Berita

Daihatsu Gelar Kontes Mekanik Demi Tingkatkan Kualitas Layanan

 

kontes mekanik

Kontes Mekanik Daihatsu Berpotensi Melahirkan Mekanik Handal. (Foto: Carmudi)

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – Membuka 2018, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Daihatsu di Indonesia, menggelar kontes untuk para mekanik bertajuk Daihatsu National Technical Skill Contest di Jakarta pada Rabu (24/1).

Ajang tersebut diikuti oleh para mekanik Daihatsu yang mencakup teknisi, foreman dan service advisor untuk meningkatkan kualitas kemampuan teknis dan juga layanan kepada pelanggan.

“Kami percaya, untuk melayani pelayanan dalam purna jual Daihatsu yang terbaik, bukan hanya kemampuan secara individu. Tetapi juga semangat pelayanan dari seluruh team Daihatsu yang dapat memuaskan para pelanggan,” ujar Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT ADM di Daihatsu Technical Training Center, Sunter, Jakarta Utara.

“Melalui kontes ini, kami yakin kemampuan team work para mekanik Daihatsu dapat meningkat dan handal. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan demi kepuasan pelanggan,” sambungnya.

Kontes yang digelar setiap dua tahun ini menjadi kompetisi mekanik Daihatsu terbaik di seluruh Tanah Air. Sebanyak 1.964 peserta mengikuti ajang tersebut.

Sebelum memasuki babak final, para peserta lebih dahulu mengikuti seleksi yang diadakan di 8 area. Meliputi Sumatera, DKI 1, DKI 2, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan dan Indonesia Bagian Timur. Dari total peserta yang ada, terpilih 24 orang yang berhak melaju ke babak final yang diadakan di Jakarta.

Adapun tujuan diadakannya Daihatsu National Technical Skill Contest adalah untuk memotivasi para mekanik Daihatsu, supaya lebih terampil di masing-masing posisi yang diemban dan dapat memuaskan pelanggan.

“Tujuannya adalah menyiapkan orang yang bisa melayani konsumen dan bisa memuaskan sehingga konsumen merasa senang,” terang Direktur Marketing ADM, Amelia Tjandra pada kesempatan yang sama.

Kemudian After Sales Service Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation, Lili Herma menambahkan, “(Kontes ini) meningkatkan kualitas teknikal, sehingga teknikal kita handal”.

kontes mekanik

Para Petinggi ADM Berpose dengan Para Mekanik Juara

Kontes Mekanik Internasional

Kontes mekanik yang diadakan oleh ADM masih bersifat nasional dan belum bisa dinaikkan levelnya ke tingkat internasional. Hal ini dikarenakan produk Daihatsu yang dipasarkan di beberapa negara berbeda-beda.

“Karena Daihatsu produknya disetiap negara beda, kalau di Indonesia khusus produk untuk konsumen di Indonesia. Sama halnya seperti di Malaysia. Kalau di sana lebih banyak city car, begitu juga di Jepang yang paling banyak terjual adalah kei car sedangkan di Indonesia sendiri Low MPV,” ujar Amelia.

Dijelaskannya bila seandainya digelar kontes mekanik internasional produk yang digunakan untuk proses seleksi, pasti akan berbeda sehingga tidak ada keseimbangan ketika diadakan tes.

“Misalnya produk yang digunakan untuk proses seleksi pakai mobil yang dipasarkan di Malaysia. Pasti yang menang adalah mekanik Malaysia kan enggak adil, sebaliknya mekanik negara lain juga enggak paham dengan produk tersebut. Selama belum ada produk kita yang menjadi acuan dan adil makanya kita adakan sendiri-sendiri (per-negara)” terang perempuan yang akrab disapa Amel. (dna)

Berikut para pemenang Daihatsu National Technical Skill Contest 2018:

  • AI-DSO Malang, Jawa Timur (Juara 1).
  • Tunas Ahmad Yani, Jawa Barat (Juara 2).
  • AI-DSO Medan Sisingamangaraja, Sumatera (Juara 3).

Wahyu Perdana Putera

Berkarir di sejumlah online media sejak 2012 sebagai jurnalis teknologi, sains dan otomotif, kini di Carmudi Indonesia sejak Juli 2015 untuk mengulas & mempublikasikan kabar otomotif terkini dari perspektif lain. Menggilai mobil retro era '80-90an, modifikasi & kultur balap jalanan Jepang serta hobi modifikasi dengan aliran oldschool brutal seperti Shakotan, Kyusha & Kaido Racer. Email: [email protected]
Follow Me:

Related Posts