Sumber informasi

Daftar Mobil Daihatsu dengan Sistem Penggerak Roda Belakang dan Depan

Daihatsu menjadi salah satu merek yang memiliki banyak pilihan model mobil dengan bekalan tipe sistem penggerak roda yang cukup lengkap.

Seperti kita ketahui, setiap mobil dibekali dengan sistem penggerak roda yang memiliki peran penting dalam penyaluran tenaga mesin. Baik ke roda depan, belakang, atau semua roda.

Seiring perkembangan teknologi, sistem penggerak roda ada banyak macamnya. Secara umum terdapat lima jenis sistem penggerak roda, yaitu:

  • Front Engine-Front Wheel Drive (FF)
  • Front Engine-Rear Wheel Drive (FR)
  • Mid Engine-Rear Wheel Drive (MR)
  • Rear Engine-Rear Wheel Drive (RR)
  • Four Wheel Drive/All-Wheel Drive ( 4WD/AWD).
Sistem Penggerak Roda Mobil

Daihatsu Terios menggunakan penggerak roda belakang (Foto: ADM)

Dari kelima jenis tadi, ada dua sistem penggerak roda yang paling banyak disematkan ke mobil-mobil yang dipasarkan di Indonesia, yaitu FF dan FR.

Salah satu pabrikan yang menggunakan kedua sistem penggerak tersebut ke mobilnya adalah Daihatsu.

Tipe Sistem Penggerak Roda pada Mobil Daihatsu

Berikut daftar mobil Daihatsu yang menggunakan sistem penggerak roda FF dan FR:

Penggerak Roda FF

Penggerak Roda FR

Sistem Penggerak Roda Mobil

Daihatsu Ayla dan Sirion mengadopsi penggerak roda depan (Foto: Daihatsu)

Keunggulan Sistem Penggerak Roda FF dan FR

Sistem penggerak FF umumnya memiliki mesin yang ditempatkan di bagian depan mobil, kemudian tenaga dari mesin dikirim ke roda depan. Sedangkan sistem FR punya mesin di depan lalu hasil kerja mesin disalurkan ke roda belakang.

Sistem penggerak roda mobil baik itu FF maupun FR punya keunggulan masing-masing.

Pada mobil yang menggunakan penggerak roda FF, berat kendaraan sedikit lebih ringan. Sebab, tidak ada tambahan komponen yang menghubungkan putaran mesin dari depan ke roda belakang.

Keunggulan lainnya konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Selain itu, penggerak roda depan memiliki traksi lebih baik terutama saat berkendara di jalan licin. Hal ini dikarenakan roda depan sebagai penggerak utama sekaligus menopang berat mesin.

Pemesanan Mobil Daihatsu

Daihatsu Gran Max (Foto: ADM)

Sedangkan untuk mobil berpenggerak FR memiliki keunggulan dalam hal keseimbangan yang lebih baik, terutama saat kendaraan dikemudikan dengan kecepatan tinggi.

Selain itu, mobil dengan penggerak roda belakang juga lebih bertenaga dan dapat diandalkan ketika melalui jalan menanjak, serta ketika membawa penumpang dalam kapasitas penuh.

Daihatsu senantiasa menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Penyematan sistem penggerak roda FF atau FR pada mobil Daihatsu sudah disesuaikan dengan karakter kendaraan. Sehingga menghasilkan produk yang terbaik.

Baca Juga: 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/