Home » Mobil » Daihatsu Ayla, City Car Mungil dengan Pengendalian Mudah

Daihatsu Ayla, City Car Mungil dengan Pengendalian Mudah

Daihatsu Ayla
Tampilan baru depan dan belakang Daihatsu new Ayla. Foto/Carmudi Indonesia.

Mobil berukuran kecil atau dimensi kompak memang kerap menjadi andalan bagi masyarakat Indonesia. Karena padatnya Ibukota Jakarta dan sempitnya jalan membuat city car dapat dengan mudah melibas berbagai medan perkotaan tanpa masalah berarti. Selain itu, konsumsi bahan bakar dari city car juga menjadi salah satu yang terbaik diantara jenis mobil lainnya.

Fenomena City Car di Indonesia

Karena memang city car ditujukan sebagai mobil yang digunakan di perkotaan. Selain dua hal di atas, ada juga aspek lainnya seperti kenyamanan dan ketersediaan spare part dengan harga yang bisa dibilang cukup murah.

Salah satu city car yang saat ini digandrungi oleh masyarakat Indonesia adalah Daihatsu Ayla. Yap, mobil yang masuk ke dalam skema LCGC oleh Pemerintah Indonesia ini menjadi salah satu mobil terlaris yang ada di Indonesia.

Mungkin belum semua orang mengetahui kiprah dan kelengkapan fitur dari Daihatsu Ayla ini. Untuk itulah Carmudi Indonesia akan memberikan pandangan secara lengkap mengenai mobil berkapasitas penumpang 5 orang ini.

Sejarah Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla ini pertama kali meluncur pada tahun 2013 silam. Ayla lahir bersamaan dengan Toyota Agya yang merupakan kembarannya. Ayla dan Agya sebenarnya sama saja, karena produk ini merupakan produk kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu.

Mobil yang lahir di pabrik Karawang, Jawa Barat ini merupakan mobil yang basisnya diambil dari Daihatsu Mira. Daihatsu merancang dan memproduksi mobil ini, yang kemudian dijual sebagai Daihatsu Ayla.

Mobil ini pertama kali meluncur di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 dan pertama kali dijual pada 9 September 2013 silam. Lumayan, sudah 5 tahun jika dihitung hingga tahun 2018 ini.

Selama 5 tahun ini, Daihatsu dan Toyota juga memberikan penyegaran dengan melahirkan generasi kedua dari Ayla. Dimensinya tak jauh berbeda, hanya saja penampilan interior dan eksteriornya mengalami perubahan demi memberikan inovasi dan variasi baru bagi masyarakat Indonesia yang menyukai kemewahan.

Hingga saat ini, Daihatsu Ayla maupun Toyota Agya baru mendapatkan 1 kali ubahan. Jadi, secara struktur mobil ini baru ada 2 generasi saja.

Desain Daihatsu Ayla 2018

Daihatsu new ayla
Tampilan baru Daihatsu new Ayla. Foto/Carmudi Indonesia.

Kami akan membahas generasi terbarunya yang meluncur di tahun 2017 lalu. Secara desain, mobil ini tidak memiliki perbedaan yang cukup banyak jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Beberapa ubahan hanya terjadi di bagian wajah depan dan belakang dari mobil ini. Di bagian depan, lampu depannya kini sudah mengaplikasikan LED dengan desain lampu yang juga baru.

Hal ini memberikan kesan sporty dan juga agresif dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Bumper depan juga terlihat lebih tegas dibandingkan dengan versi sebelum facelift.

Oiya, bagian gril dengan aksen krom juga menambah kesan mewah dari city car ini. Kini di bagian bawah bumper terdapat dua buah lampu fog lamp yang menggunakan model LED. Ubahan yang dialami ini menjadikan Ayla generasi terbaru hadir lebih baik dibandingkan dengan versi lama.

Di sisi samping, hampir sama dengan versi sebelumnya hanya saja velg yang dipakai kini terlihat lebih menawan dengan paduan warna dual tone hitam dan silver.

Bagian belakang yang menurut kami jauh lebih menarik dibandingkan dengan versi sebelumnya. Kalau versi sebelumnya bagian belakang mobil ini terlihat monoton, tapi di generasi terbaru ini desain belakangnya terlihat lebih sporty dan keren banget. Jujur saja, kami lebih menyukai desain belakang dari mobil ini dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Di model terbaru ini Ayla benar-benar terlihat sporty dari belakang. Oiya, desain lampu belakangnya berubah, menjadi lebih keren dibanding generasi sebelumnya.

