Berita

Daihatsu Pertahankan Peringkat 2 Penjualan Ritel Selama 14 Tahun

Jakarta — Berkaca pada pencapaian 2022, Daihatsu kembali mempertahankan posisinya di peringkat dua penjualan ritel otomotif nasional selama 14 tahun.

Tahun 2022 pun terasa spesial bagi Daihatsu sebab mencapai market share tertinggi sepanjang sejarah perjalanan merek tersebut di Indonesia.

Daihatsu Pertahankan Peringkat 2 Penjualan Ritel Selama 14 Tahun

Berkaca pada pencapaian 2022, Daihatsu kembali mempertahankan posisinya di peringkat dua penjualan ritel otomotif nasional selama 14 tahun. (Foto: Daihatsu)

“Semoga capaian baik ini dapat terus kami raih di tahun berikutnya,” kata Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Selasa (17/1/2022) di Jakarta.

Lebih detail, pada 2022 Daihatsu sukses mencatatkan penjualan ritel sebanyak 188.660 unit kendaraan atau naik 24,9 persen dibandingkan 2021 yang sejumlah 151.107 unit.

Kemudian market share Daihatsu juga meningkat menjadi 18,6 persen atau naik 1,1 persen dibandingkan periode tahun lalu yang sebesar 17,5 persen.

Rapor biru penjualan Daihatsu tahun lalu ditunjang beberapa hal, salah satunya insentif fiskal yang diberikan oleh pemerintah.

All New Daihatsu Xenia

Rapor biru penjualan Daihatsu tahun lalu ditunjang beberapa hal, salah satunya insentif fiskal yang diberikan oleh pemerintah. (Foto: Daihatsu)

Seperti diketahui, tahun lalu pemerintah Republik Indonesia memberlakukan insentif PPnBM DTP yang berlangsung selama kuartal satu hingga kuartal tiga.

Di samping itu, kehadiran produk-produk baru Daihatsu baik yang membawa perubahan signifikan atau minor change juga dinilai turut mengangkat penjualan.

Tercatat ada empat model baru yang dihadirkan, yakni Sirion pada bulan Juni, Sigra pada Juli, Rocky pada Agustus, dan Gran Max pada Agustus.

Sigra, Mobil Daihatsu dengan Penjualan Ritel Terbanyak

Untuk model kendaraan Daihatsu yang paling laris adalah Sigra dengan penjualan ritel 2022 mencapai 47.066 unit.

Kontribusi model tersebut terhadap keseluruhan penjualan Daihatsu mencapai 24,9 persen.

Daihatsu GranMax 2022

Penjualan ritel Gran Max PU tembus 45.617 yang artinya berkontribusi 24,2 persen dan Xenia sebanyak 23.966 persen yang berkontribusi 12,7 persen.

Disusul Gran Max PU sebanyak 45.617 yang berkontribusi 24,2 persen dan Xenia sebanyak 23.966 persen yang berkontribusi 12,7 persen.

Sebagai informasi, penjualan ritel otomotif nasional tahun lalu pun mengalami peningkatan 17,4 persen hingga tembus di atas satu juta unit kendaraan.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play StoreDownload Carmudi di App Store

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: mada.prastya@icarasia.com

Related Posts