Home » Mobil » Daftar Mobil Low SUV di Bawah Harga Toyota Rush

Daftar Mobil Low SUV di Bawah Harga Toyota Rush

All New Toyota Rush (Foto: Carmudi)

Jakarta – Selain mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV), saat ini konsumen di Indonesia juga menggemari Sport Utility Vehicle (SUV). Sejalan dengan itu, banyak pabrikan otomotif di dalam negeri berlomba-lomba mendatangkan produk baru di segmen SUV. Di samping itu, pabrikan juga coba menawarkan sesuatu yang istimewa guna memenuhi kebutuhan konsumen.

Salah satu keistimewaan yang ditawarkan oleh banyak pabrikan adalah bangku baris ketiga. Umumnya mobil jenis SUV hanya mampu menampung hingga lima orang penumpang atau memiliki dua baris bangku saja di kabin. Namun demi mengikuti kebutuhan konsumen dan tren yang sedang berkembang, para pabrikan rela merombak pakem yang sudah menjadi ciri khas utama mobil SUV.

Dengan adanya bangku baris ketiga di SUV maka kemampuan menampung penumpang sama seperti MPV. Apalagi SUV memiliki jarak bodi ke aspal yang cukup tinggi sehingga masih nyaman ketika harus melewati jalan berlubang atau tidak rata.

Meski demikian ada juga pabrikan mobil yang tetap mempertahankan ciri khas dari SUV itu sendiri yaitu dua baris bangku.

Berdasarkan segmentasi pasar mobil jenis SUV terbagi menjadi tiga sub kategori yaitu Low SUV, Medium SUV, dan High SUV. Dari ketiganya, kini yang paling banyak diburu oleh konsumen adalah Low SUV.

Setidaknya ada ada enam mobil Low SUV yang beredar di Indonesia. Seperti Toyota Rush, Daihatsu Terios, Mitsubishi Xpander Cross, Honda BR-V, DFSK Glory 560, dan terakhir yang baru saja diluncurkan pertengahan Februari lalu yaitu Suzuki XL-7.

Harga yang ditawarkan untuk masing-masing mobil berbeda-beda. Mulai dari harga Rp195 jutaan sampai dengan Rp292,7 juta.

Kali ini Carmudi coba mengerucutkan harga jual mobil baru Low SUV yang jauh lebih terjangkau ketimbang Toyota Rush. Untuk diketahui Toyota Rush varian terendah dibanderol Rp255,2 juta.

Sebagai gambaran bagi Anda yang berniat membeli Low SUV degan harga di bawah Rp255,2 juta berikut ini kami cantumkan referensi harga dan model mobil serta varian:

Daihatsu Terios

target penjualan
All new Daihatsu Terios dengan tampilan baru. Foto/Carmudi.

Kembaran dari Toyota Rush ini terakhir kali mendapatkan penyegaran pada akhir 2017. Daihatsu Terios ditawarkan dalam sembilan pilihan varian, seperti Terios X MT, Terios X MT DLX, Terios X AT DLX, Terios R MT, Terios R MT DLX, Terios R AT, Terios AT DLX, Terios R MT Custom, dan R AT Custom.

Dari semuanya, hanya ada enam varian yang dibanderol di bawah Rush.

  • Terios X MT Rp211,8 juta
  • Terios X MT DLX Rp221,8 juta
  • Terios X AT DLX Rp231,8 juta
  • Terios R MT Rp244,5 juta
  • Terios R MT DLX Rp254,5 juta
  • Terios R AT Rp254,5 juta.

Honda BR-V

New Honda BR-V
New Honda BR-V

Honda BR-V merupakan salah satu pemain terlama di segmen Low SUV. Sejak awal diluncurkan sampai sekarang mobil ini sudah beberapa kali mengalami penyegaran, tapi bukan penyegaran secara besar-besaran.

Beda dengan Terios, Honda BR-V hanya ditawarkan dalam empat varian saja. Mulai dari BR-V S 6M/T, BR-V E M/T, BR-V E CVT, dan BR-V Prestige. Dari keempatnya hanya satu yang ditawarkan dengan harga di bawah Rp250 jutaan yakni BR-V S 6M/T seharga Rp248,9 juta.

DFSK Glory 560

Melihat manisnya pasar Low SUV di Tanah Air, pendatang baru asal China, DFSK langsung tancap gas dengan meluncurkan Glory 560. Mobil yang sudah dirakit secara lokal di Banten ini coba menggebrak pasar Low SUV dengan menawarkan berbagai keunggulan dan harga yang lebih terjangkau dari para pesaingnya.

Glory 560 jadi penyumbang terbanyak pemesanan DFSK. (Foto: Carmudi/Yongki)

DFSK punya lima varian, terdiri dari Type B (1.5T) 6MT, Type C (1.5T) 6MT, Type L (1.5T) 6MT, Type L (1.5T) CVT, dan Type L (1.8L) CVT. Menariknya varian tertinggi DFSK Glory 560 dibanderol tidak lebih dari Rp250 juta.

  • Glory 560 Type B (1.5T) 6MT Rp196,5 juta
  • Glory 560 Type C (1.5T) 6MT Rp226,5 juta
  • Glory 560 Type L (1.5T) 6MT Rp236,5 juta
  • Glory 560 Type L (1.5T) CVT Rp246,5 juta
  • Glory 560 Type L (1.8L) CVT Rp246,5 juta.

Suzuki XL7

Tak mau hanya sebagai penonton, awal Februari lalu Suzuki secara resmi melepas mobil terbarunya yang bermain di segmen Low SUV. Mobil tersebut diberi nama XL7. Mobil yang dibangun menggunakan platform Ertiga ini hadir dalam tiga tipe dengan enam varian Suzuki XL7. Ada tiga varian yang dibanderol di bawah Rp255 juta.

Suzuki XL7 resmi meluncur di Indonesia. Foto: Carmudi/Dimas)
  • XL7 ZETA M/T Rp232 juta
  • XL7 ZETA A/T Rp242,5 juta
  • XL7 BETA M/T Rp248,5 juta.

Semua harga yang tertera di atas berlaku untuk wilayah Jakarta (on the road Jakarta).

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Empat Hal yang Perlu Diketahui Tentang Kia Sonet

 

Previous post
Bermodal Rp25 Ribu Bisa Dapat Suzuki Ignis Modifikasi di Ajang IMX 2020
Next post
Mobil Pribadi yang Melanggar Sistem Ganjil Genap Tidak Jadi Didenda