Home » Berita » Daihatsu Sahabat Mudik 2019 Dibekali Tips Defensive Driving Saat Mudik Lebaran

Daihatsu Sahabat Mudik 2019 Dibekali Tips Defensive Driving Saat Mudik Lebaran

Jakarta – Jelang perayaan Idul Fitri 1440 H yang tinggal sepekan lagi, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberrangkatkan ratusan mobil komunitas pengguna Daihatsu.  Kegiatan kali ini mengambil tema Daihatsu Sahabat Mudik 2019, adalah salah satu apresiasi Daihatsu untuk para pengguna mobil Daihatsu.

Pihak ADM juga membekali para peserta mudik dengan  tips & trik, serta paket akomodasi sebagai bekal agar perjalanan mudik. Untuk tips dan trik ADM mengandeng  Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), yang memberikan edukasi penting selama perjalanan mudik.

Direktur SDCI Sony Susmana memberikan paparan bagaimana menerapkan pola berkendara defensif saat melakukan perjalanan mudik. Menurutnya berkendara defensif sangat berbeda dengan safety driving yang selama ini banyak dianut para pemilik kendaraan.

“Bicara safety driving, lebih kepada bagaimana kita mengoperasionalkan kendaraan, sementara defensive driving lebih kepada bagaimana kita mengendalikan perilaku kita saat berkendara,” ujar Sony, Minggu (26/5/) disela pelepasan peserta mudik.

Intinya ada lima hal utama dalam defensive driving yang harus dilakukan saat perjalanan jauh diantaranya:
1. Menjaga mata artinya driver atau sopir saat melakukan perjalanan mudik harus memasang mata yang awas (waspada) dari sekeliling, baik depan, samping dan belakang.
2. Commentary driving, di mana mengomentari hal-hal yang terjadi di lingkungan luar.
3. Harus menjaga jarak, dengan kendaraan di depan. Usahakan semaksimal mungkin tidak berada di depan mobil besar, karena hal ini untuk menghindari tabrakan karena rem blong.
4. Menjaga kecepatan kendaraan. Sebaiknya mengikuti aturan kecepatan yang berlaku.
5. harus melihat dan dilihat artinya pastikan kita bisa melihat kondisi lingkungan dan sebaliknya, lingkungan bisa tahu kendaraan kita.

Memang Sony saat berkendara memang tidak mungkin bisa menghindari kecelakaan, namun paling tidak dengan berkendara defensif bisa menekan resiko kecelakaan.

Peserta Daihatsu Sahabat Mudik 2019

Acara ini diikuti oleh 130 keluarga Sahabat Daihatsu yang terdiri dari 114 keluarga Sahabat Klub, dan 16 keluarga Sahabat Jurnalis. Budi Mahendra Customer Satisfication & Value Chain (CSVC) Division Head Astra Daihatsu Motor sangat mengapresiasi. “Kegiatan mudik bersama ini merupakan salah satu wujud apresiasi Daihatsu kepada para pengguna mobil Daihatsu,” ujarnya

Terdapat total 13 klub mobil Daihatsu yang berpartisipasi tahun ini, yang terdiri dari Daihatsu Taruna Club (DTC), Daihatsu Ayla Indonesia (DAI), Avanza Xenia Indonesia Club (AXIC), Calya Sigra Club (CALSIC), Gran Max Luxio Indonesia (MAXXIO), Taruna Owners (TO), Classy Charade Winner (C2W), Daihatsu Zebra Club (ZEC), Sirionity, Terios Indonesia, All New Rush Terios Indonesia, Ceria Club Indonesia, dan Daihatsu Xenia Indonesia Club (DXIC).

Daihatsu juga siap menemani perjalanan mudik Sahabat dengan 9 Posko Siaga Daihatsu (Merak, Cikampek KM57, Cipali KM 102A, Cirebon KM 207A, Alas Roban KM 379A, Salatiga KM 456A, Ngawi 575A, Jombang 678B, Tabanan di SPBU sebelah Lalanglinggah) pada 31 Mei-7 Juni serta 46 Bengkel Siaga di seluruh Indonesia.”pungkas Budi Mahendra.

 

Toyota Indonesia
Previous post
Toyota Indonesia Ungkap Penyebab Ekspor Mobil ke Luar Negeri Turun
honda civic 2015
Next post
Harga Honda Civic 2015, Perlu Rogoh Kocek Lebih Dalam tapi Worthy