Sumber informasi

Daftar Kode Kedipan Motor Honda, Kenalin Biar Enggak Cemberut!

daftar kode kedipan motor honda

Sepeda motor Honda melakukan servis di AHASS (Foto: AHM)

Jakarta – Daftar kode kedipan motor Honda bagi beberapa orang yang pernah mengalami pasti enggak bikin panik. Tapi, buat mereka yang baru ngerasain lumayan bisa bikin panik karena kode kedipan motor Honda ini enggak diketahui semua orang.

Kode-kode ini biasanya cuma diketahui sama mekanik dari bengkel aja, nih.

Kalau kalian sewaktu-waktu ngalamin hal tersebut, tenang aja, enggak perlu panik. Motor yang berkedip ini enggak sepenuhnya rusak kok.

Motor ini secara tidak langsung ngasih tau ke pemiliknya kalau ada beberapa komponen yang bermasalah. Masalahnya pun ada yang sepele dan lumayan besar.

Tapi biasanya, masalah dari kode kedipan motor Honda ini enggak terlalu besar, kok. Artinya masih bisa di-handle di bengkel resmi.

Tapi memang agak bete aja sih kalau kita sebagai pemilik motor enggak paham arti kodenya. Bakalan lebih enak kalau kita sebagai pemilik motor juga paham kode kedipan motor Honda ini.

Biasanya kode kedipan motor Honda ini disebut sebagai Malfunction Indicator Lamp (MIL).

Kedipan ini terkadang memberi tahu adanya masalah pada sistem injeksi sepeda motor. Tapi, kalau berkedip selama beberapa kali, ada masalah yang wajib segera ditangani.

Pahami 2 Jenis Kode Kedipan Motor Honda

Kode kerusakan injeksi di motor Honda ditandai kedipan pada MIL

Untuk mengidentifikasinya, ada 2 jenis kedipan yang bisa kamu lihat. Pertama adalah kedipan MIL panjang dan kedipan MIL pendek.

Kedipan MIL panjang biasanya akan memberi isyarat nyala lampu yang berkedip selama 1,3 detik. Sedangkan kedipan MIL pendek akan memberi isyarat nyala lampu dengan kedipan lebih cepat, 0,3 detik saja.

Tapi pada beberapa kasus terkadang ditemui kedipan pendek saja. Makanya perhatikan ada berapa kali kedipan panjang dan pendeknya.

Pada motor Honda, biasanya kedipan panjang punya nilai 10 sedangkan kedipan pendek punya nilai 1. Contoh, kedipan panjang berlangsung selama 2 kali dan kedipan pendek berlangsung selama 2 kali.

Ini artinya, kode kedipan yang ada pada motor Honda tersebut adalah 22. Karena 1 kedipan panjang bernilai 10 dan 1 kedipan pendek bernilai 1. Jadi, 2 kedipan panjang setara dengan 20.

Nah, setiap angka kedipan ini punya arti yang berbeda-beda.

Biar makin paham, simak dulu nih beberapa kode kedipan yang biasanya ada di motor Honda.

Daftar Kode Kedipan Motor Honda

Ada 10 daftar kode kedipan motor Honda yang bisa kamu ketahui. Dari yang paling gampang, sampai masalah yang lumayan berat bisa tau dari indikator MIL ini.

  • Manifold Absolute Pressure

Penyakit yang pertama adalah manifold absoulute pressure. Penyakit ini paling gampang buat diketahui dari kedipan karena kedipannya cuma ada sekali.

Biasanya MIL bakalan ngasih tau dengan indikator kedipan nyala lampu yang pendek.

  • Engine / Oil Coolant Temperature

Kode kedua adalah engine atau oil coolant temperature. Biasanya masalah ini ditandai dengan kode kedipan pendek selama 7 kali.

Biasanya ada masalah pada bagian oli atau sistem pendinginan. Misalnya aja cuma kurang oli mesin atau bisa juga kurangnya air radiator.

daftar kode kedipan motor honda

Kedipan MIL menunjukkan kode kerusakan injeksi di motor Honda

  • Throttle Position

Masalah lainnya yang bisa diketahui adalah throttle position. Masalah ini biasanya bakalan memberikan kedipan sebanyak 8 kali.

Kalau kedipan di bawah 10 kali, biasanya merupakan MIL pendek. Indikator 8 ini merupakan adanya masalah pada bagian throttle.

  • Intake Air Temperature

Masalah selanjutnya adalah kedipan kecil selama 9 kali. Masalah ini menandakan adanya hal yang nggak beres dari intake air temperature.

Buat kalian yang nggak terlalu paham soal mesin, mendingan bawa ke bengkel aja deh. Daripada motor bukan jadi betul malah jadi rusak.

  • Injector

Lalu masalah lainnya adalah kedipan panjang selama 1 kali dan kedipan pendek selama 2 kali. Ini artinya kode yang muncul merupakan kode 12 yang menunjukkan adanya masalah di bagian injector.

Bisa saja injector pada motor kesayangan kamu kotor. Kedipan 12 menandakan ada yang nggak beres di bagian injector.

servis kendaraan

Ilustrasi servis motor Honda di bengkel resmi (Foto: Carmudi Indonesia).

  • Oxygen Sensor

Kode lain yang biasanya muncul adalah kode 21. Biasanya kode ini ditandai dengan munculnya kedipan panjang sebanyak 2 kali, dan kedipan pendek sebanyak 1 kali.

Jika dibaca, maka kode tersebut menunjukkan kode 21. Kode 21 memiliki arti adanya masalah pada sektor sensor oksigen.

Sensor oksigen ini biasanya menjadi sensor yang mengatur masuknya udara ke dalam mesin. Mungkin sensor ini kotor, sehingga perlu diservis agar kembali normal.

  • Intake Air Cut Valve

Lalu ada kode 29 yang menunjukkan adanya masalah pada intake air cut valve. Biasanya ditandai sama kedipan panjang sebanyak 2 kali dan kedipan pendek sebanyak 9 kali.

Intake air cut valve ini berfungsi sebagai komponen yang menyempurnakan pembakaran di ruang bakar. Komponen ini membuat motor terhindar dari gejala nembak-nembak saat deselerasi atau penutupan gas secara tiba-tiba.

daftar kode kedipan motor honda

Ilustrasi servis motor Honda di bengkel resmi. (Foto: AHM)

  • Engine Control Module

Kode berikutnya merupakan salah satu masalah yang lumayan serius nih. Kalau kode menunjukkan 33, maka ada masalah pada bagian engine control module (ECM).

ECM sendiri merupakan komponen yang bertugas membatasi penggunaan bahan bakar tanpa mengurangi kinerja mesin.

ECM sebenarnya sama dengan ECU. Kedipan panjang bakal berlangsung selama 3 kali dan kedipan pendek bakal berlangsung selama 3 kali.

Kalau performa motor injeksi mulai lemah, coba di cek dulu bagian ECM ini. ECM bisa dibilang jadi otaknya motor injeksi.

  • Crankshaft Position

Kerusakan lain yang cukup besar adalah kode 52. Kedipan panjang bakal terjadi selama 5 kali dan kedipan pendek terjadi selama 2 kali, maka ada masalah di sensor crankshaft position.

Sensor ini berfungsi memberikan sinyal kepada ECU / ECM untuk mendeteksi sudut crankshaft dan putaran mesin dengan akurat. Tujuannya supaya ECU bisa mengatur durasi injeksi bahan bakar dan waktu pengapian yang tepat.

Lumayan ribet ya? Biasanya CPS ini terdiri dari 2 komponen, yakni pick up coil dan pick up rotor.

Daripada asal tebak, lebih baik bawa ke bengkel aja deh ya.

  • Bank Angle Sensor

Kode terakhir yang bisa kamu tahu adalah kode 54. Kode ini menunjukkan adanya masalah pada bank angle sensor. Bank angle sensor ini punya fungsi yang sangat vital.

Kalian pernah berpikir nggak kenapa motor yang jatuh mesinnya bisa langsung mati? Itu berkat sensor ini.

Bank angle sensor merupakan sensor yang berfungsi mematikan mesin saat motor terjatuh. Fitur ini merupakan fitur keselamatan pada saat kendaraan sedang terjatuh akibat kecelakaan.

Kedipan saat komponen ini rusak biasanya terjadi kedipan panjang sebanyak 5 kali dan kedipan pendek sebanyak 2 kali. Sehingga kalau dibaca, artinya kode 52.

Sekilas sejarah nih dari sensor ini. Bank angle sensor ini sebenarnya fitur yang ada di Honda Goldwing di akhir tahun 1980-an.

daftar kode kedipan motor honda

Ilustrasi servis motor injeksi (Foto: AHM)

Fitur bank angle sensor pada motor ini masih berupa kotak yang berisi cairan dan sebuah pendulum. Pada saat motor terjatuh, cairan di dalam kotak tersebut akan menggerakkan pendulum yang berfungsi sebagai sensor untuk mematikan fuel pump dan ignition system.

Namun, hal ini dinilai belum sempurna karena cairan dalam kotak pelindung tersebut mudah menguap dan habis, hingga pada akhirnya pendulum tidak dapat berfungsi dengan semestinya.

Nah, itu tadi merupakan daftar kode kedipan motor Honda yang biasanya ditemui. Kalau ngalamin seperti hal di atas, langsung aja deh bawa ke bengkel supaya didiagnosa oleh mekanik.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga: Daftar Harga Servis Motor Honda di AHASS, Mulai dari Rp45 Ribu

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts