Berita

Daihatsu Rocky Facelift Dijadwalkan Meluncur November 2021, Ada Versi Hybrid

TokyoDaihatsu Rocky facelift tengah ramai diperbincangkan di Jepang. Padahal SUV kompak ini baru diluncurkan 2019 dan belum lama hadir di Indonesia dengan dua pilihan mesin.

Sebagaimana diberitakan Creative311, Rabu (28/7/2021), Daihatsu Rocky akan mengalami minor change alias facelift pada 1 November 2021. Menariknya, pada kesempatan yang sama Daihatsu juga akan memperkenalkan Rocky Hybrid.

Daihatsu Rocky Facelift

Daihatsu Rocky facelift meluncur jelang tutup 2021 (Foto: Carmudi/Badjo)

Adapun teknologi hybrid yang disematkan diberi nama e-Smart Hybrid. Kemungkinan teknologi tersebut akan bersanding dengan mesin bensin berkapasitas 1.0L Turbo 3 silinder, sama seperti yang terpasang di Rocky saat ini.

Bicara soal e-Smart Hybrid, ini merupakan teknologi terbaru hasil pengembangan Daihatsu. Bahkan, gambar dan merek dagang e-Smart Hybrid sudah dipatenkan secara resmi ke dinas terkait pada 25 September 2020.

Selain penambahan versi hybrid, tampaknya eksterior dan interior dari Rocky versi bensin akan mendapatkan sedikit ubahan.

Sejauh ini, spesifikasi, hingga kisaran harga jualnya masih disembunyikan.

Daihatsu Rocky facelift diperkirakan baru akan diproduksi pertengahan Oktober tahun ini.

Rocky Hybrid Sudah Terdengar Sejak Awal Tahun

Kabar kehadiran Daihatsu Rocky Hybrid bukan sesuatu yang mengejutkan. Pasalnya, pada awal 2021, Nikkei Asia pernah memberitakan bahwa Daihatsu tengah mempersiapkan Rocky hybrid. Hanya saja, waktu itu belum diketahui kapan mobil tersebut akan meluncur.

Diperkirakan Daihatsu Rocky Hybrid akan dibanderol sedikit lebih mahal ketimbang Rocky versi standar.

Mesin 3 Silinder

Mesin 3 silinder yang tersemat di Daihatsu Rocky minim getaran (Foto: Carmudi/Badjo)

Melalui penggunaan teknologi hybrid, Daihatsu menargetkan penghematan bahan bakar sekira 20% sampai 30%.

Langkah Daihatsu untuk memulai menerapkan teknologi hybrid pada produknya merupakan keputusan yang sangat baik. Terlebih perusahaan otomotif legendaris itu merupakan salah satu produsen kei car dan kei truck terpopuler di Jepang.

Statistik menunjukkan bahwa kedua jenis kendaraan tersebut menyumbang sekira 30% dari total penjualan kendaraan baru di negara tersebut.

Daihatsu Rocky di Indonesia

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Daihatsu di Indonesia, secara resmi merilis Rocky 1.0L Turbo pada akhir April. Selang satu bulan kemudian, munculah Rocky bermesin 1.2L tanpa turbo.

Kehadiran Rocky 1.2L di Indonesia menjadi yang pertama di dunia. Menariknya, tipe satu ini menggunakan mesin baru yang belum pernah digunakan pada produk Daihatsu lain.

Rocky 1.0L Turbo dibekali mesin berkode 1KR-VET dengan kapasitas 998 cc dan 3 silinder. Tenaga yang dikeluarkan 96.5 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 149 Nm di rentang 2.400-4.000 rpm.

Harga Daihatsu Rocky 1.2L Turun

Harga Daihatsu Rocky 1.2L turun (Foto: Daihatsu)

Sedangkan versi 1.2L mengusung mesin bertipe WA-VE 3 silinder bertenaga 86 hp dan torsi 112 Nm. Mesin ini diklaim bertenaga, tapi tetap irit bahan bakar.

Rocky 1.0L Turbo diniagakan dengan harga mulai dari Rp214,2 juta sampai Rp236,1 juta. Sementara Rocky 1.2L jauh lebih terjangkau, dimulai dari harga Rp178,9 juta hingga Rp215 juta.

Harga tersebut sudah dikenakan diskon PPnBM 100% dan berlaku untuk wilayah DKI Jakarta (OTR Jakarta).

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts