Mobil

Daftar Mobil 4×4 Murah di Bawah Rp 300 Jutaan, Siap Libas Medan Ekstrem

Meski bisa dibilang banyak yang ingin memilikinya, harga mobil 4×4 atau berpenggerak 4 roda di Indonesia tidak ada yang murah, alias cukup mahal.

Oleh karenanya, pada umumnya banyak di antara mereka akhirnya kurang menyukai mobil 4×4. Mungkin yang masih rela berkorban untuk memeliharanya adalah para pehobi saja.

Pada artikel ini kami akan memberikan informasi mengenai daftar mobil 4×4 dengan harga murah.

Perlu jadi catatan, harga murah yang kami maksud di sini adalah yang memiliki harga tidak lebih dari Rp 300 jutaan.

Pengertian Mobil 4×4

Mobil 4×4 atau four wheel drive merupakan sistem penggerak yang menyalurkan tenaga mesin ke seluruh bagian roda. Biasanya mobil dengan sistem penggerak ini lebih diperuntukkan untuk medan berat atau offroad.

Sistem penggerak 4 roda berbeda dengan sistem penggerak all wheel drive (AWD) yang tidak bisa diatur distribusi tenaga ke roda yang diinginkan.

mobil 4x4 murah

(Foto: Rizen/Carmudi)

Namun pada 4×4 pengemudi bisa memilih penggerak roda belakang saja atau keempatnya sekaligus. Hal inilah yang membuat mobil 4×4 tetap memiliki pesona di hati pecintanya.

Kendaraan jenis ini ternyata masih digunakan untuk kegiatan seperti pertambangan, naik gunung, dan perkebunan. Untuk memilih penggerak, biasanya di dalam kabin terdapat dua tuas, yakni tuas persneling dan tuas transfercase.

Tuas persneling merupakan tempat untuk memindahkan gigi, sedangkan tuas transfercase merupakan tempat mengatur penyaluran tenaga atau memilih penggerak.

Mode Penggerak pada Transfercase Mobil 4×4

Pada transfercase terdiri dari mode 2H (2WD high range), 4L (low range), 4H (high range), dan N (Neutral).

  • Mode 2H dikhususkan untuk penggunaan jalan raya dengan kontur jalan aspal.
  • Mode 4H bisa digunakan ketika melewati jalan yang licin seperti jalan tol ketika hujan deras karena bisa menghasilkan traksi yang lebih maksimal.
  • Mode 4L digunakan untuk melewati jalan dengan tanjakan atau turunan yang curam atau medan yang berat. Mode ini bisa dibilang menjadi mode yang bisa mengeluarkan tenaga maksimal untuk membuat mobil bisa melewati rintangan.
mobil 4x4 murah

(Foto: Doc. Ojip Garage)

Atau bisa dibilang 4L adalah mode ‘terkuat’ yang ada di mobil 4×4. Sehingga ketika dihadapkan dengan medan yang berat, cukup pindahkan transfercase ke posisi 4L, maka mobil bisa melewati medan tersebut dengan mudah.

Daftar Mobil 4×4 Murah di Bawah Rp 300 Jutaan

Ah, daripada penasaran mending langsung kita bahas saja apa saja pilihan mobil 4×4 dengan harga murah, yuk.

Bisa menebak apa saja pilihan mobilnya?

Mitsubishi Pajero Sport

mobil 4x4 murah

Siapa yang sangka jika dengan bujet murah di bawah Rp 300 jutaan ternyata bisa mendapatkan Mitsubishi Pajero Sport. Namun harus diingat, SUV dengan harga tersebut tentunya dengan tahun produksi yang agak tua.

Misalnya Mitsubishi Pajero Sport keluaran 2008 sampai 2014. Walaupun bagi sebagian orang dinilai tua, tetapi mobil tersebut layak masuk ke dalam mobil di bawah Rp 300 jutaan.

Umumnya harga Mitsubishi Pajero Sport 4×4 ini punya rentang harga Rp 200 jutaan sampai Rp 300 jutaan. Tentunya harga tergantung dengan kondisi, ya.

Toyota Fortuner

Kemudian ada Toyota Fortuner yang layak masuk ke dalam rekomendasi mobil 4×4 murah versi kami. Dari segi harga, SUV andalan Toyota ini masih bisa masuk ke dalam bucket list.

Sama seperti Pajero, umumnya tahun produksi Toyota Fortuner ini berkisar antara 2006 atau generasi pertama sampai 2015.

Kisaran harganya pun berada di Rp 200 jutaan sampai Rp 300 jutaan. Jika boleh menyarankan, ada baiknya pilih Fortuner tahun 2015 dengan warna titanium silver.

Warna tersebut bisa dibilang cukup langka di pasaran. Sebab warna tersebut hanya keluar di tahun 2015 sebelum Fortuner berganti model.

Mitsubishi Strada Triton

mobil 4x4 murah

(Foto: caradvice)

Kemudian mobil 4×4 dengan harga yang lebih murah ada Mitsubishi Strada Triton. Mobil satu ini masuk ke dalam kategori double cabin dan bukan SUV.

Sebelum membeli, wajib diingat jika mobil seperti ini nampaknya wajib memiliki uji kir. Uji kir merupakan uji kelayakan kendaraan secara teknis.

Mengapa double cabin wajib uji kir?

Di Indonesia mobil tersebut masuk ke dalam kategori mobil komersial dengan bak terbuka di bagian belakang.

Bahkan pemilik mobil juga wajib menutup bagian bak belakang ketika melaju di jalan tol dan berada di posisi jalur cepat. Jika tidak, biasanya petugas akan menilang lantaran bagian baknya tidak tertutup cover.

Soal harga, Mitsubishi Strada Triton ini dibanderol Rp 150 jutaan sampai Rp 250 jutaan tergantung tahun produksi. Sebelum membeli pastikan tidak membeli mobil ‘capek’, ya.

Yang kami maksud mobil ‘capek’ di atas adalah mobil yang performa mesinnya sudah jauh menurun akibat sering digunakan kerja berat. Maklum, double cabin biasanya digunakan di perkebunan dan pertambangan.

Chevrolet Trailblazer

 

Chevrolet Trailblazer

(Foto: Carmudi)

Nama Chevrolet tentu sudah mulai banyak yang melupakannya. Namun bagi Anda yang ingin membeli mobil 4×4 murah, coba tengok salah satu mobil buatan Chevrolet, yakni Trailblazer.

Chevrolet Trailblazer merupakan SUV yang pernah meramaikan Indonesia beberapa tahun silam. Dulu mobil ini berkompetisi dengan Fortuner dan Pajero Sport.

Dari segi harga, Chevrolet Trailblazer terbilang murah dengan tahun produksi yang lebih muda. Hal tersebut dikarenakan merek Chevrolet sudah tak lagi ada di Indonesia sehingga membuat banyak orang enggan membeli merek satu ini lantaran sparepart-nya dinilai sulit didapatkan.

Dengan bujet Rp 240 jutaan sampai Rp 260 jutaan setidaknya Anda bisa mendapatkan Trailblazer produksi 2017 yang berpenggerak 4×4, lo.

Ford Everest

kelemahan ford

(Foto: Majalah Mobkas)

Mobil 4×4 murah yang ada di Indonesia yang lainnya ada Ford Everest. SUV berbodi bongsor ini dikenal punya performa mesin yang cukup bandel.

Sama seperti Chevrolet, banyak orang enggan membeli merek Ford karena sparepart-nya dinilai sulit ditemukan.

Harga pasaran dari Ford Everest 4×4 ini cukup menggiurkan karena berkisar Rp 150 jutaan sampai Rp 230 jutaan.

Soal kenyamanan tak perlu diragukan lagi, sebab Everest termasuk ke dalam salah satu SUV yang cukup nyaman dikendarai.

Jeep Cherokee

Jeep Cherokee

Selanjutnya ada Jeep Cherokee. Walaupun produksinya cukup tua, tetapi pesona SUV berdesain kotak ini tak lekang oleh zaman.

Bahkan dalam beberapa tahun terakhir harga Cherokee Seri XJ melejit bak roket yang terbang ke angkasa. Padahal 10 tahun lalu harganya tak sampai Rp 100 jutaan.

Kini kisaran harga bekas Jeep Cherokee berkisar Rp 140 jutaan sampai Rp 450 jutaan tergantung kondisi.

Banyak car enthusiast yang membeli lantaran ingin bernostalgia. Selain itu kemampuannya di medan offroad tak perlu diragukan lagi.

Toyota Land Cruiser

mobil 4x4 murah

Mobil terakhir yang layak masuk ke dalam 4×4 murah di Indonesia ada Toyota Land Cruiser. Mendengar namanya saja tentu sudah terbayang ketangguhan mobil satu ini.

Model yang bisa didapat dengan bujet Rp 300 jutaan ada Prado 90 dan 120 series, VX 80 Series, FJ40, dan VX 100 series. Tahun produksinya pun beragam, mulai dari 1970-an hingga 2010. Ketersediaan sparepart untuk SUV berbodi bongsor ini juga terbilang sangat mudah dijumpai.

Nah, itu tadi pilihan dari mobil 4×4 dengan harga murah di bawah Rp 300 jutaan yang bisa Anda pilih. Kebetulan nih Indonesia sudah mau masuk musim hujan, rasanya cocok juga punya SUV berpenggerak 4×4 buat menerabas banjir, ya.

>>>> Masih kemahalan? Cek aja deretan mobil bekas berkualitas terbaik dan harga terjangkau dari Carmudi di sini.

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts