BeritaSepeda motorSumber informasi

Daftar Sepeda Motor Yamaha yang Peluncurannya Dihadiri Valentino Rossi

Jakarta – Pembalap MotoGP sering sekali menjadi ikon sebuah produk terutama yang berbau otomotif. Banyak yang berangapan dengan hadirnya pembalap MotoGP apalagi yang sudah dikenal oleh banyak orang, mampu menaikkan nama merek. Bahkan menarik orang terlebih penggemar untuk memakai maupun membeli produk yang diluncurkan.

Seperti yang dilakukan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) sepeda motor Yamaha di Indonesia, dalam beberapa kali kesempatan selalu mengundang Valentino Rossi untuk hadir di acara peluncuran sepeda motor terbarunya.

Pembalap asal Italia itu bisa dikatakan sering berkunjung ke Indonesia. Bukan hanya hadir untuk meluncurkan sepeda motor baru dan tim balap Yamaha saja. Rossi begitu sapaan akrabnya juga pernah datang ke Indonesia untuk berlibur pada awal 2017.

Selepas menghadiri acara yang digelar oleh Yamaha di Jakarta, Rossi bersama dengan beberapa rekannya menyempatkan diri mengunjungi Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Lantas sepeda motor Yamaha apa saja yang peluncurannya dihadiri oleh pria dengan julukan The Doctor itu. Berikut ini daftarnya hasil rangkuman Carmudi:

1. Yamaha Xabre

Memanfaatkan saat libur balap MotoGP, Yamaha Indonesia mengundang Valentino Rossi untuk menghadiri sekaligus menunjukkan langsung sepeda motor Yamaha Terbaru yaitu Xabre.

Mengambil lokasi di Bali, acara peluncuran dilakukan pada Januari 2016. Pada saat peluncuran Yamaha Xabre, Rossi tidak ditemani oleh rekannya satu tim balap di MotoGP.

Yamaha Xabre (Foto: YIMM)

Nama Xabre memiliki filosofi desain “Ultimate Street Fashion Sport” yang terinspirasi dari sebuah pedang cahaya (Light Saber) yang berkesan X-treme agresif, sangat tajam, dan modern. Yamaha Xabre didukung mesin 150 cc LC4V Fuel Injection bertenaga 16,1 hp pada 8.500 rpm dan torsi 14,3 Nm pada 7.500 rpm.

Mesinnya telah mengadopsi SOHC dengan Cylinder Bore 57 mm Langkah Piston 58,7 mm yang sangat ideal untuk jalan perkotaan yang padat.

Sepeda motor sport telanjang (naked bike) ini dibanderol Rp30,7 juta. Panjang body mencapai 1.959 milimeter (mm), lebar 795 mm, dan tinggi 1.065 mm, sedangkan tinggi tempat duduk 805 mm serta memiliki bobot 135 kilogram (kg). Kapasitas tangkinya sendiri 10,2 liter.

2. All New Yamaha R15

Valentino Rossi untuk pertama kalinya ditemani oleh Maverick Vinales memperkenalkan sepeda motor terbaru Yamaha di Indonesia. Keduanya memperkenalkan All New YamahaR15 model 2017 dihadapan para main dealer dan dealer Yamaha di Jakarta pada 22 Januari.

Mereka kompak menggunakan wearpack andalannya. Sehari setelah perkenalan, All New YamahaR15 akhirnya resmi meluncur. Acara peluncuran diadakan di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat. Saat itu hanya ada Vinales saja tanpa Rossi. Setelah acara peluncuran, Vinales mencicipi aspal balap Sentul dengan menunggangi All New Yamaha R15.

Yamaha R15

Yamaha All New R15 resmi diperkenalkan. Foto/Carmudi Indonesia/Dony.

Sepeda motor bergaya sport dengan mesin 155 cc ini dibanderol seharga Rp35,3 juta untuk varian standar dan Rp35,9 juta untuk versi Movistar.

3. Yamaha Lexi

Yamaha Indonesia kembali menghadirkan rider MotoGP pujaan dunia, Valentino Rossi dan Maverick Vinales ke Jakarta. Kali ini keduanya memperkenalkan secara resmi keluarga baru MAXI Yamaha yaitu Yamaha Lexi. Perkenalan dilakukan di salah satu hotel ternama di Jakarta pada 26 Januari 2018.

Yamaha Lexi dikembangkan menjadi produk yang trendi di segmen premium. Dengan konsep “High-Value Utility Commuter Model”, Lexi menyajikan kepraktisan dan berbagai fitur modern dengan tampilan yang menarik perhatian pelanggan.

Yamaha Lexi mengusung mesin Blue Core 125 cc LC4V ditambah teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Mesin ini diklaim mampu menghembuskan tenaga sekuat 11,7 hp pada 8.000 rpm dan torsi puncak 11,3 Nm pada 7.000 rpm.

Lexi dibekali fitur Stop & Start System yang membuat mesin mati saat berhenti lebih dari 5 detik dan menyala kembali saat tuas gas diputar. Fitur ini mengurangi risiko bahan bakar terbuang percuma saat motor sedang berhenti.

Yamaha Lexi

Yamaha Lexi resmi meluncur (Foto: Santo/Carmudi)

Ada tiga tipe Yamaha Lexi yang dipasarkan oleh Yamaha Indonesia, di antaranya Lexi standar dijual Rp20,15 juta, Lexi-S Rp23 juta, dan tipa tertinggi Lexi-S ABS dibanderol Rp25,8 juta.

4. Yamaha MT-15 dan New MX-King

Setelah melakukan peluncuran Monster Energy Yamaha MotoGP Team yang menampilkan livery warna baru pada motor YZR-M1, Valentino Rossi dan Maverick Vinales juga menunjukkan sepeda motor terbaru dari Yamaha untuk konsumen di Indonesia yaitu Yamaha MT-15 dan MX-King.

Yamaha MT-15 dan MX-King terbaru datang dengan beragam perubahan sesuai kebutuhan berkendara masa kini. Tampilannya pun dibuat lebih menarik dan menyatu dengan karakterpengendara sehingga dapat menciptakan rasa berkendara yang lebih menyenangkan.

Kelahiran MT-15 melengkapi keluarga MT-series. Desain motor tampil sangar namun tetap stylish, penyematan fitur-fitur terbaru, serta pengoptimalisasian peforma mesin.

Valentino Rossi dan Maverick Vinales meluncurkan Yamaha MT-15 dan MX-King terbaru (Foto: Yamaha)

“MT-15 memiliki tampilan sporty dan agresif terutama pada bagian lampu depan yang sudah menggunakan teknologi LED Projector dengan desain MT-family yang begitu kuat. Posisi berkendaranya juga nyaman untuk melakukan berbagai manuver berkat kehadiran suspensi Up Side Down,” kata Valentino Rossi, Senin (4/1) di Jakarta.

Sedangkan untuk MX-King terbaru, Yamaha mencoba memperkuat kesan sporty dengan melakukan sentuhan perubahan di bagian wajah yang kini telah mengadopsi lampu LED dengan desain yang lebih tajam.

“MX-King kini terlihat lebih racy, bobotnya yang ringan membuat motor ini sangat lincah dan mudah untuk dikendalikan. Menurut saya MX-King merupakan motor bebek dengan karakter sport sejati,” terang Maverick Vinales, pada kesempatan yang sama.

Yamaha MT-15 ditawarkan dengan harga Rp34,95 juta sedangkan MX-King terbaru Rp22,9 juta.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts