Berita

Daftar Mobil Kembar Toyota dan Daihatsu yang Dijual di Indonesia

Jakarta –Toyota dan Daihatsu kembali mengumumkan mobil kembar terbaru hasil kolaborasi keduanya. Mobil yang dimaksud adalah Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Kedua mobil kembar tersebut akan meluncur di Indonesia pada Jumat, 30 April 2021.

Sebelum masuk ke pasar Indonesia mobil kembar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky telah lebih dahulu melakukan debut global di Jepang pada 2019.

Mobil Kembar Toyota

Toyota Avanza merupakan hasil kolaborasi Toyota dan Daihatsu di Indonesia (Foto: Toyota)

Kedatangan Raize dan Rocky menambah panjang daftar mobil kembar keluaran Toyota dan Daihatsu. Proyek kolaborasi antar keduanya telah berlangsung sejak lama, terutama di Indonesia.

Menariknya mobil-mobil kembar yang mereka luncurkan mendapat sambutan positif dari konsumen di Indonesia sejak awal diluncurkan sampai dengan sekarang.

Sekedar mengingatkan kembali, berikut daftar mobil kembar hasil kolaborasi Toyota dan Daihatsu yang dijual di Indonesia:

  • Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia meluncur perdana 2003
  • Toyota Rush dan Daihatsu Terios meluncur perdana 2006
  • Toyota Agya dan Daihatsu Ayla meluncur perdana 2013
  • Toyota Calya dan Daihatsu Sigra meluncur perdana 2016
  • Toyota Raize dan Daihatsu Rocky meluncur perdana April 2021.
Mobil kembar Toyota

Daihatsu Terios merupakan mobil kembar Toyota Rush (Foto: Carmudi)

Semua mobil kembar tersebut sudah diproduksi lokal di pabrik milik PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Bahkan beberapa di antaranya diekspor ke sejumlah negara tetangga Indonesia.

Memberikan Dampak Positif Bagi Industri Otomotif Indonesia

Kolaborasi Toyota dan Daihatsu di Indonesia telah berjalan selama hampir dua dasawarsa. Hasil kerjasama keduanya memberikan dampak positif bagi pertumbuhan industri otomotif. Antara lain menciptakan lapangan kerja baru, berbagi teknologi, pemanfaatan kandungan lokal, dan sebagainya.

Mobil Baru Toyota

Toyota New Calya (Foto: Santo/Carmudi)

Toyota dan Daihatsu memulai kolaborasi sebagai bagian dari grup Toyota dengan memaksimalkan kekuatan kedua perusahaan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Kedua perusahaan ini akan terus meningkatkan daya saing dan mendukung tujuan pemerintah Indonesia untuk mengembangkan industri otomotif,” kata Chief Executive Officer Toyota Motor Corporation Asia Region, Yoichi Miyazaki.

Sementara itu, President Daihatsu Motor Company, Soichiro Okudaira megungkapkan kerjasama Toyota dan Daihatsu bertujuan untuk membangun lini bisnis yang kompetitif untuk segmen kendaraan kompak.

“Indonesia adalah negara yang sangat penting bagi kami. Oleh karena itu kami akan terus berinvestasi dan berkontribusi bagi masyarakat Indonesia,” ujar Okudaira.

Harga Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky akan diluncurkan Jumat, 30 April 2021 bermana dengan pengumuman harga (Foto: ADM)

Kesuksesan kerjasama Toyota dan Daihatsu, khususnya di Indonesia tak lepas dari dukungan Toyota Group dan mitra jangka panjang Astra yang tidak berhenti untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts