Produk

Daftar Merek Kaca Film Mobil Terbaik, Jangan Asal Hitam!

Kaca film mobil berperan penting membuat kabin menjadi sejuk, namun awamnya yang berwarna hitam dianggap memiliki kualitas terbaik. Ternyata hal tersebut tak selamanya benar.

Sebenarnya kaca film mobil yang baik tidak tergantung pada warna, melainkan kemampuannya menghalau sinar ultra violet (UV).

Untuk itu, penting sekali memilih kaca film mobil dengan kemampuan tolak panas yang baik.

Material Kaca Film Mobil

Pada dasarnya, kaca film mobil punya material yang berbeda-beda. Material ini sangat berpengaruh untuk kemampuan menolak panas.

kaca film mobil

Kaca film mobil yang baik bukan dari warna, melainkan material penolak panasnya. (Foto: VKool)

Sejumlah material yang sering dipakai di antaranya adalah dyed film, carbon film, ceramic film, dan nano carbon ceramic

  • Dyed Film

Dari segi material, dyed film punya kualitas yang kurang baik. Biasanya material ini dipakai di kaca film yang harganya cukup murah.

Satu kelemahannya, yakni tidak memiliki daya tahan yang baik dan usianya yang pendek. Secara tidak langsung hal ini membuat pengeluaran pemilik mobil menjadi boros lantaran harus membeli kaca film lagi dalam beberapa tahun ke depan.

  • Carbon Film

Lalu material kedua ada carbon film. Bahan jenis ini lebih padat dan kuat dari dyed film. Kualitasnya pun juga lebih baik, dengan daya tahan dan usianya yang lebih panjang dari dyed film.

Kaca Film Mobil

Proses pemasangan kaca film mobil. (Foto: Carmudi)

Sayangnya, kelemahan kaca film jenis ini adalah bisa mengurangi visibilitas berkendara. Biasanya kaca film mobil jenis ini membuat pandangan lebih silau pada saat digunakan malam hari. 

  • Ceramic Film

Material ketiga yang sering dipakai produsen adalah carbon film. Kaca film ini punya kelebihan pada tolak panas yang sangat baik.

Tetapi sayang, kelemahan material ceramic film mudah teroksidasi dan memudar seiring pemakaian. Biasanya material jenis ini yang paling banyak dijumpai di pasaran.

  • Nano Carbon Ceramic Film

Material nano carbon ceramic film bisa dibilang merupakan paduan dari carbon dan ceramic. Kelebihan lain dari kaca film jenis ini adalah usia pakai yang panjang dibanding material yang sudah ada di atas. 

Merek Kaca Film Mobil Terbaik

Berikut ini Carmudi coba memberikan rekomendasi merek kaca film mobil terbaik yang ada di pasaran.

Llumar

Merek kaca mobil rekomendasi pertama dari Carmudi adalah Llumar. Dari segi harga, Llumar menawarkan rentang harga bervariasi.

kaca film mobil Llumar

Sebagai gambaran, harga termurah yang ditawarkan Llumar berkisar di Rp2 jutaan. Sementara harga termahalnya bisa lebih dari Rp7 jutaan untuk mobil besar.

Iceberg

Merek kaca film mobil terbaik lainnya ada Iceberg. Harga yang ditawarkan bisa dibilang tidak berbeda jauh dengan harga kaca film Llumar. 

kaca film mobil merek iceberg

Kisaran harga kaca film Iceberg termurah mulai dari Rp3 jutaan. Semakin besar mobilnya, maka harga kaca filmnya akan semakin mahal.

V-Kool

Merek V-Kool jadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Maklum, keberadaannya di Tanah Air sudah cukup lama, lebih dari 20 tahun.

kaca film mobil merek v-kool

Varian yang ditawarkan pun sangat beragam dengan material berteknologi terbaik. Soal harga, V-Kool juga terbilang salah satu yang cukup mahal.

Kisaran harga termurah yang ditawarkan V-Kool berkisar di Rp3—4 jutaan. Soal kualitas, tentu tak perlu diragukan lagi.

Solar Gard

Merek kaca film mobil lain yang cukup direkomendasikan banyak orang adalah Solar Gard. Merek satu ini juga dikenal punya harga yang lumayan.

kaca film solar gard

Sebagai gambaran, harga kaca film mobil merek ini mulai dari Rp2,9 jutaan sampai di atas Rp5 jutaan. 

