Tips dan Trik

Daftar Servis Wajib Setelah Membeli Mobil Bekas, Dijamin Awet!

servis wajib setelah membeli mobil bekas

Diler DFSK siap melayani pemilik mobil yang akan melakukan servis (Foto: DFSK)

Jakarta – Servis wajib setelah membeli mobil bekas kerap dilupakan karena suka dianggap kurang penting, padahal banyak manfaat yang bisa didapatkan.

Salah satu langkah awal sebelum servis adalah wajib mengetahui kondisi mobil bekas pemilik sebelumnya.

Hal ini karena kita tidak akan tahu bagaimana perawatan mobil tersebut sebelumnya.

Riwayat atau servis berkala yang dilakukan pemilik sebelumnya bisa jadi pertimbangan. Tapi ada baiknya tetap wajib servis agar kamu yang membeli mobil bekas juga aman dan nyaman saat memakainya.

Servis Wajib pada Mobil Bekas

Nah, buat kamu yang sedang ingin membeli mobil bekas ada servis wajib yang bisa dilakukan setelah membeli mobil bekas.

Kira-kira apa aja, sih, servis wajib usai membeli mobil bekas ini?

Periksa Bagian Mesin

Mesin jadi salah satu bagian yang wajib diperiksa pada mobil bekas. Walaupun itu adalah mobil yang usianya baru di bawah lima atau lebih dari 10 tahun, mesin tetap jadi prioritas yang tak boleh dikompromi.

Hal ini karena kesehatan mesin bakal menentukan kenyamanan memiliki mobil tersebut ke depannya. Kebayang, dong. beli mobil bekas tapi mesinnya rusak-rusakan.

Yang ada bukannya bisa dipakai tapi malah jadi penghuni bengkel, nih. Terkadang hal ini paling sering dilupakan oleh para pembeli mobil bekas itu sendiri.

servis wajib setelah membeli mobil bekas

Cara mengecek keaslian odometer

Cek secara mendalam mengenai kondisi mesin dan lakukan servis. Misalnya bisa dengan mengganti oli mesin, oli transmisi, oli gardan dan komponen lain di dalam mesin.

Memeriksa bagian mesin juga termasuk ke dalam ruang bakar. Misalnya busi, kabel busi, seal-seal mesin, bagian pendinginan mesin, hingga AC.

Walaupun dapat mobil yang kondisinya bagus, pemeriksaan ini tetap wajib dilakukan. Bagaimana dapat yang kondisinya kurang bagus? Usahakan buka setengah bagian mesin biar tahu kondisi isi mesinnya.

Baca Juga:

servis wajib mobil bekas

Servis mobil hybrid Toyota (Foto: Santo/Carmudi)Memang uang yang harus dikeluarkan menjadi sedikit lebih mahal. Tapi ini jelas layak karena bisa bikin kamu sangat nyaman memakai mobil tersebut ke depannya karena kamu sudah tahu riwayat terakhir kapan mesin tersebut diservis.

Selain itu, kekurangan pada mesin mobil bekas ini juga jadi ketahuan saat mobil diservis.

Ingat, mobil dengan mesin yang sehat sudah pasti konsumsi bahan bakarnya juga baik. Jadi, jangan lupa ya buat memeriksa mesin ini.

Periksa Kelistrikan

Kelistrikan juga jadi bagian penting sama halnya seperti mesin. Ada baiknya setelah membereskan mesin, berlanjut ke pengecekan bagian kelistrikan.

Periksa komponen seperti alternator, sekring, aki dan komponen kelistrikan lainnya.

Buat memeriksa kondisi tegangan aki bisa menggunakan multitester. Caranya cukup pasangkan multitester di aki mobil yang sedang menyala. Lihat angka di multitester saat mesin mobil menyala tanpa beban.

servis wajib setelah membeli mobil bekas

Kelistrikan yang normal biasanya berada di 13 sampai 13,8 volt. Kurang atau lebih dari batas tersebut, biasanya ada yang bermasalah di bagian alternator atau aki.

Jika alternator bermasalah, segera diganti dengan alternator yang baru. Namun jika dana terbatas, alternator masih bisa diservis di bengkel spesialis dinamo.

Memeriksa kondisi sekering, kabel-kabel di dalam kabin dan kabel lainnya juga wajib dilakukan. Kelistrikan yang bocor bisa mempengaruhi keawetan aki.

Semakin banyak arus yang bocor, semakin cepat aki rusak. Kalau sudah rusak sih mobil enggak bakalan bisa distarter nih.

Periksa Bagian Kaki-kaki

Bunyi “glodak-glodak” atau “gruduk-gruduk” lebih baik jangan didiamkan begitu saja. Komponen kaki-kaki yang bermasalah kalau didiamkan akan bisa rusak di jalanan saat dipakai nanti.

Enggak mau, kan, lagi enak-enak nyetir, eh, kaki-kaki mobilnya ada yang patah atau lepas?

Makanya urusan kaki-kaki juga enggak boleh dikompromi atau diakal-akalin, deh.

servis wajib setelah membeli mobil bekas

Pemeriksaan kaki-kaki dan rem pasca perjalanan jauhApa aja bagian kaki-kaki yang perlu dicek? Pastinya komponen seperti tie rod, bushing, arm, suspensi, ball joint dan lainnya.

Buat memeriksa bagian kaki-kaki bisa mendatangi bengkel spesialis kaki-kaki. Pastinya, setiap roda wajib dibuka buat memeriksa kondisi kaki-kaki secara detail.

Begitu sudah dibuka baru ketahuan, deh, apa aja yang harus diganti. Kalau mau perbaikan kaki-kaki siapkan kocek yang cukup, ya!

Periksa Sistem Pendinginan Mesin

Bagian pendinginan mesin juga enggak kalah penting, nih. Pendinginan mesin yang optimal juga menjadi faktor kenyamanan dan keamanan saat berkendara di jalan.

Cek bagian sistem pendinginan mobil seperti radiator, selang radiator, waterpump, thermostat, reservoir hingga sensor-sensor.

Kenapa sih harus diperiksa, padahal temperatur mesinnya stabil?

Iya memang temperatur mesinnya stabil, tapi ada bagusnya juga kalau juga ikut diperiksa. Siapa tahu ada radiator yang bocor atau ada selang radiator yang sudah harus diganti. Malah bisa aja thermostat di mobil itu sudah enggak berfungsi.

servis wajib setelah membeli mobil bekas

Penyebab radiator mobil rusak.Kita tidak akan pernah tahu hal tersebut sebelum benar-benar diperiksa secara mendalam. Makanya lumayan penting memeriksa sistem pendinginan mesin.

Bawa saja ke bengkel servis khusus radiator terpercaya untuk dibersihkan. Usahakan gunakan air coolant atau air distilasi ketimbang memakai air keran.

Air coolant punya titik didih yang lebih rendah, sehingga temperatur mesin bisa lebih adem. Kalau pakai air tanah berisiko menyebabkan karat pada komponen pendinginan.

Cek secara detail soal komponen pendinginan mesin ini agar mesin tidak overheat saat dipakai.

Cek juga bagian ekstra fan yang bertugas mendinginkan radiator. Bisa saja ekstra fan tersebut sudah waktunya diganti tetapi didiamkan oleh pemilik mobil lamanya.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, lebih baik memeriksa daripada mogok di jalan akibat overheat yang disebabkan oleh sistem pendinginan mesin.

Baca Juga:

Periksa Bagian Pengereman

Servis wajib setelah membeli mobil bekas yang tak kalah penting adalah mengecek sistem pengereman. Misalnya mengecek minyak rem, kampas rem, seal kaliper hingga penyetelan rem tangan.

servis wajib setelah membeli mobil bekas

Usahakan kuras minyak rem yang ada pada mobil bekas tersebut. Tapi jangan lupa gunakan minyak rem yang sesuai dengan kebutuhan mobilnya. Ada yang DOT3 ada juga yang DOT4, ikuti saja sesuai spesifikasi mobil.

Ada baiknya juga mengganti kampas rem dan seal pada kaliper. Tujuannya agar peremajaan di bagian pengereman ini bisa memberikan keamanan optimal.

Walaupun mobilnya sudah tua, tetapi jika dirawat dan diremajakan dengan benar tetap akan nyaman dan aman. Pastikan selang minyak rem, kawat sling dan lainnya masih dalam kondisi baik.

Biasanya para pemilik mobil bekas ini menguras minyak rem bersamaan dengan pengecekan power steering. Minyak power steering dikuras untuk melihat kondisinya masih baik atau tidak.

Selain itu pada saat menguras kedua minyak ini kita juga jadi bisa melihat kondisi komponen. Misalnya komponen power steeringnya masih baik atau tidak dan komponen remnya masih bagus atau tidak.

servis wajib setelah membeli mobil bekas

Brum beri servis on the spot. (Foto: Carmudi/Dimas)Daftar servis wajib setelah membeli mobil bekas di atas bisa jadi referensi pada saat ingin melakukan perawatan. Usahakan beberapa servis wajib mobil bekas tadi langsung dilakukan setelah transaksi selesai.

Hal ini bertujuan agar kita ingat kapan terakhir kali melakukan servis.

Jangan lupa menyimpan bon perbaikan mobil tersebut agar menjadi pengingat dan bukti.

Jika punya keahlian mengoprek sendiri, malah lebih bagus. Kamu bisa mengurangi biaya jasa pengerjaan mekanik.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts