Berita

Daihatsu Rocky Meluncur di Indonesia 2021, Toyota Raize Kapan?

Toyota Raize (Foto: Toyota)

Jakarta – Toyota dan Daihatsu kembali berkolaborasi dengan membuat mobil kembar yaitu Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Keduanya meluncur pertama kali di Tokyo Motor Show (TMS) 2019 di Jepang. Sebagai awalan, kedua Sport utility vehicle (SUV) itu dipasaran di Jepang, namun tidak menutup kemungkinan dijual juga di negara lain.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Daihatsu di Indonesia sudah memastikan bahwa Rocky akan masuk ke dalam negeri tahun depan. Kepastian itu disampaikan langsung oleh Customer Service Directorate Daihatsu Motor Company, H. Ashitani awal Februari lalu.

Lantas bangaimana dengan Toyota Raize? Sampai saat ini PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku APM mobil Toyota masih menutup rapat keran informasi terkait SUV baru tersebut. Di sela peluncuran new Toyota Agya Kazunori Minamide, Marketing Director PT TAM sempat mengeluarkan penyataan bahwa untuk mendatangkan produk baru perlu adanya survei terlebih dahulu kepada konsumen di Indonesia.

“Kami selalu mempelajari permintaan konsumen. Kami dituntut untuk bagaimana selalu menyenangkan konsumen. Sayang sekali untuk saat ini kami belum memutuskan apa-apa hanya bisa menunggu kapan saat yang tepat (menghadirkan Toyota Raize),” kata Minamide.

Dibangun Menggunakan Platform DNGA

Baik Toyota Raize dan Daihatsu Rocky kedunya dibagun menggunakan platform yang sama yaitu Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Panjang Toyota Raize 3.995 milimeter (mm), lebar 1.620 mm dan tinggi 1.695 mm, serta memiliki jarak sumbu roda 2.525 mm. Mobil ini menawarkan kapasitas penyimpanan barang di bagasi belakang 369 liter.

Daihatsu Rocky (Foto: Paultan)

Bicara soal performa, Toyota Raize dilengkapi mesin 1.000 cc dengan turbo. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sekuat 96 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 140,2 Nm pada rentang 2.400-4.000 rpm. Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi transmisi otomatis D-CVT. Toyota juga tengah mempersiapkan Raize dengan pilihan transmisi manual.

Fitur keselamatan menjadi salah stau fokus utama Toyota. Khusus di Raize, pabrikan mobil asal Jepang itu telah menyematkan Adaptive Cruise Control dengan All Speed Tracking, Smart Panorama Parking Assist system, Collision Warning Function and Crash Avoidance Braking Function, dan Erroneous Start Prevention Function with braking control.

Di negara kelahirannya, Toyota Raize dijual dengan harga mulai dari 1.679.000 yen atau sekira Rp217,7 juta sampai 2.282.200 yen atau Rp296 juta.

Jika dibandingkan dengan saudara kembarnya yaitu Daihatsu Rocky perbedaan harganya cukup jauh. Daihatsu Rocky dibanderol mulai dari 1.705.000 yen (Rp226 juta) sampai 2.442.000 yen atau Rp316,7 juta.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts