Sepeda motor

Daftar Motor Listrik Murah di Indonesia 2021, Ada Seharga Rp8 Jutaan

Kumpulan motor listrik. (Foto: PLN)

Jakarta – Kendaraan bertenaga listrik mulai banyak diminati saat ini. Cukup banyak mobil maupun motor listrik yang diluncurkan. Bagi pecinta motor, mungkin penasaran apa saja motor listrik yang murah di Indonesia?

Sebagian besar motor listrik yang sudah diluncurkan memiliki desain kompak. Karena mengandalkan tenaga listrik, kendaraan tersebut tentunya ramah lingkungan.

Tidak seperti motor konvensional yang harus mengisi bahan bakar di SPBU, motor listrik menggunakan baterai yang bisa diisi ulang di rumah sang pemilik.

Melihat harga motor listrik sendiri, dinilai cukup terjangkau. Bahkan, ada beberapa motor listrik yang harganya lebih murah dibandingkan motor konvensional.

Bagi yang tertarik untuk membeli motor listrik, Carmudi telah rangkum daftar motor listrik murah di Indonesia sebagai berikut

Daftar Motor Listrik Murah di Indonesia 2021

Gesits (Garansindo Electric Scooter ITS)

Motor listrik karya anak bangsa, Gesits. (Foto: Carmudi)

Motor listrik Gesits telah resmi meluncur di Indonesia pada April 2019 lalu dan sempat membuat heboh publik setelah dikendarai oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Motor listrik Gesits memiliki salah satu fitur canggih, yaitu Ride by Wire Electronic Throttle. Dengan adanya fitur tersebut, motor ini dapat dibawa berkendara dengan nyaman dan lincah seperti motor konvensional.

Di sisi lain, gesits juga memiliki tiga mode berkendara yang bisa dipilih sesuai keinginan pengemudi, yakni Eco Mode, Urban Mode dan Sport Mode.

Mode Echo memiliki kecepatan maksimal 25 kilometer per jam, sedangkan mode Urban, kecepatannya mencapai 50 kilometer per jam, serta mode Sport yang mencapai 70 kilometer per jam.

PT GESITS Technologies Indo (GTI) selaku produsen menjual motor listriknya melalui online dan sudah ada beberapa diler diwilayah Jakarta. GTI sudah membuat situs web resmi motor listrik gesits bagi para calon konsumen yang tertarik untuk membeli motor tersebut.

Jaringan pemasaran secara online pun diperluas. Pihak GTI telah melakukan kerja sama dengan salah satu situs jual beli online (e-commerce).

Dilansir dari e-commerce tersebut, motor listrik Gesits dijual seharga Rp27,5 juta On The Road (OTR) Jakarta.

United Motor T1800

United menjadi salah satu pabrikan motor listrik lainnya yang juga sempat viral dengan dua produk motornya, yaitu UNITED Type M dan UNITED Type B.

Selain itu, pihak United mempunyai produk motor listrik lainnya yang tidak kalah menarik yakni United T1800.

Motor listrik tersebut memiliki bodi gambot yang mirip dengan tampilan Yamaha Lexi. Memiliki motor listrik berkapasitas 1.800 watt, United T1800 dapat mencapai kecepatan hingga 70 km per jam.

Motor ini telah dibenamkan baterai 60V 28 Ah dengan teknologi lithium-ion yang hemat. Selain itu, T1800 ini sudah disematkan berbagai fitur modern, seperti display full digital dan Cut Off Energy Motor.

Untuk harganya sendiri, United T1800 dijual seharga Rp27 juta.

Viar Q1

skuter listrik q1

Viar hadirkan kembali motor listrik Q1 ke publik tanah air. (Foto: Carmudi Indonesia)

Motor listrik murah selanjutnya di Indonesia adalah Viar Q1. Motor listrik ini diklaim memiliki keseimbangan yang sangat baik antara desain dan teknologi yang dimilikinya.

Pihak Viar sudah bekerja sama dengan Bosch yang merupakan produsen kendaraan listrik asal Jerman. Bosch menjadi penyuplai utama drive system Viar Q1, sehingga spesifikasi motor tersebut dinilai mumpuni.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, Viar Q1 terbaru telah dibekali baterai berkualitas yang lebih baik, yaitu dua buah baterai Lithium Ion dengan kapasitas masing-masing 60V 23Ah.

Dua baterai tersebut diklaim dapat bertahan hingga jarak tempuh 120 km atau dua kali lipat dari Viar Q1 model sebelumnya. Di Indonesia, motor listrik Viar Q1 ini dijual dengan harga tidak sampai Rp20 juta, yakni seharga Rp18 juta.

BF Goodrich CG

BF Goodrich CG merupakan motor listrik yang mengusung desain berbeda dengan desain motor listrik lain pada umumnya.

Motor ini terlihat memiliki desain yang berani dengan mengusung konsep cafe racer berkelas. BF Goodrich CG telah dibenamkan baterai berkapasitas 72V 20Ah.

Dengan baterai tersebut, motor listrik ini dapat dibawa berkendara yang mencapai 60 km. Di sisi lain, BF Goodrich CG memiliki keseimbangan yang baik antara tenaga dengan handling-nya.

Hal ini terlihat dari bannya yang berukuran 2.75 – 18 pada bagian depan serta 5.00 – 16 di bagian belakang.

Sama seperti Viar Q1, harga BF Goodrich CG tidak sampai Rp20 juta. Dilansir dari web resminya, motor tersebut dijual seharga Rp19,8 juta.

Selis Eagle Prix

Motor listrik murah di Indonesia selanjutnya adalah Selis Eagle Prix. Jika melihat tampilan motor tersebut, terlihat mirip dengan Honda Beat.

Selis Eagle Prix memiliki motor penggerak dengan kemampuan sebesar 800 watt. Motor listrik ini pun diklaim dapat dibawa berkendara dalam jarak tempuh maksimal 35 km dengan kecepatan 40 km per jam.

Di sisi lain, Selis Eagle Prix menggunakan ban berukuran 3.00 x 10 inci dengan tipe tubeless, serta sistem pengereman drum brake. Harga Selis Eagle Prix sangat terjangkau, tidak sampai Rp15 juta. Dilansir dari web resminya, motor tersebut dijual seharga Rp14 juta.

BF Goodrich Angela

BF Goodrich memang menjadi pabrikan motor listrik yang berani menawarkan desain bervariasi. Selain Goodrich CG, motor listrik lainnya yang mengusung desain menarik yaitu BF Goodrich Angela.

Sesuai dengan namanya, motor ini diperuntukan bagi konsumen perempuan. Jika melihat tampilannya serta pilihan warna yang ditawarkan memang terlihat feminim.

BF Goodrich Angela dibenamkan baterai 60V 20Ah. Jarak yang ditempuh motor listrik tersebut dalam sekali pengisian adalah 55 km. Sama seperti Selis Eagle Prix, harga BF Goodrich Angela tidak mencapai Rp15 juta, yakni seharga Rp14,3 juta.

Ecgo 2

ECGO 2 putih- Ria Carmudi

Ecgo 2. (Foto: Carmudi/Ria)

Motor listrik Ecgo 2 merupakan kendaraan yang dibawa oleh PT Green City Traffic (GCT).

Motor ini dapat dipacu hingga 70 km/jam. Baterainya bisa menempuh jarak terjauh 80 km dalam sekali isi. Selain itu, Ecgo 2 juga dapat melewati genangan air setinggi 30 cm.

Ecgo 2 memiliki harga jual di bawah Rp10 juta, yaitu hanya Rp8,5 juta.

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik

Kelebihan motor listrik. (Foto: Kemenperin)

Dilansir dari berbagai sumber, Carmudi juga rangkum kelebihan dan kekurangan motor listrik sebagai berikut.

Kelebihan

Ramah lingkungan

Motor listrik pastinya ramah lingkungan karena mengandalkan teknologi listrik dan tidak mengeluarkan emisi gas yang dapat menyebabkan pencemaran udara.

Di sisi lain, sebanyak 95 persen baterai dapat didaur ulang untuk digunakan kembali.

Aman Dibawa Berkendara

Motor listrik memiliki tenaga yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Hal ini tentunya sangat berguna saat motornya dibawa berkendara di jalan perkotaan agar terhindar dari kecelakaan yang sering terjadi.

Misal, motor listrik dengan tenaga setara mesin motor konvensional 125 cc, kecepatannya bisa dibatasi hingga hanya 40 km per jam.

Tidak Perlu Ganti Oli

Berbeda dengan mesin motor konvensional, motor listrik tidak memerlukan ganti pelumas atau oli. Pengguna motor listrik hanya perlu memperhatikan kampas rem dan bannya.

Baca Juga

Kekurangan

Kekurangan motor listrik. (Foto: Carmudi/Yongki)

Jarak Tempuh Masih Terbatas

Jarak tempuh untuk motor listrik terbilang masih terbatas. Ini disebabkan keterbatasan kemampuan baterainya. Jarak tempuh maksimal motor listrik sekitar 120 km.

Waktu Pengisian Energi Cukup Lama

Pengisian energi untuk kendaraan listrik dapat mencapai waktu berkisar 6 jam untuk menempuh jarak sekitar 120 km. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu teknologi baru untuk mempercepat waktu pengisian energi kendaraan ini.

Penulis: Nadya

Editor: Lesmana

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts