Komunitas

Daihatsu Pamer Fitur Keselamatan ASA di Rocky Kepada Komunitas

Jakarta – Fitur keselamatan canggih milik Daihatsu yang bernama Advanced Safety Assist (ASA) kini hanya tersedia di Rocky 1.0L Turbo varian tertinggi. Sementara, varian di bawahnya bahkan model Daihatsu lain belum memiliki fitur canggih tersebut.

Begitu spesialnya fitur keselamatan ASA, membuat PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tertarik untuk memamerkannya ke Sahabat Klub yang merupakan komunitas pengguna mobil Daihatsu. Tujuannya agar komunitas mobil bisa tahu seputar fitur keselamatan canggih terbaru racikan Daihatsu, sekaligus fungsinya.

Inden Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky varian tertinggi paling diminati konsumen (Foto: Carmudi/Badjo)

“Kami ingin memperkenalkan teknologi terbaru Daihatsu Rocky kepada Sahabat Klub sebagai pelanggan setia dan juga merupakan bagian dari keluarga besar Daihatsu yang member-nya tersebar di seluruh Indonesia”, ujar Ben Faqih, People Development Department Head PT ADM.

Perkenalan fitur keselamatan ASA dilakukan secara virtual dalam sebuah acara bertajuk Auto Clinic dengan tema “Teknologi A.S.A. dan D-CVT Daihatsu Rocky”. Acara ini dihadiri oleh perwakilan pengurus serta anggota dari 20 komunitas mobil Daihatsu di seluruh Indonesia.

Sesuai dengan tema yang diusung, Daihatsu menjelaskan secara rinci mengenai fitur-fitur keselamatan apa saja yang tergabung dalam ASA.

ASA merupakan fitur keselamatan aktif yang berfungsi memberikan bantuan bagi pengemudi untuk meminimalisir resiko kecelakaan. Adapun fitur-fitur didalamnya sebagai berikut:

Pre Collision Warning dan Pre Collision Braking

Fitur peringatan dan pendukung pengereman ketika terdeteksi potensi tabrakan depan.

Fitur keselamatan canggih Daihatsu ASA terdapat di Rocky varian tertinggi (Doto: ADM)

Pedal Misoperation Control

Mencegah tabrak depan karena salah menginjak pedal gas.

Front Departure Alert

Memberikan peringatan kepada pengemudi jika sistem membaca kendaraan yang berada di depan sudah bergerak maju.

Lane Departure Warning dan Lane Departure Prevention

Memberikan peringatan bila mobil keluar lajur dan mengembalikan posisi mobil ke lajur sebelumnya.

Fitur-fitur tadi bekerja secara oromatis dibantu oleh sensor dan kamera stereo, lalu dikirim ke ECU, kemudian mengaktifkan sistem rem dan kemudi.

Penjualan Daihatsu Rocky

Interior Daihatsu Rocky (Foto: ADM)

Dual Mode CVT

Pada kesempatan yang sama, Daihatsu juga memperkenalkan Dual Mode CVT (Continuously Variable Transmission) yang sudah tersemat di Rocky.

Transmisi otomatis tersebut merupakan hasil pengembangan dari CVT sebelumnya melalui mekanisme split gear dengan 1 set planetary gear.

Hasil yang didapat dari penggunaan Dual Mode CVT membuat penyaluran tenaga dari mesin terasa lebih halus, terutama saat kecepatan rendah.

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *