Home » Berita » Daftar Harga MINI 2019, Tak Lagi Kecil Kini Desainnya Semakin Mewah

Daftar Harga MINI 2019, Tak Lagi Kecil Kini Desainnya Semakin Mewah

Jakarta – Di era modern ini, MINI atau yang dulunya lebih dikenal dengan nama MINI Cooper menjelma menjadi salah satu mobil premium dengan desain yang manis. Dimensinya membesar, tidak lagi berukuran kecil pada generasi pertama hingga ketiganya. Dalam artikel ini kami akan membeberkan sejarah dan daftar harga MINI 2019.

Fitur yang ada pada tubuh si kecil ini juga kian bertaburan, tak lagi minim fitur seperti model klasiknya. Tapi, siapa yang menduga jika pada Agustus 1959 Sir Alec Issigonis berhasil menelurkan warisan mobil. Kisah tersebut dimulai di sebuah pabrik kecil yang berlokasi di Longbridge dan Cowley, Inggris.

Sejarah MINI di Dunia

Brand MINI saat ini bermula dari British Motor Corporation (BMC) yang melakukan merger dengan Austin dan Morris. Kedua perusahaan tersebut berencana membuat mobil kecil ringkas, hemat BBM dan berkapasitas besar. Leonard Lord yang merupakan sang pemilik perusahaan selanjutnya menunjuk Alec Issigonis untuk merancang mobil tersebut.

Alec Issigonis pun mulai merancang mobil tersebut sesuai permintaan, dan pekerjaan besar itu dimulai pada 1957. Dua tahun kemudian pada 1959, Alec pun mulai memperkenalkan mobil yang bisa dibilang mampu mengubah dunia. Mengapa? Karena mobil yang dirancang oleh Alec ini mampu memberikan efek sangat besar kepada dunia.

MINI Klasik
Daftar Harga MINI 2019

Mobil tersebut dinamai Austin Mini Seven dan Morris Mini-Minor. 10 tahun kemudian pada 1969, nama perusahaan pun berubah menjadi Mini. Dan Mini pun memproduksi mobil dengan nama resmi barunya pada 1980-an. Mengapa mobil ini disebut sebagai mobil yang mampu mengubah dunia? Pada eranya, Mini mampu mengubah pandangan masyarakat.

Pada saat itu, masyarakat masih menganggap jika mobil yang dibuat haruslah berpenggerak roda belakang. Tetapi, di awal peluncurannya mobil ini menggunakan penggerak roda depan yang posisinya melintang. Hal tersebut menjadi salah satu gerakan yang cukup mengejutkan, mengingat belum ada produsen mobil yang melakukan hal tersebut.

MINI Klasik
Daftar Harga MINI 2019

Jika Anda melihat dimensi dari Mini klasik ini, pasti Anda tidak akan menyangka kalau mobil mungil ini pernah menjadi juara di ajang reli. Ya, mobil ini pernah menjadi juara di ajang Rally Monte Carlo pada 1964, 1965 dan 1967. Yang cukup menarik, mobil ini selalu masuk ke dalam urutan tiga teratas kejuaraan dari tahun 1964 sampai 1968. Gimana gimana, masih mau menganggap remeh?

Diakuisisi BMW

Tahun demi tahun, Mini pun terus melakukan improvisasi dengan merilis produk yang semakin mengikuti zaman. Pada 1988 Rover Group, termasuk Mini diambil alih oleh British Aerospace. Di tahun 1994, Rover Group diakuisisi oleh BMW. Tahun 2000 Rover Group dipecah lagi oleh BMW, dan BMW hanya menyisakan merek Mini saja.

Setelah berusia 42 tahun tepatnya di tahun 2001 silam, Mini pun bertransformasi dengan menghentikan produksinya. Banyak yang tidak menyangka jika Mini akan menghentikan produksinya.

Di era modern ini, Mini pun menjelma menjadi produsen otomotif yang bernaung di bawah BMW Group sebagai mobil yang bermain di segmen premium. Tampilannya membesar, tidak lagi berukuran mini.

