Berita Mobil Sepeda motor Tips dan Trik

Daihatsu Ayla Tidak Kuat Nanjak hingga Kelonggaran Membayar Pajak Kendaraan

Jalan Kali Kenteng (Foto: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)

Jakarta – Sejak Sabtu lalu (9/6) sebagian masyarakat Indonesia mulai bergerak meningggalkan kota Jakarta. Menuju kampung halaman untuk merayakan lebaran bersama keluarga.

Penggunaan kendaraan pribadi baik itu mobil maupun sepeda motor masih menjadi pilihan utama bagi pemudik. Alasannya lebih fleksibel, hemat dan mudah jika dibandingkan dengan menaiki transportasi umum.

Dalam upaya membantu sekaligus memberikan informasi terbaru kepada masyarakat yang mudik lebaran, berita Carmudi satu minggu ke belakang di dominasi oleh tips. Yaitu  seputar mudik lebaran bagi pengguna mobil dan sepeda motor.

Masih dalam suasana mudik, kabar lainnya yang tidak kalah menarik. Yaitu terkait video yang memperlihatkan Daihatsu Ayla yang tidak kuat melewati tanjakan Kali Kenteng.

Sementara itu diluar dari informasi mudik lebaran, ada berita lain yang juga menarik perhatian pembaca, yaitu mengenai kelonggaran pembayaran pajak kendaraan.

Berikut ini rangkuman berita Carmudi dalam satu minggu ke belakang:

1. Daihatsu Ayla Tak Kuat Nanjak

Gelombang pertama arus mudik lebaran diwarnai oleh tragedi kecil yang melibatkan mobil pemudik merek Daihatsu Ayla. Dimana tidak kuat melahap tanjakan Kali Kenteng, Susukan, Kabupaten Semarang.

Kejadian tersebut langsung menjadi pembicaraan banyak orang. Lantaran rekaman video yang memperlihatkan suasana kepanikan saat mobil nyaris turun tersebar di media sosial.

Baca juga: Cuma Punya Mesin 1.000 Cc, Begini Cara Supaya Mobil LCGC Kuat Nanjak

Tidak sedikit netizen yang berpendapat bahwa kecilnya kapasitas mesin dari Ayla menyebabkan mobil tidak kuat menanjak. Namun disamping pendapat tersebut ada juga yang mengatakan untuk melintasi tanjakan dibutuhkan teknik khusus jadi tidak ada hubungannya dengan mesin kendaraan.

“Di Jawa Timur banyak tanjakan panjang seperti itu (tanjakan Jembatan Kali Kenteng). Sudah saya test pakai Ayla bermuatan full, mobil aman-aman saja,” ujar Achmad Subechi salah seorang netizen sekalugus penghobi otomotif yang ikut berkomentar terkait kejadian tersebut.

Baca juga: Bolehkah Mudik Menggunakan Mobil LCGC? Ini Kata Pakar

Sementara itu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengklaim tanjakan Kali Kenteng aman untuk dilalui kendaraan. Sebab tingkat kemiringannya hanya 5,7 derajat.

2. Mudik Menggunakan Sepeda Motor Bisa Ganggu Kesehatan

Pemerintah melalui kementerian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berikan himbauan agar pemudik tidak menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jauh. Meski begitu masih ada pemudik yang memakainya. Selain tidak aman, ini berisiko mengganggu kesehatan.

Baca juga: Awas, Ini Bahaya Mudik Menggunakan Sepeda Motor

Pemudik Sepeda Motor

Para pemudik yang menggunakan sepeda motor. Foto:/Ilustrasi

Adapun gangguan kesehatan yang akan dialami pemudik dengan sepeda motor adalah dehidrasi, terpapar karbon monoksida, dan kelelahan.

Baca juga: Mudik Naik Mobil Lewat Jalan Tol, Waspada Angin Samping

Baca juga: Buat Bikers, Hindari Mudik Pakai Kapal Laut di Malam Hari

Baca juga: Bagian Mobil yang Perlu Dicek Setelah Terjebak Macet

3. Donald Trump Pemer Mobil Lapis Baja

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un akhirnya bertemu setelah sekian lama berseteru. Pertemuan yang menarik perhatian dunia ini menyimpan sejumlah cerita yang menarik.

Salah satunya ketika Trump memamerkan mobil kepresidenan AS, Cadillac One. Atau lebih dikenal dengan sebutan ‘The Beast’ kepada Kim Jong Un.

Baca juga: Lihat Mobil Lapis Baja Donald Trump Kim Jong Un “Nyengir”

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong (Foto: UnInquirer.net/Youtube)

Donald Trump sempat memperlihatkan ruang kabin dari mobil berlapis baja itu. Tidak ada komentar yang keluar dari orang nomor satu di Korea Utara itu, tapi tampak keduanya terlibat percakapan singkat.

Baca juga: Intip Spesifikasi Mobil Kepresidenan AS, Donald Trump

4. Kelonggaran Membayar Pajak Kendaraan

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Dirlantas Polda Metro Jaya memberikan kelonggaran. Yaitu bagi pengguna kendaraan yang belum sampat membayar pajak karena terbentur libur lebaran.

Seperti diketahui libur lebaran pemerintah memberlakukan cuti bersama, otomatis beberapa layanan publik juga libur. Dengan begitu tidak ada denda yang harus ditanggung oleh pemilik kendaraan.

Baca juga: Mau Bayar Pajak Kendaraan Tutup, Buka Kembali Setelah Lebaran

Pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) libur sejak 11 hingga 20 Juni 2018, buka kembali pada 21 Juni 2018.

Baca juga: Lebih Tenang Selama Mudik, Unduh Aplikasi dari NTMC POLRI

5. All New Honda Vario 125 dan 150 Laku Keras

All New Honda Vario 125 dan All New Honda Vario 150 mencatatkan angka penjualan yang baik pada periode Mei 2018. Tercatat sebanyak 107.559 unit Vario terbaru yang terjual. meningkat signifikan dibanding penjualan bulan lalu sebesar 89.402 unit.

Peluncuran All New Honda Vario (Foto: Santo/Carmudi)

Penjualan skutik Honda pada Mei 2018 sebanyak 372.442 unit, pada segmen ini Honda Vario series terjual 120.376 unit. Pencapaian ini menjadikan Vario series sebagai penyumbang penjualan terbanyak kedua setelah BeAT series yang terjual 163.935 unit.(dol)

(Baca juga: All New Honda Vario 125 dan All New Honda Vario 150 Laris Manis)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/