Home » Berita » Daihatsu Buka Suara Soal Sirion

Daihatsu Buka Suara Soal Sirion

All New Daihatsu Sirion
All New Sirion tampil lebih stylish menginjak generasi ke tiga. (Sumber: carmudi.co.id)

Jakarta – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Daihatsu di Indonesia memasarkan sembilan produk dari berbagai segmen di dalam negeri. Sebut saja satu di antaranya Daihatsu Sirion. Mobil hatchback yang menyasar kaum muda itu mendapat tekanan yang luar biasa dari para pesaingnya di segmen yang sama. Tak heran jika penjualannya sebulan hanya menyentuh angka ratusan unit saja.

Meski demikian, Daihatsu tidak patah semangat. Saat ini pihaknya tengah melakukan studi untuk membuat Daihatsu lebih digemari oleh konsumen di Indonesia.

“Kami memang lagi membuat studi karena banyak sekali masukan dari teman-teman kok jualan Sirion di level 150-an paling tinggi 200 unit. Walaupun total penjualannya sudah naik dari tahun lalu sebesar 13 persen,” ungkap Amelia Chandra selaku Marketing Director PT ADM, di Sunter, Jakarta Utara, Kamis (9/1/2020).

Perempuan yang akrab disapa Amel itu menambahkan bahwa salah satu penyebab kurang cemerlangnya penjualan Sirion karena uang muka (down payment/DP)-nya masih terbilang tinggi walaupun sudah dipotong dengan diskon.

“Kami sudah analisa, DP Sirion itu paling mahal karena diskonnya paling kecil hanya sekira Rp5 juta, sementara merek lain diskonnya cukup besar, kalau Baleno Rp25 juta,” tambah Amel.

Menurut Amel, DP dipotong diskon yang besar efeknya meringankan konsumen dalam melakukan pembayaran. Sebaliknya, jika DP dipotong diskon yang kecil cukup memberatkan konsumen.

“Sementara Daihatsu Sirion dengan DP lalu dikurangi diskon Rp5 juta akan lebih mahal dari brand lain,” terang dia.

Daihatsu Sirion Terbaru Meluncur Maret

Daihatsu Sirion
Daihatsu Sirion terbaru dijanjikan meluncur Maret nanti. Foto/Okezone.

Dari berbagai masukan soal Sirion, Daihatsu sudah menyiapkan strategi baru. Rencananya Daihatsu Sirion akan disegarkan, kemudian harga jualnya akan diracik sedemikian rupa dengan harapan bisa meningkatkan penjualannya di tahun ini.

“Tunggu saja di bulan Maret kami akan lakukan penyegaran untuk Daihatsu Sirion beserta strategi harga yang baru. Karena enggak mungkin diskon Rp5 juta bisa membuat DP Sirion menjadi rendah. Jadi kami sudah tahu penyebabnya adalah karena diskon kecil kemudian karena masyarakat kita banyak belinya kredit, jadi strateginya harus di harga,” ungkas Amel.

Daihatsu Sirion ditawarkan dalam dua varian, Sirion transmisi manual seharga Rp191,1 juta, sedangkan yang bertransmisi otomatis Rp202,1 juta.

Mobil hatchback yang didatangkan dalam bentuk utuh dari Malaysia ini terakhir kali mendapatkan pembaruan pada 2018.

Berbekal mesin 1NR-VE 1.3L DOHC Dual VVT-i, Daihatsu Sirion lebih irit bahan bakar dibanding versi lawasnya. Selain itu, Sirion juga dilengkapi beberapa fitur seperti keyless system, start/stop button, 2DIN Touch Screen Audio dan kamera parkir.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

“Gateaway” Bersama Honda HR-V, Berpetualang di Kota Malang

peluncuran daihatsu grand new xenia 1.5
Previous post
Demi Toyota Avanza Jadi Nomor Satu, Daihatsu Korbankan Xenia
Next post
Banyak Program Penjualan, Awal Tahun Waktu yang Tepat Beli Mobil DFSK