MINI 3 Doors
Daftar Harga MINI 2019

Fitur yang ada pada mobil ini juga semakin bertambah banyak, sangat berbeda dengan generasi awal. Desainnya semakin mewah, elegan dan modern berkat adanya campur tangan dari BMW. Tak salah jika model barunya ini langsung mampu menarik minat konsumen dalam waktu yang sangat cepat.

Di Indonesia, ada beberapa mobil yang dijual oleh MINI. Mulai dari MINI 3-Door, 5-Door, Cabrio, Clubman, Countryman, dan versi special dengan tuning balap, John Cooper Works.

Daftar Harga MINI 2019

MINI 3-Door ini lebih menggambarkan MINI di era klasik. Hanya bermodalkan 2 pintu, dengan desain yang menarik. Mobil varian ini dijual dengan 4 harga yang berbeda.

Varian standard dijual Rp 720 juta, Cooper S  Rp 905 juta, Cooper S Red Hot Rp 970 juta dan John Cooper Works dengan harga Rp 1.055 miliar.

Sementara model 5 pintu, mobil ini memiliki wheel base atau sumbu roda yang lebih panjang dibanding dengan 3-doors. Desainnya masih sama, bedanya jumlah pintunya lebih banyak. Untuk varian ini, dijual mulai dari Rp 750 juta untuk Cooper, Cooper S seharga Rp 950 juta dan Cooper S Red Hot seharga Rp 995 jutaan. Bagi pecinta kemudahan akses, mobil dengan 4 pintu ini menjadi varian paling menjawab.

MINI John Cooper Works
Daftar Harga MINI 2019

Untuk masuk ke baris kedua, penumpang tak perlu repot. Karena tinggal membuka pintu saja sudah dapat masuk ke dalam kabin. Berlanjut ke model MINI Cabrio, atau beratapkan kanvas. Model ini menjadi salah satu mobil yang kerap diincar bagi kolektor.

Mobil Kolektor

Mobil dengan atap kanvas yang dapat dibuka tutup dianggap cocok sebagai salah satu barang koleksi. Mobil ini hadir dengan 3 harga yang berbeda mulai dari Cooper Rp 810 juta, Cooper S seharga Rp 970 juta dan John Cooper Works seharga Rp 1,1 miliar.

Atap ini dapat dibuka tutup secara elektrikal dengan waktu singkat, 18 detik saja. Varian berikutnya adalah MINI Clubman, memiliki desain yang hampir sama dengan versi MINI 4 pintu.

Varian ini memiliki perbedaan yang paling jelas di bagian wheelbase dan atap yang lebih rendah atau ceper. MINI menawarkan 3 harga yang berbeda untuk model Clubman ini. MINI Clubman Cooper menjadi varian termurah yang dijual dengan harga Rp 815 juta. Disusul Cooper S seharga Rp 1,005 miliar dan John Cooper Works seharga Rp 1,2 miliar.

MINI Countryman 2019
Daftar Harga MINI 2019

Model ini terlihat lebih elegan dan berkelas dibandingkan dengan versi 4 pintunya. Varian terakhir yang ada pada MINI adalah Countryman, memiliki pintu yang berjumlah 4. Tampilan MINI Countryman ini paling aneh dan mencolok dibanding MINI yang lainnya.

Mobil ini memiliki atap yang terlihat lebih menggembung dibandingkan dengan MINI 4 pintu lainnya. Kelegaan kabin juga menjadi salah satu kelebihan yang dimilikinya.

MINI Countryman termurah dijual dengan harga Rp 699 juta, Cooper S Rp 899 juta dan John Cooper Works dijual dengan harga Rp 1,2 miliaran. Harga yang kami cantumkan di atas merupakan harga yang tertera pada website resmi dari MINI Indonesia per Februari 2019. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Tertarik membeli MINI?(do)

MINI Cooper Clubman
Daftar Harga MINI 2019
Review Spesifikasi dan Harga Nissan Livina Baru 2019
Previous post
Perbandingan Fitur Nissan Livina Baru dengan Mitsubishi Xpander, Mana Lebih Lengkap?
All New Nissan Livina
Next post
Wah, Ternyata Tenaga Mesin All New Nissan Livina dan Xpander Sama