Spectrum

Merek Spectrum juga layak menjadi pilihan untuk kaca film pemakaian harian. Alasan utamanya yakni kualitasnya yang bagus dengan harga yang ditawarkan cukup terjangkau.

kaca film spectrum

Kaca film buatan Spectrum mengandung material yang bisa menangkal sinar UV hingga 90%. Soal harga termurah, kisaran untuk mobil sedan ada di Rp1,7 jutaan.

Pilihan warnanya tersedia hijau dan hitam.

Huper Optik

Hampir sama dengan Spectrum, merek kaca film Huper Optik menawarkan harga yang terjangkau. Kualitasnya pun bisa dibilang 11-12 dengan Spectrum dengan tolak infrared 96% yang membuat kabin akan terasa lebih dingin.

kaca film huper optik

Kaca film jenis ini cocok digunakan di kota yang panas seperti Jakarta. Populasi merek ini juga banyak dan mudah ditemui.

3M

Lalu selanjutnya ada merek 3M. Merek satu ini bisa dibilang paling banyak direplikasi, atau banyak produk tiruannya. 

Soal kualitas, produk 3M yang asli punya tolak panas yang baik. Harga yang ditawarkan juga sedikit lebih mahal dibanding beberapa merek di atas.

kaca film 3M auto film

Kisaran harga termurah dari kaca film 3M yakni mulai dari Rp1,5 jutaan. Varian yang umum ditemui adalah Black Beauty dan Crystalline. 

CPF1

Kaca film lainnya yang bisa dipilih yakni CPF1. Merek satu ini juga sudah ada cukup lama di Indonesia, sekitar lebih dari 12 tahun. 

kaca film mobil CPF1

Kelebihan kaca film CPF1 diklaim memiliki proteksi dari paparan UV, dan mereduksi infrared dengan sangat baik. Secara harga, kaca film CPF1 berkisar mulai dari Rp1,5 jutaan.

Ice-U

Selanjutnya ada Ice-U yang beberapa tahun belakangan mulai ramai digunakan. Merek satu ini sebenarnya produk buatan Konica Minolta dan sudah menjadi kaca film OEM dari Mitsubishi.

kaca film mobil ice u

Secara spesifikasi, Ice-U punya kelebihan optical technology, coating technology, dan application technology. Kualitas dan daya tahan kaca film merek ini juga sudah teruji.

Soal kisaran harga, Ice-U bisa didapatkan mulai dari Rp3 jutaan. 

Perfections

Merek lain yang bisa dipilih ada Perfections. Untuk pemilik mobil dengan bujet terbatas, Perfections bisa dipilih.

Soal harga, Perfections menawarkan kaca film mulai dari Rp1,8 jutaan. Secara harga tentunya kaca film merek ini tidak terlalu mahal.

Evoguard

Kemudian ada merek Evoguard yang bisa jadi pilihan kaca film. Evoguard biasanya dipilih para pemakai mobil-mobil Eropa seperti Mercedes-Benz dan BMW.

Sebab, Evoguard dengan kepekatan cahaya 20% punya warna kebiruan yang memang cocok dengan mobil keluaran Eropa. 

Manfaat Kaca Film Mobil

  • Meringankan Kerja AC

Banyak yang belum mengetahui jika kaca film ini ternyata mampu meringankan kerja ac. Alasannya adalah sinar UV yang hendak masuk dihalau kaca film.

Material yang terdapat pada kaca film tersebut bisa menahan radiasi, sehingga kabin akan lebih sejuk. Efeknya secara otomatis membuat kerja ac mobil menjadi lebih ringan dibanding mobil yang tidak memakai kaca film.

Pada kendaraan yang tidak memakai kaca film, ac akan bekerja lebih ekstra guna mendinginkan kabin. Jika dibiarkan dalam waktu lama, kompresor akan cepat rusak.

Setelah membahas sedikit mengenai kaca film, Carmudian tinggal menentukan pilihan mau membeli yang mana. Di antara pilihan kaca film di atas, merek seperti Iceberg, Llumar, dan V-Kool masih jadi yang terdepan di kalangan pengguna mobil.

Kualitas yang ditawarkan memang sebanding dengan banderol harganya. Jadi, mau pilih yang mana?

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

/