Mobil

Daftar Mobil MPV Paling Irit Konsumsi BBM di Indonesia

Pernahkah Carmudian bertanya-tanya mengenai mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) apakah yang paling irit di Indonesia?

Pertanyaan ini seakan-akan jadi pertanyaan wajib bagi mereka yang hendak membeli sebuah MPV.

MPV bisa dibilang punya harga terjangkau, perawatan mudah dan murah, serta mampu memuat banyak penumpang. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa MPV di Indonesia selalu digemari hingga saat ini.

Di luar hal tersebut, MPV juga memiliki kelebihan yakni ketersediaan suku cadang yang melimpah dan murah.

Bagi Carmudian yang ingin membeli mobil, kami akan mencoba membeberkan beberapa daftar mobil MPV paling irit konsumsi BBM. 

Simak ulasannya berikut ini!

Daftar Mobil MPV Paling Irit Konsumsi BBM

Suzuki Ertiga

Mobil MPV pertama yang paling irit di Indonesia menurut kami adalah Suzuki Ertiga. Mobil berkapasitas 7 penumpang ini sudah pernah kami tes ketika generasi terbarunya meluncur pada 2018 silam di Pulau Bali.

Generasi kedua dari keluarga Suzuki Ertiga ini dibekali dengan mesin baru dengan kode K15B. Mesin tersebut memiliki kapasitas 1.462 cc, 4 silinder, DOHC, VVT. 

Penjualan fleet Suzuki mobil mpv paling irit

Suzuki Ertiga (Foto: Suzuki)

Tenaga yang dihasilkan Suzuki Ertiga mencapai 103,2 hp @6.000 rpm, sedangkan torsi maksimumnya ada di 138 Nm @4.400 rpm. Mobil penggerak roda depan ini ditawarkan dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis.

Berapa konsumsi BBM Suzuki Ertiga?

Berdasarkan pengujian yang Carmudi lakukan ketika di Bali, mobil ini mampu mencatatkan konsumsi BBM di angka 1:27,7 km/liter untuk transmisi manual dan 1:25,9 km/liter untuk transmisi otomatis. 

Angka tersebut didapatkan dengan metode pengujian full to full. Kondisi jalan yang dilalui pun beragam mulai dari perkotaan hingga pegunungan dengan jumlah 4 orang penumpang di dalamnya. 

Namun untuk rute dalam kota konsumsinya mencapai 1:14-18 km/liter. Sehingga untuk mendapatkan gambaran nyata lebih berpatokan kepada konsumsi BBM dalam kota.

Konsumsi BBM Suzuki Ertiga

Jumlah silinder 4 silinder
Kapasitas mesin  1.462 cc
Teknologi  DOHC, VVT
Tenaga dan torsi  103,2 hp @6.000 / 138 Nm @4.400 rpm
Konsumsi BBM  1:14-18,6 km/liter

Toyota Avanza

Mobil MPV selanjutnya yang diketahui paling irit konsumsi BBM adalah Toyota Avanza. Nama besar Toyota Avanza rasanya tak perlu diragukan lagi.

Banyak orang sudah membuktikan ketangguhan mesin dan keiritan konsumsi BBM mobil ini. Mobil yang ditawarkan dengan dua pilihan mesin ini punya konsumsi BBM yang baik. 

Konsumsi BBM Avanza mobil mpv paling irit

Toyota Avanza memiliki opsi mesin 1.3 dan 1.5 yang bisa dipilih konsumen. (Foto: TAM)

Mesin pertama berkode 1NR-VE dengan kapasitas 1.329 cc, 4 silinder, DOHC, Dual VVT-i. Mesin kedua berkode 2NR-VE berkapasitas 1.496 cc, 4 silinder, DOHC, Dual VVT-i.

Konsumsi BBM untuk mesin 1.3 berdasarkan pengujian ada di kisaran 1:11-14 km/liter. Tentunya angka tersebut didapat untuk pemakaian rute kombinasi selama berkendara di dalam kota.

Untuk pemakaian luar kota, angka konsumsinya bisa sedikit lebih baik. Sedangkan untuk mesin 1.5, konsumsi BBM-nya ada di kisaran 1:9,8-12 km/liter untuk pemakaian rute kombinasi di dalam kota.

Konsumsi BBM Toyota Avanza 1.3

Konsumsi BBM Toyota Avanza 1.5

Jumlah silinder: 4 silinder segaris Jumlah silinder: 4 silinder segaris
Kapasitas mesin: 1.329 cc Kapasitas mesin: 1.496 cc
Teknologi: DOHC, Dual VVT-i Teknologi: DOHC, Dual VVT-i
Tenaga dan torsi: 95,1 hp @6.000 rpm / 120 Nm @4.200 rpm Tenaga dan torsi: 102 hp @6.000 rpm / 136,3 hp @4.200 rpm
Konsumsi BBM: 1:11-14 km/liter Konsumsi BBM: 1:9-12 km/liter

Mitsubishi Xpander

Sebagai penantang baru, Mitsubishi Xpander mampu merangsek ke dalam jajaran MPV dengan konsumsi BBM paling irit. Mobil yang pertama kali diperkenalkan ke Indonesia pada 2017 silam ini terkenal punya mesin mumpuni.

Xpander dibekali mesin dengan kode 4A91 berkapasitas 1.499 cc, 4 silinder, dengan teknologi MIVEC. Tenaga yang dihasilkan mesin ini mencapai 103 hp @6.000 rpm dengan torsi maksimum di angka 141 Nm @4.000 rpm. 

Tenaga tersebut tentunya disalurkan ke roda depan menggunakan dua macam pilihan transmisi yakni manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. 

Membeli Xpander Edisi Spesial

Mitsubishi Xpander (Foto: MMKSI)

Kami setuju jika konsumsi BBM Xpander ini ternyata cukup irit. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan oleh Fransiscus Rosano, Reviewer Carmudi, ternyata mobil ini mampu mencatatkan konsumsi BBM di angka 1:18 km/liter. Angka tersebut didapatkan dari perjalanan rute tol di sekitaran Jabodetabek. 

Selama melakukan pengetesan, gaya berkendara yang digunakan pun memakai metode ECO driving. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal di dalam pengujian konsumsi BBM.

Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander

Jumlah silinder: 4 silinder segaris
Kapasitas mesin: 1.499 cc
Teknologi: MIVEC, DOHC
Tenaga dan torsi: 103 hp @6.000 rpm / 141 Nm @4.000 rpm
Konsumsi BBM: 1:17-18 km/liter

Honda Mobilio

Mobil MPV lainnya yang punya konsumsi BBM irit adalah Honda Mobilio. Mobil satu ini juga kerap menjadi incaran masyarakat yang mau membeli mobil irit dengan harga terjangkau. 

Kami juga sudah pernah mengujinya beberapa waktu lalu dengan total jarak tempuh 350 km. Sepanjang perjalanan, ada dua metode yang kami gunakan yakni metode rute kombinasi dan metode ECO driving.

mobil mpv paling irit

Untuk rute kombinasi, mobil dengan kapasitas mesin 1.496 cc, 4 silinder, drive by wire ini mampu mencatatkan angka 1:12,8 km/liter. Rute tersebut terdiri dari jalanan dalam kota, macet, tol, langsam, dan akselerasi. 

Lalu untuk ECO driving, hasilnya sungguh di luar dugaan. Kami pun cukup takjub dengan angka konsumsi BBM Honda Mobilio yang ternyata amat baik. 

Angka yang berhasil kami dapatkan di tahun 2020 lalu mencapai 1:23,7 km/liter. Pengujian tersebut dilakukan dengan jarak tempuh lebih kurang 40 km dengan menganut gaya berkendara ECO.

Konsumsi BBM Honda Mobilio

Jumlah silinder: 4 silinder segaris
Kapasitas mesin: 1.496 cc
Teknologi: drive by wire
Tenaga dan torsi: 116 hp @6.600 rpm / 145 Nm @4.600 rpm
Konsumsi BBM: 1:12-23 km/liter

Aspek Penentu Mobil MPV Irit atau Boros BBM

Itu tadi beberapa mobil MPV paling irit konsumsi BBM rekomendasi Carmudi.

Namun di luar itu, tingkat keiritan konsumsi BBM pada sebuah mobil berpengaruh dari beberapa aspek. Misalnya seperti perawatan kendaraan, gaya berkendara, bahan bakar yang dipakai, rute yang dilalui, hingga jumlah muatan yang setiap hari dibawa oleh si pengendara itu sendiri.

Misalnya pengemudi A dengan B tidak bisa dipandang sama rata mengenai gaya mengemudinya. Walaupun pengemudi A dan B satu kantor dan rumahnya bersebelahan, tetapi gaya mengemudinya bisa sangat berbeda 180 derajat.

Honda Mobilio mobil mpv paling irit

Test drive Honda Mobilio (Foto: HPM).

Pengemudi A misalnya cenderung berkendara dengan santai dan menjaga putaran mesin tak lebih dari 2 ribu rpm yang membuat konsumsi BBM nya menjadi irit. Sedangkan si B berkendara dengan gaya agresif dan urakan, otomatis konsumsi BBM yang didapatkan juga akan menjadi boros.

Belum lagi pemilihan rute aktivitas pun bisa jadi faktor pembeda konsumsi BBM lainnya. 

Namun, setidaknya kami sudah mencoba memberikan gambaran mengenai beberapa mobil MPV paling irit yang ada di Indonesia.

Dari seluruh mobil yang sudah disebutkan tadi di atas, kira-kira mana yang menurut Carmudian yang paling irit?

Baca Juga: 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts