HomeBeritaDaihatsu Dipastikan Akan Meluncurkan Mobil Baru Tahun Ini

Daihatsu Dipastikan Akan Meluncurkan Mobil Baru Tahun Ini

Mobil Baru Daihatsu
Daihatsu Ayla dan Sirion terbaru meluncur Maret 2020 (Foto: Daihatsu)

Jakarta – Tahun lalu PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Daihatsu hanya mendatangkan dua mobil baru.

Keduanya bukan model yang benar-benar baru, melainkan hanya versi penyegaran dari model yang sudah ada sebelumnya, yaitu Ayla dan Sirion.

Kendati hanya membawa dua mobil baru saja, tetapi Daihatsu berhasil mempertahankan posisinya sebagai merek mobil terlaris kedua di Indonesia.

Menariknya lagi, prestasi tersebut diraih sejak 2009, artinya sudah 12 tahun berturut-turut Daihatsu berada di posisi dua tepat dibawah Toyota.

Baca Juga:

Memasuki 2021, Dahatsu optimis perekonomian semakin membaik dibanding 2020. Harapannya penjualan mobil bisa kembali normal sama seperti 2019 sebelum pandemi Covid-19 menyerang.

Berbagai strategi telah disiapkan oleh Daihatsu demi mempertahankan posisinya sebagai merek mobil terlaris kedua dan meraih pangsa pasar minimal 17 persen.

Salah satu strategi yang akan dijalankan adalah meluncurkan mobil baru sama seperti yang akan dilakukan oleh pabrikan lain di dalam negeri.

Daihatsu Rocky dicurigai sedang Uji Jalan di Indonesia (Foto: Instagram/@Indra_Fathan)

“Pada dasarnya setiap merek bukan hanya Daihatsu akan melakukan peneyegaran produk di waktu tepat. Tahun ini 2021 Daihatsu sudah menyiapkan rangkaian untuk penyegaran produk,” ungkap Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM dalam jumpa pers secara virtual, Jumat (15/1/2021).

Namun sayang, perempuan yang akrab disapa Amel itu menolak menyebutkan secara rinci mobil-mobil baru apa saja yang akan diluncurkan tahun ini.

“Waktunya kapan, nanti kami infokan. Tapi bukan hanya Daihatsu, semua merek mobil akan melakukan hal yang sama (meluncurkan mobil baru),” tutur Amel.

Daihatsu Rocky Meluncur 2021

Pihak ADM sendiri memang belum secara terang-terangan menyebut nama mobil baru yang akan diluncurkan tahun ini.

Tetapi berdasarkan keterangan yang didapat dari Customer Service Directorate Daihatsu Motor Company, H. Ashitani, menyebutkan bahwa mobil baru Daihatsu bernama Rocky dipastikan meluncur di Indonesia.

Daihatsu Rocky produk kedua dari DNGA (Daihatsu New Global Architecture) yang akan disebut Rocky A-SUV, direncanakan akan diperkenalkan di Indonesia pada 2021,” ungkap Ashitani dalam kata sambutannya di acara Daihatsu National Technical Skill Contest 2020, Februari 2020 lalu.

Daihatsu Rocky (Foto: Paultan)

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, Daihatsu Rocky punya tiga fitur utama dan paling baru yang dimiliki oleh Daihatsu.

“Pertama, platform DNGA, hal yang baru untuk pasar luar negeri kami. Kedua, transmisi D-CVT, CVT yang digerakkan oleh sabuk dan roda gigi pertama di dunia, dan ketiga teknologi keselamatan yang canggih,” terangya.

Seperti diketahui, komapak SUV ini debut perdana dunia di Tokyo Motor Show 2019.

Di Jepang, Daihatsu Rocky dibekali mesin 1.0 liter berkonfigurasi tiga silinder segaris DOHC, intercooler turbo. Tenaga yang dihasilkan sebesar 96 Hp pada 6.000 Rpm dan torsi maksimal 140 Nm pada 4.000 Rpm.

Panjang mobil ini sekira 3.995 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.620 mm dengan wheelbase 2.525 mm.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

uji emisi Jakarta
Previous post
Terungkap, Perhatikan Hal Ini Jika Mobil Mau Lulus Uji Emisi
Next post
Cek Dulu Bagian Ini Sebelum Beli BMW E39 Bekas, Waspada Unit Kemakan Usia