Interior Daihatsu Ayla 2018

Daihatsu Ayla
Interior Daihatsu Ayla. Foto/Carmudi Indonesia.

Setelah membahas eksteriornya, bagaimana dengan interiornya? Hanya bagian head unit, jok, tombol setir dan trim saja yang berbeda. Sisanya tak ada perubahan yang sangat berarti dari mobil ini. Interiornya masih sama dengan versi lama, hanya saja kini sudah memakai head unit layar sentuh 2DIN yang membuatnya lebih modern.

Tampilan speedometer juga masih menggunakan model lama, hanya di bagian setir yang diberikan tambahan tombol pengaturan untuk audio dari head unit. Tombol ac, tombol spion, lubang ac semuanya sama persis. Joknya kini terlihat seakan seperti jok racing dengan potongan yang menurut kami juga lumayan keren. Trim pintu juga menggunakan warna yang senada dengan jok, tidak lagi hitam seperti versi lama.

Soal ruang penyimpanan, mobil ini masih memiliki ruang penyimpanan yang banyak. Ada di bagian pintu, glove box, di dekat setir, di bawah dashboard, dan konsol tengah dekat dengan rem tangan.

Seat Daihatsu Ayla

Posisi duduk dari jok model baru ini juga lebih nyaman dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Hal ini dikarenakan busa jok yang lebih tebal dan desain potongan jok yang lebih sporty seakan memeluk badan dengan erat. Ah, jadi pengen duduk lama-lama.

Di jok baris kedua kini memiliki posisi yang lebih landai sehingga memberikan efek duduk yang lebih rileks dibanding Ayla versi pertama yang punya posisi duduk lebih tegak.

Di bagian belakang, kini terdapat luggage tray yang bisa digunakan untuk menutupi barang di bagasi maupun menaruh barang di atas tray tersebut. Penyegaran yang cukup baik, mengingat tray seperti ini kami rasa cukup penting untuk memberikan kesan rapi pada mobil ini.

Bagaimana dengan fitur dari mobil ini? Daihatsu kini memberikan beberapa tambahan fitur seperti back sonar di bagian belakang untuk tipe X dan R, dual SRS airbag, side impact beam, kunci immobilizer, rear stabilizer, pedal clutch anti back up yang berguna untuk mematahkan pedal rem pada saat mobil mengalami benturan.

Fitur Keselamatan Daihatsu Ayla 2018

Soal keselamatan, mobil ini punya airbag dua titik, child safety lock, dan pengingat sabuk pengaman. Walaupun mobil ini merupakan mobil kecil, tetapi kapasitas mesin yang digunakan hampir serupa dengan MPV yang ada di Indonesia.

Seakan benar-benar mengerti kemauan konsumen, Daihatsu melahirkan Ayla generasi terbaru ini dengan mesin yang baru.

Mesin dan Konsumsi BBM Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla
Mesin Daihatsu Ayla. Foto/Carmudi Indonesia.

Pada generasi pertama, Ayla hanya hadir dengan mesin berkapasitas 998, 3 silinder bertenaga 64 hp dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan.

Kini, Daihatsu Ayla hadir dengan mesin 1.197 cc, 4 silinder bertenaga 88 hp dengan pilihan transmisi manual dan otomatis. Perubahan dan penyegaran ini tentunya membawa angin segar terhadap penjualan Daihatsu. Maka dari itu, penjualan mobil ini pun semakin meningkat setiap tahunnya.

Soal konsumsi bahan bakar, Daihatsu Ayla menjadi salah satu mobil yang memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat baik. Sebagai gambaran, mobil ini mampu menempuh jarak hingga kisaran 15-20 km untuk satu liter bensin. Tentunya hal tersebut juga diimbangi dengan gaya berkendara dan kondisi jalanan yang lengang.

Konsumsi bahan bakar setiap mobil tentunya tidak dapat dijadikan patokan, karena setiap pengemudi memiliki gaya berkendara masing-masing yang tidak akan pernah sama.

Review Daihatsu Ayla 2018

Kebetulan, Carmudi Indonesia sudah pernah mencicipi Ayla generasi terbaru ini lewat unit review yang disediakan oleh Daihatsu. Pada saat menyalakan mesin, kesan pertama memang tak ada perbedaan, sama dengan versi lama. Hanya saja begitu persneling sudah masuk, tenaga yang disalurkan oleh mesin 1.200 cc ini terasa cukup berisi.

Handling dari mobil ini juga semakin bertambah. Jadi lebih enak untuk diajak melibas tikungan walaupun dalam kondisi kecepatan yang lumayan kencang. Gejala limbung memang masih terasa, namun lebih baik dibandingkan dengan generasi pertamanya. Karakter mesin yang halus dan smooth membuat berkendara menjadi cukup nyaman.

Posisi duduk yang diberikan oleh jok depan terasa sedikit lebih tinggi. Hal ini bisa aja disebabkan oleh busa jok yang lebih tebal. Duduk di baris kedua, juga terasa cukup rileks. Hal ini berkat posisi jok yang lebih rebah dibandingkan dengan generasi pertamanya yang punya jok dengan posisi duduk yang tegap. Ruang kaki dan kepalanya tak ada perbedaan, sama saja.

Sembari menikmati jalanan, kami pun menyalakan head unit untuk mendengarkan music. Kualitas suara yang dihasilkan oleh audio standardnya terasa lebih baik. Enaknya head unit touch screen yang cukup informatif ini memudahkan untuk menyetel lagu kesukaan lewat jaringan Bluetooth yang bisa terkoneksi dengan smartphone.

Adanya tombol pengaturan suara di bagian setir juga menambah kesan mewah dan memberi kemudahan saat berkendara.

Selebihnya, mobil ini masih terasa sama dengan generasi yang sebelumnya. Saran dari kami adalah, jika Anda adalah orang yang suka berkendara sedikit ngebut pilihlah mobil ini dengan transmisi manual. Tenaga yang tersalurkan oleh mesin 1.200 cc transmisi manual ini lebih baik ketimbang transmisi otomatisnya.

Transmisi otomatis ini kami rasa cukup lemot jika di kick down. Makanya kembali lagi kepada selera Anda dan gaya berkendara dari setiap orang.

Harga Daihatsu Ayla 2018

Mobil ini dijual oleh Daihatsu dengan 16 varian yang terdiri dari beberapa tipe dan transmisi yang berbeda-beda. Untuk harganya sendiri, mobil ini dibanderol di kisaran Rp 95-149 jutaan.

Harga ini menurut kami cukup worth it untuk sebuah city car yang punya konsumsi bahan bakar yang cukup baik. Fitur yang ada pada mobil ini memang tidak terlalu banyak, namun ada satu kelebihan dari mobil ini.

Mobil ini memiliki jaringan bengkel dan ketersediaan spare part yang sangat banyak dan melimpah. Harga jual kembali dari mobil ini juga sangat baik, mengingat nama besar Daihatsu memiliki aftersales yang baik sama seperti halnya Toyota. Masyarakat Indonesia juga sudah mengenal nama besar Daihatsu sejak lama.

Nggak salah deh kalau mobil ini tetap menjadi primadona di kelas city car oleh masyarakat Indonesia. Kesimpulan dari kami adalah, mobil ini merupakan city car yang cocok untuk dipinang bagi keluarga muda yang menginginkan mobil dengan perawatan yang minim dan harga spare part yang terjangkau. Konsumsi bahan bakar dari mobil ini juga cukup baik untuk diajak berkeliling Ibukota Jakarta.

Performa mesin yang dihasilkan oleh mobil ini juga di atas rata-rata. Kecepatan tertinggi yang pernah kami catatkan menggunakan mobil ini mencapai lebih dari 120 km/jam.

Tentu saja hal ini dilakukan di jalanan dengan pengetesan yang aman. Tetapi kami tidak menyarankan jika mobil ini digunakan untuk dipacu pada kecepatan di angka lebih dari 120 km/jam. Keamanan mobil ini kurang memadai untuk diajak kebut-kebutan di kecepatan tinggi.

Tertarik memiliki klik di sini untuk spesifikasi lengkap Daihatsu Ayla 2018.

Untuk harga pasaran Daihatsu Ayla seluruh Indonesia, bisa cek di sini.

Previous post
Pesan Menteri Jonan, Pertamina Harus Punya Pengisian Daya Baterai Cepat
Bisnis Mitsubishi Xpander dan Garuda Indonesia
Next post
Garuda Indonesia Lakukan Pembelian Mitsubishi Xpander Hingga 800 Unit