wilayah DKI Jakarta tidak mengalami kenaikan per hari ini, Selasa (26/10/2021).

Harga Pertalite tetap di angka Rp7.650 per liter dan Pertamax Rp9.000 per liternya.

Pertamina Nombok Besar

Pertamina mengaku seharusnya harga Pertalite juga ikut naik. Hal tersebut dikatakan oleh Soerjaningsih, Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Direktorat Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Menurutnya harga normal Pertalite dan Premium sudah seharusnya mengikuti harga keekonomian.

“Pertalite ini seharusnya sudah ada di atas Rp11.000 per liter harga keekonomiannya. Lalu harga Premium sudah Rp9.000 per liternya,” katanya.

harga bbm pertamina terbaru oktober

Pertamina berikan layanan antar BBM ke rumah

Imbasnya, PT Pertamina harus menanggung biaya Rp3 ribu per liter ketika menjual Pertalite. Bahan bakar dengan oktan RON 90 ini bukanlah bahan bakar yang mendapatkan subsidi atau kompensasi dari Pemerintah.

Oleh karena itu, penjualan Pertalite ini dinilai akan menjadi beban Pertamina. Namun, Pertamina tidak menaikkan harga agar tidak menimbulkan keresahan di masyarakat jika menjual Pertalite dengan harga cukup tinggi.

“Ini memang supaya tidak terjadi keresahan di masyarakat karena kenaikan harga cukup tinggi. Sehingga Pertamina sebagai BUMN bisa support kelancaran distribusi BBM yang lebih terjangkau,” sambung Soerjaningsih.

Berikut daftar harga BBM Pertamina terbaru Oktober 2021 di wilayah DKI Jakarta, Jawa, Bali.

  • Pertalite Rp7.650
  • Pertamax Rp9.000
  • Pertamax Turbo Rp12.300
  • Dexlite Rp9.500
  • Pertamina Dex Rp11.150

Baca Juga:

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Santo Sirait

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts