Berita

Daihatsu Indonesia Capai Target Jualan 2014

tabel daihatsu

Performa Penjualan Daihatsu Indonesia selama 2014

SEDIKIT melesu di akhir tahun, industri otomotif tetap mencatatkan angka penjualan yang sesuai target. Paling tidak hal itu terlihat dari hasil jualan pabrikan Daihatsu Indonesia selama satu tahun silam. Berbagai kondisi yang menyulitkan mampu dilalui Daihatsu Indonesia dan target pun terlampaui tipis dari yang sudah ditetapkan.

Daihatsu Indonesia menutup tahun 2014 dengan prestasi penjualan yang menggembirakan. Meskipun terjadi kenaikan kurs dan tingkat suku bunga serta di tengah kompetisi yang semakin ketat, wholesales Daihatsu sepanjang tahun 2014, telah melampaui target 185.000 unit, dan berhasil mencapai 185.226 unit.

Untuk wholesales, sepanjang tahun 2014, kontribusi penjualan Gran Max menjadi penopang utama penjualan Daihatsu dengan kontribusi penjualan sebanyak 71.276 atau 38.5% yang merupakan gabungan dari Gran Max Pick Up sebanyak 57.151 unit atau 30.9% dan Gran Max Minibus 14.125 unit atau 7.6%.

Kontributor berikutnya adalah MPV All New Xenia sebanyak 46.710 unit atau 25.2%. Sedangkan Astra Daihatsu Ayla menduduki posisi ketiga dengan meraih 40.775 unit atau 22%. Selanjutnya adalah SUV Daihatsu Terios menyumbang 18.774 unit atau 10.1%, Daihatsu New Luxio sebanyak 4.304 unit atau 2.3% dan Sirion 3.387 unit atau 1.8%.

Astra Daihatsu Ayla Back View

Data Retail Positif

Sementara itu perincian retailsales tidak berbeda jauh dengan wholesales. Penjualan Gran Max mencapai 69.620 unit atau 37.9% yang terdiri dari Gran Max Pick Up sebanyak 55.010 unit atau 29.9% dan Gran Max Minibus 14.610 unit atau 8%.

Disusul MPV All New Xenia sebanyak 46.517 unit atau 25.3%. Astra Daihatsu Ayla di tempat ketiga berkontribusi 40.658 unit atau 22.1%. Sementara produk Daihatsu lainnya yaitu Terios menyumbang 18.865 unit atau 10.3%, New Luxio 4.455 unit atau 2.4% dan Sirion sebanyak 3.587 unit atau 2%

”Kami sangat bersyukur atas pencapaian sepanjang 2014 dan berterimakasih kepada masyarakat Indonesia yang telah memberi kepercayaan kepada Daihatsu, sehingga penjualan wholesales Daihatsu mampu mencapai 185.226 unit. Prestasi ini menjadi modal dan penyemangat kami untuk terus menjaga kualitas produk dan meningkatkan pelayanan di tahun 2015,” ungkap Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor selaku pemegang merek Daihatsu Indonesia.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts