MobilSumber informasi

Daihatsu Rocky Vs Toyota Raize, Mana yang Terbaik?

Jakarta – Nama Daihatsu Rocky dan Toyota Raize sepekan terakhir cukup menjadi perbincangan. Pasalnya kedua mobil tersebut dikabarkan akan segera meluncur tahun ini.

Namun yang cukup menarik, kedua mobil tersebut belum dirilis tetapi sudah mendapat relaksasi PPnBM. Hal ini jelas menjadi pertanyaan cukup besar, mengapa bisa?

Dalam keterangan resminya PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku pemegang merek mobil Daihatsu di Indonesia mengaku sengaja mendaftarkan Rocky. Mobil tersebut rencananya diluncurkan dalam masa program relaksasi pajak.

Namun kami tidak akan bicara mengenai soal relaksasi pada 2 mobil yang belum ada di Indonesia. Kami mencoba untuk membahas mana kira-kira yang “terbaik” antara Daihatsu Rocky vs Toyota Raize?

Perbandingan Harga

Sebagai produk kembar, Daihatsu Rocky dan Toyota Raize di Jepang dijual dengan harga yang berbeda. Di negara asalnya Jepang, Daihatsu Rocky dan Toyota Raize masing-masing dijual dalam 4 varian.

Untuk Rocky dimulai dari L, X, G dan Premium. Sedangkan Raize dimulai dari X, X’S’, G dan Z. Masing-masing dijual dalam penggerak 2WD dan 4WD setiap variannya.

toyota raize indonesia

Yang jadi pertanyaan adalah, mana yang harganya termurah antara Rocky dan Raize? Ternyata yang memiliki harga lebih murah adalah Toyota Raize.

Toyota Raize punya harga yang lebih murah dibanding Daihatsu Rocky. Harga varian termurahnya adalah Rp224 jutaan untuk penggerak 2WD.

Sedangkan harga termahal untuk 2WD adalah Rp276 jutaan. Lalu untuk penggerak 4WD harga termurahnya adalah Rp257 jutaan dengan tertinggi Rp305 jutaan.

Lalu, bagaimana dengan Daihatsu Rocky? Selisih harganya bisa dibilang tidak terlalu jauh. Rocky penggerak 2WD termurah ada di harga Rp227,9 jutaan dan tertinggi Rp286,8 jutaan. Untuk penggerak 4WD termurahnya ada di Rp260 jutaan dan termahalnya di Rp316,5 jutaan.

Harga Toyota Raize 2WD

Harga Daihatsu Rocky 2WD

Z Rp276 jutaanPremium Rp286,8 jutaan
G Rp253 jutaanG Rp267,7 jutaan
X’S’ Rp233 jutaanX Rp247,1 jutaan
X Rp224 jutaanL Rp227,9 jutaan
Mesin Turbocharger Daihatsu

Daihatsu Rocky (Foto: Paultan)

Harga Toyota Raize 4WD

Harga Daihatsu Rocky 4WD

Z Rp305 jutaanPremium Rp316,5 jutaan
G Rp285 jutaanG Rp297,4 jutaan
X’S’ Rp265 jutaanX Rp279 jutaan
X Rp224 jutaanL Rp260 jutaan

*harga berdasarkan website Daihatsu dan Toyota di Jepang

Perbedaan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

Walaupun dari segi platform sama, tapi wajah kedua mobil tersebut berbeda. Daihatsu Rocky lebih memberikan kesan sebagai crossover tangguh.

Grilnya horizontal berbentuk mirip segi enam yang ukurannya cukup besar. Selain itu fog lampnya dikombinasikan dengan LED yang dipasang vertikal.

Daihatsu Rocky memakai desain baru dari platform DNGA

Perbedaan lainnya adalah desain pelek dimana Rocky menggunakan pelek two tone dengan motif seperti huruf V yang berjumlah 3 buah.

Sedangkan untuk Toyota Raize wajahnya lebih memberikan kesan crossover yang galak. Desain grilnya dibuat seperti bentuk wajik yang ukurannya cukup besar. Lubang-lubang ini juga berfungsi sebagai tempat aliran masuknya udara untuk pendinginan mesin.

Desain pelek Toyota Raize mengusung desain seperti bilah pisau dengan motif two tone. Diameter pelek antara keduanya juga sama persis. Yang membedakan hanya desain peleknya saja.

Baca juga:

Bagian Belakang

Untuk urusan desain buritan, keduanya punya tampilan yang sama. Baik Raize dan Rocky sama-sama memiliki desain buritan yang sama.

Bisa dibilang keduanya tidak memiliki perbedaan signifikan. Yang membedakan hanya emblem atau logo yang ada di pintu belakang.

Harga Daihatsu Rocky Toyota Raize

Toyota Raize, Kembaran Daihatsu Rocky (Foto: Toyota)

Sisanya benar-benar sama, yang dibedakan cuma bagian depannya aja nih. Susah juga ya membedakannya dari belakang.

Kenapa Harga Daihatsu Rocky Lebih Mahal?

Salah satu alasan kenapa harga Daihatsu Rocky lebih mahal adalah fitur. Baik di Jepang dan juga di Indonesia, fitur Daihatsu Rocky dibuat lebih lengkap dibanding Raize.

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT ADM sempat mengungkapkan beberapa waktu lalu dimungkinkan fitur Rocky lebih lengkap, jadi harga lebih mahal. Sama saja seperti kita di Indonesia, kalau fiturnya lebih banyak harganya juga lebih besar.

Yang jelas, kedua mobil tersebut belum diluncurkan secara resmi di Indonesia. Jadi soal harganya masih hanya mengira-ngira saja apakah lebih mahal Daihatsu Rocky atau Toyota Raize.

Jika bisa menebak, kira-kira mana yang harganya lebih mahal? Daihatsu Rocky atau Toyota Raize saat diluncurkan di Indonesia ya?

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

 

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts