Sumber informasi

Daftar Mobil Baru di GIIAS 2022

­­Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang digelar pada 11-21 Agustus ramai dengan banyak peluncuran mobil baru dari berbagai merek.

Sebanyak 30 mobil baru akan berpartisipasi di pameran tersebut di mana di antaranya berstatus diluncurkan pertama di Asia, Asia Tenggara, serta Premiere di Tanah Air.

Jumlah Transaksi GIIAS 2022 Diharapkan Dekati Rp7 Triliun

Pameran GIIAS 2022 akan berlangsung pada 11-21 Agustus mendatang. (Foto: GIIAS)

GIIAS 2022 sendiri akan mengusung tema “The Future is Bright” yang fokus pada kendaraan listrik.

Adapun merek-merek mobil yang berpartisipasi di pameran ini:

  • BMW
  • Audi
  • Chery
  • Toyota
  • Daihatsu
  • Mitsubishi Motors
  • Nissan
  • DFSK
  • Honda
  • Hyundai
  • Mini
  • Isuzu
  • Kia
  • Lexus
  • Mazda
  • MG
  • Porsche
  • Suzuki
  • Subaru
  • Volkswagen
  • Wuling

Ada juga merek kendaraan komersial seperti Isuzu, Hino, Mitsubishi Fuso, serta UD Trucks.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, merek yang berpartisipasi di GIIAS 2022 lebih banyak.

Ada beberapa di antaranya yang baru bergabung atau ikut kembali setelah absen tahun lalu.

Jika di tahun 2021, ada sekitar 21 APM (Agen Pemegang Merek), terdapat 25 APM yang berpartisipasi di GIIAS 2022.

Ini berarti ada tambahan empat APM yang tidak ikut pameran tersebut pada 2021, mulai dari Subaru, Porsche, Chery, dan DFSK.

Daftar Mobil Baru di GIIAS 2022

Carmudi telah rangkum daftar mobil baru yang akan hadir di pameran GIIAS 2022 sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

Toyota

PT Toyota Astra Motor (TAM) dikabarkan akan menghadirkan mobil listrik baru di GIIAS 2022 berupa bZ4x di mana termasuk mobil resmi yang digunakan di KTT G20 di Bali pada November 2022.

Selain itu, TAM juga kabarnya akan hadirkan Toyota Kijang Innova Hybrid di pameran tersebut. Mobil satu ini bisa dibilang termasuk salah satu mobil yang dinanti-nanti para pecinta otomotif.

Disinyalir, Innova Hybrid akan mendapatkan ubahan, salah satunya sudah menggunakan sistem penggerak roda depan atau FWD (Front Wheel Drive).

Sebagai informasi tambahan, TAM akan menempati salah satu booth terbesar di GIIAS 2022 di mana luasnya 3.000 meter persegi. Di booth ini, nantinya akan dipamerkan berbagai produk Toyota, Lexus, Gazoo Racing, hingga beragam teknologi canggih dan mumpuni.

Honda

PT Honda Prospect Motor (HPM) kabarnya akan hadirkan mobil baru, Honda WR-V. Sebelumnya, foto mobil tersebut pernah bocor di media sosial dan menjadi perbincangan hangat.

honda wr-v

Tampilan bagian depan Honda WR-V. (Foto: Instagram B-Channel)

Berdasarkan unggahan akun Instagram B-Channel, ada foto pertama yang memperlihatkan fascia depan di mana diduga kuat adalah bagian dari Honda WR-V.

Ada pula foto kedua yang menampilkan bagian buritan mobil tersebut. Menariknya, bagian depan Honda WR-V mirip dengan mobil konsep Honda SUV RS yang beberapa kali sempat dipamerkan di beberapa event besar setahun belakangan ini.

Head unit milik Honda WR-V. (Foto: Instagram B-Channel)

Ada juga foto lain yang diunggah di mana memperlihatkan sebuah head unit dengan tulisan WR-V. Besar kemungkinan, foto tersebut mempunyai korelasi dengan foto-foto sebelumnya.

Carmudi sempat bertanya pada salah satu sales diler resmi Honda mengenai kapan Honda WR-V akan diluncurkan. Ia menjawab bahwa mobil ini mungkin akan meluncur pada Agustus 2022 yang berarti kemungkinan dirilis di GIIAS 2022.

Hyundai

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) dipastikan akan meluncurkan Hyundai Stargazer secara resmi di GIIAS 2022. Hal ini berdasarkan undangan yang diterima Carmudi mengenai peluncuran Stargazer di pameran tersebut.

Harganya sendiri sudah dibocorkan di mana mobil tersebut ditawarkan dengan rentang harga Rp243,3-307,1 juta On The Road (OTR) DKI Jakarta.

MPV (Multi Purpose Vehicle) ini sebelumnya sempat diperkenalkan ke publik dengan tampilan yang terkesan menarik. Hyundai Stargazer mengusung pilar D yang didesain seperti pertemuan dua sudut segi tiga dari panel atap serta bodi bagian samping.

Selain itu, mobil tersebut juga terlihat menggunakan fender berbentuk kotak di mana desainnya terlihat tegas dengan adanya lekukan besar di bagian atasnya.

Desain seperti ini mungkin tidak terasa asing bagi Carmudian karena mirip dengan yang dimiliki salah satu pesaingnya, Mitsubishi Xpander.

Di sisi lain, booth Hyundai di GIIAS 2022 nanti akan berhadapan secara langsung atau face to face dengan booth Toyota.

Hal ini dinilai menarik karena seperti ‘melunturkan’ tradisi di tahun-tahun sebelumnya, di mana biasanya booth Hyundai diisi oleh Honda. Booth Honda sendiri sebenarnya masih di lokasi yang sama dengan Hyundai maupun Toyota, tepatnya di sebelah Hyundai.

Para pengunjung yang ingin mengunjungi booth Hyundai di GIIAS 2022 mendatang, bisa datang ke hall 1 ICE BSD City, Tangerang.

Kia

Seperti tidak ingin kalah, PT Kreta Indo Artha (KIA) turut meluncurkan MPV baru berupa Kia Carens di GIIAS 2022. Hal ini dipastikan dari akun Instagram resminya.

“Kia Carens akan resmi diluncurkan di event otomotif GIIAS 2022!” demikian keterangannya disertai unggahan video dalam durasi singkat soal Kia Carens.

Perlu diketahui, mobil ini sebenarnya bukan pertama kali dipamerkan ke publik di GIIAS 2022.  Mobil tersebut sudah pernah dihadirkan sebelumnya di pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2022 di mana pameran ini diselenggarakan pada Maret lalu.

Namun, saat itu, PT KIA baru sekedar memperkenalkan Carens di pameran ini. Harga mobilnya sendiri belum diumumkan secara resmi.

Meski demikian, konsumen di Indonesia sudah dapat melakukan pemesanan mobil tersebut. Sebagai informasi, Kia Carens pertama kali diluncurkan di India pada Februari 2022.

Mobil ini bisa jadi pilihan konsumen yang menginginkan MPV 7-seater.

Suzuki

Turut hadir di GIIAS 2022, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) disebut-sebut akan menghadirkan Suzuki Baleno terbaru di GIIAS 2022.

Kabar ini berdasarkan beragam alasan, seperti salah satunya ada spyshot dari kamera netizen di Indonesia yang menunjukkan sebuah mobil di mana di duga kuat adalah Suzuki Baleno terbaru.

Posisinya berada di atas truk pengangkut. Selain itu, beberapa waktu belakangan ini, PT SIS juga dinilai rajin berbicara soal mobil jenis hatchback lewat keterangan tertulisnya.

Bahkan, PT SIS sempat bernostalgia dengan merilis kisah perjalanan Baleno di Tanah Air selama 27 tahun pada Juli 2022, dari masih dalam bentuk sedan hingga jadi mobil hatchback.

Dugaan ini bertambah kuat dengan adanya foto teaser yang dirilis PT SIS di akun Instagram resminya di mana memperlihatkan siluet bodi mobil hatchback yang diduga kuat adalah Suzuki Baleno.

Adapun di foto teaser tersebut, juga tertulis ‘The New Flow is Coming’ disertai tanggal 11.8.2022. Seperti diketahui, ini merupakan tanggal pembukaan pameran GIIAS 2022 mendatang.

mobil baru suzuki giias

Teaser mobil baru Suzuki yang akan hadir di GIIAS 2022. (Foto: Suzuki)

Tak hanya itu, baru-baru ini, PT SIS kembali meluncurkan foto teaser di akun Instagram resminya di mana tidak hanya menampilkan satu siluet, tapi dua siluet mobil dengan tulisan ‘Feel The Flow and Step Up!’

Jika melihat foto teaser tersebut secara seksama, PT SIS sepertinya akan hadirkan Baleno terbaru serta S-Presso di GIIAS 2022.

Sama seperti foto teaser sebelumnya, foto teaser kedua mobil ini juga disertai tanggal 11.8.2022 yang merupakan hari pertama penyelenggaraan GIIAS 2022.

Ditambah, ada pula tulisan yang menginformasikan lokasi booth Suzuki di pameran tersebut, yakni hall 6D, ICE BSD, Tangerang.

MG

MG (Morris Garage) yang juga akan berpartisipasi di GIIAS 2022 dipastikan akan menghadirkan mobil listrik baru di GIIAS 2022.

Tidak dijelaskan secara detail, namun pihak MG sendiri menyampaikan bahwa mobil listriknya ini mengusung konsep bahasa desain E-verlasting serta E-xtraordinary Comfort.

Disinyalir, mobil listrik MG yang akan dihadirkan di GIIAS 2022 adalah model Mulan yang dikenal sebagai ‘Global Pure Electric SuperPower Crossover’. Ini berdasarkan situs indonesiaautoshow.com.

Mobil listrik tersebut diklaim punya salah satu keunggulan utama, yaitu mempunyai fitur terdepan.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Carmudi, MG Mulan dilengkapi teknologi terbaru berupa ‘Rubik’s Cube’ yang disertai sistem perlindungan zero heat runaway lewat pemantauan jarak jauh 7×24 jam di mana dapat menjamin keselamatan para penggunanya.

Sebagai informasi tambahan, MG telah memperkenalkan beberapa teknologi mobil listrik seperti MG Marvel R, MG Cyberster, MG 4 EV yang diluncurkan di Eropa, dan mobil model estate bertenaga listrik pertama di dunia, MG 5 EV.

Nissan

Berdasarkan akun Instagram resminya, Nissan Indonesia sepertinya akan menghadirkan mobil baru jenis SUV (Sport Utility Vehicle) di GIIAS 2022.

Terlihat dari foto unggahannya, ada gambar siluet sebuah mobil jenis SUV disertai tulisan yang menginformasikan lokasi booth Nissan di pameran tersebut.

Jika dilihat secara seksama, SUV ini diduga kuat adalah Nissan Terra terbaru. Mobil ini tentu tidak terdengar asing bagi para pecinta otomotif.

Mobil ini pernah dipasarkan di Indonesia sejak 2018 lalu dan bersaing dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Namun, PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) menghentikan penjualan Nissan Terra di Tanah Air pada 2021.

Subaru

Tak ketinggalan, Subaru juga akan membawa mobil barunya di GIIAS 2022 di mana disertai seremoni pada hari pertama pameran tersebut.

Teaser mobil baru Subaru. (Foto: Instagram Subaru Indonesia)

Ini berdasarkan unggahan dari akun Instagram resmi Subaru. Terlihat ada siluet mobil dengan caption tertulis, “Menempati hall 5C, kami akan menyajikan kendaraan terbaru dan juga Subaru gear season terakhir.”

Tidak diketahui secara pasti apa mobilnya. Namun, jika melihat siluet mobilnya secara seksama, diduga adalah Subaru XV.

Sebagai informasi tambahan, kehadiran Subaru di GIIAS 2022 nanti merupakan yang pertama kali sejak pameran ini diadakan di ICE BSD, Tangerang pada 2015.

Wuling

Wuling Motors sepertinya akan meluncurkan mobil listrik besutannya yang pertama untuk konsumen Indonesia, yaitu Wuling Air EV di GIIAS 2022.

Mobil tersebut diperkenalkan pertama kali di Central Park, Jakarta pada awal Juni 2022. Kemudian, ditampilkan di pameran mobil listrik PEVS (Periklindo Electric Vehicle Show) 2022.

Wuling Air EV hadir dalam dua varian. Pertama, varian Standard Range dengan estimasi harga Rp250 juta. Kedua, Long Range dengan estimasi harga Rp300 juta.

Sementara itu, pihak Wuling mengklaim jarak tempuh kedua varian ini adalah 200 km dan 300 km. Bagi Carmudian yang tertarik, pemesanan Wuling Air EV sudah dibuka untuk konsumen.

Audi

PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku APM mobil Audi di Indonesia diketahui akan meluncurkan Audi Q7 terbaru berdasarkan undangan resmi yang diterima Carmudi.

Peluncuran mobil ini akan dilaksanakan pada hari pertama pameran GIIAS 2022 berlangsung.

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts

/